Panduan Cleaning Printer Epson

Cara Cleaning Printer Epson (Semua Tipe) Tanpa Aplikasi

Seiring pemakaian printer Epson, biasanya akan muncul masalah-masalah tertentu. Salah satu yang sering ialah hasil cetak yang tidak sempurna. Misalnya ada tinta terputus, bercak tinta dan lain-lain sejenisnya.

Hal ini disebabkan karena adanya endapan tinta pada catridge yang membuat nozzle printer tidak dapat memproses tinta dengan baik.

Masalah tersebut harus segera diperbaiki. Jika tidak, endapan tinta pada catridge dapat menyumbat hingga membuat printer tidak bisa mengeluarkan tinta sama sekali. Bahkan bisa saja membuat catridgenya rusak.

Nah kamu tidak perlu khawatir. Kamu tidak perlu membongkar catridge untuk membersihkan endapan tinta tersebut. Cukup lakukan saja cleaning printer Epson secara otomatis seperti yang akan Uplotify jelaskan di sini.

Cara Cleaning Printer Epson

Pertama pastikan kamu sudah menginstall driver sesuai dengan tipe printer Epson yang kamu pakai. L120, L210, L360, L310 dan lain-lain.

Selanjutnya hubungkan printer ke komputer atau laptop menggunakan USB, dan nyalakan printernya. Lalu jika kamu pernah melakukan sharing printer, silahkan nonaktifkan dulu pengaturan sharingnya.

Berikut cara cleaning printer Epson:

  1. Pertama buka Control Panel terlebih dulu. Caranya pada kolom pencarian Windows, ketik Control Panel kemudian silahkan buka.
Buka Control Panel Windows
  1. Di Control Panel, klik Hardware and Sound > Buka menu Device and Printers.
Menu Device and Printers
  1. Klik kanan printer Epson yang sudah terdeteksi, kemudian pilih Printer Preferences.
Opsi Printer Preferences
  1. Di halaman Printer Preferences, klik tab Maintenance.
Tab Maintenance Printer
  1. Klik opsi Head Cleaning untuk memulai proses cleaning printer.
Opsi Head Cleaning
  1. Tunggu proses cleaning printer sampai selesai.
Proses Cleaning Epson
  1. Jika sudah, klik Finish. Maka proses cleaning printer sudah berhasil dilakukan.

Catatan: Perlu diingat bahwa cleaning ini berfungsi untuk membersihkan printer. Untuk masalah sistem seperti printer tidak merespon perintah print, Word cannot print, dan lain sebagainya caranya beda lagi.

Fungsi Pengaturan Cleaning

Di jendela tab maintenance printer, ada beragam opsi yang bisa kamu lakukan. Khusus untuk cleaning, yang disarankan ada tiga. Yaitu head cleaning, power cleaning, serta paper guide cleaning.

1. Head Cleaning

Head cleaning adalah proses untuk membuang tinta yang mengendap pada bagian bawah catridge, serta membersihkannya. Tujuannya yaitu untuk membuat tinta dapat mengalir dengan lancar ketika dipakai untuk ngeprint.

Head cleaning dapat dilakukan, ketika printer kamu mengalami masalah hasil cetak yang tintanya putus-putus atau ada bercak tinta.

2. Power Ink Flushing

Power ink flushing (atau biasa disebut juga power cleaning) pada dasarnya sama seperti head cleaning. Hanya saja, proses cleaningnya 2 sampai 3 kali lebih kuat untuk membuang tinta yang mengendap.

Meski bermanfaat, power ink flushing tidak bisa ditemukan di semua printer Epson. Khusus tipe tertentu saja.

3. Paper Guide Cleaning

Paper guide cleaning merupakan opsi untuk menampilkan panduan membersihkan roll kertas. Opsi ini dipakai ketika terdapat bercak kotor pada kertas saat selesai dicetak.

Sekali lagi perlu dicatat, opsi ini hanya panduan. Untuk membersihkan rollnya harus kamu lakukan secara manual.

Kapan Printer Harus Kita Cleaning?

Cleaning printer tidak perlu dilakukan terlalu sering.

Jika kamu mendapati masalah tertentu saat mencetak kertas di printer (hasil cetak kotor, tinta putus dan sebagainya), maka kamu dapat langsung melakukan cleaning.

Sedangkan jika printer kamu dalam keadaan normal, maka cleaning dapat dilakukan seminggu atau dua minggu sekali agar kondisi printer tetap terawat.


Itulah panduan untuk cleaning printer Epson. Panduan ini dapat kamu lakukan untuk semua tipe printer Epson. Pada dasarnya sama.

Jika kamu memiliki suatu masalah pada printer, silahkan kamu tanyakan masalah tersebut melalui kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like