Solusi Word Cannot Print no Printer is Installed

5 Cara Mengatasi Word Cannot Print (No Printer Installed)

Word cannot print, there is no printer installed adalah pesan error yang muncul ketika kita ingin mencetak dokumen menggunakan printer, di aplikasi Microsoft Word.

Pesan ini bisa muncul ketika posisi printer sudah terhubung ke komputer atau laptop, dan keadaannya dalam menyala.

Tapi kamu bisa tenang, pesan no installed pada printer kebanyakan penyebabnya bukan dari komponen. Berikut Uplotify akan membahas cara mengatasinya.

Penyebab No Printer is Installed

Penyebab pesan Word cannot print, there is no printer installed adalah dikarenakan printer yang tidak terdeteksi akibat adanya bug pada driver, error pada print spooler, hingga dari Microsoft Wordnya itu sendiri.

Pesan ini bisa muncul secara tiba-tiba. Meskipun misal sebelumnya printer ketika digunakan masih normal-normal saja.

Cara Mengatasi No Printer is Installed

Nah berikut beberapa cara mengatasi masalah Word cannot print, there is no printer installed saat ingin mencetak dokumen. Cara-cara ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi kami.

1. Restart Sistem

Hal pertama yang dapat kamu lakukan ketika menemui pesan Word cannot print, ialah coba restart komputer atau laptop kamu terlebih dulu.

Cara ini akan mereset sistem, sehingga bug-bug yang muncul pada proses print akan hilang, dan pesan tersebut akan teratasi.

Direkomendasikan juga, sebelum restart coba lepas semua kabel printer yang terhubung. Matikan juga printernya. Nanti kalau komputer atau laptop sudah menyala, baru sambungkan printernya kembali.

2. Jalankan Ulang Print Spooler

Selanjutnya coba kamu jalankan ulang Print Spooler. Cara ini pernah dibahas untuk mengatasi printer tidak merespon perintah print. Dan work juga untuk masalah Word cannot print.

Berikut cara menjalankan ulang Print Spooler di Windows, untuk mengatasi Word cannot print, there is no printer installed:

  1. Minimize Microsoft Word di komputer atau laptop kamu. Kemudian tekan tombol Windows + R > Ketik service.msc lalu klik OK.
Buka Services Windows
  1. Tunggu sampai jendela Services muncul. Jika sudah, geser ke bawah, carilah opsi Print Spooler, kemudian klik kanan dan pilih Stop.
Cari Print Spooler dan Stop
  1. Jangan tutup jendela Services. Sekarang buka File Explorer. Kemudian pergi ke folder C:\Windows\System32\spool\PRINTERS.
Folder Printers di Drive Sistem
  1. Klik salah satu file di folder PRINTERS. Klik Ctrl + A untuk memilih semua file, klik kanan kemudian pilih Delete (sambil tekan tombol Shift).
Delete Permanen Data di Folder Printers
  1. Jika file-file di folder PRINTERS sudah terhapus, buka lagi jendela Services, klik kanan Print Spooler lalu jalankan dengan memilih opsi Start.
Start Print Spooler
  1. Buka Microsoft Word, tekan Ctrl + P untuk membuka jendela Print. Dengan ini status Printer akan menjadi Ready.
Contoh Printer Ready
  1. Coba lakukan tes print dokumen untuk memastikan. Selesai.

Disarankan agar kamu melakukan cleaning printer, seperti cara cleaning printer Epson seperti yang sudah pernah kami bahas. Agar saat tes, hasil cetaknya bisa terlihat lebih jelas.

3. Set Default Printer

Kemudian penyebab lain dari pesan Word cannot print adalah pengaturan default printer yang terubah ke printer lain. Misalnya kamu memakai printer Epson L120, tapi pengaturan printer bawaan Windows, justru ada di printer bawaan Microsoft.

Berikut cara mengubah default printer untuk mengatasi Word cannot print:

  1. Pertama silahkan buka Control Panel, dengan mengetikkannya di kolom pencarian Windows.
Membuka Control Panel di Windows
  1. Selanjutnya masuk ke Hardware and Sounds > Lalu masuk lagi ke Device and Printers.
Menu Device and Printers
  1. Klik kanan pada printer yang biasa kamu pakai, kemudian pilih opsi Set as Default Printer.
Set as Default Printers di Windows
  1. Silahkan restart PC atau laptop kamu, kemudian coba tes print kembali di Microsoft Word.

Catatan: Jika masalah cannot print muncul di komputer lain saat kamu menggunakan cara sharing printer, lakukan langkah-langkah di atas tadi pada komputer lainnya.

4. Reinstall Driver Printer

Untuk menggunakan printer kita memang harus memiliki driver yang terpasang. Namun bagaimana jika sudah terpasang tapi muncul pesan not installed di Word? Hal ini biasanya disebabkan, karena driver tersebut terdapat kerusakan.

Cara mengatasinya tidak sulit. Coba kamu pasang ulang driver printer dengan versi yang berbeda dari sebelumnya. Entah itu versi yang lebih lama maupun yang lebih baru.

5. Mengganti Versi Word

Terakhir coba kamu print menggunakan versi Word yang berbeda. Misal kamu ingin ngeprint di Word 2010 tapi muncul printer not installed, maka coba kamu ganti versi Wordnya ke versi 2007, 2013 dan lainnya.

Pengalaman kami hal ini biasanya bisa membantu. Dengan catatan pastikan kamu sudah menyesuaikan versi aplikasi Word sesuai arsitektur Windows yang digunakan. Yaitu 32-bit atau 64-bit.


Itulah cara untuk mengatasi pesan Word cannot print, there is no printer installed saat ingin mencetak dokumen di Microsoft Word. Semoga kamu berhasil mengatasinya.

Jangan ragu untuk mengirimkan komentar jika ada pertanyaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like