Mengenal Printer Inkjet

Apa itu Printer Inkjet? Ini Hal-Hal yang Harus Kamu Tahu

Printer Inkjet adalah salah satu jenis printer yang banyak dipakai. Alasannya karena printer jenis ini memiliki banyak keunggulan, terutama dari segi harga yang sangat ekonomis.

Tapi meskipun harganya ekonomis, printer Inkjet juga punya fitur yang cukup banyak. Sehingga printer ini banyak dipilih untuk pemakaian pribadi.

Nah kalau kamu ingin tahu lebih lengkap tentang printer Inkjet, bisa langsung perhatikan pembahasan yang akan kami berikan berikut.

Apa itu Printer Inkjet?

Pengertian Printer Inkjet

Printer Inkjet merupakan salah satu jenis printer yang memanfaatkan tinta untuk mencetak dokumen ataupun gambar. Setiap printer Inkjet, umumnya terdapat 2 buah catridge.

Dimana ada catridge untuk menampung tinta khusus hitam dan satu lagi untuk berwarna. Teknologi yang dipakai printer ini bernama Dor on Demand.

Secara umum, fungsi teknologi ini untuk mencetak dokumen melalui titik tinta kecil yang keluar dari nozzle. Selain itu, di printer ini juga ada teknologi untuk membuat panas supaya tinta di kertas cepat kering.

Perbedaan Printer Inkjet dan Printer Lain

Beda Printer Inkjet dengan yang Lainnya

Setelah tahu apa itu printer Inkjet, selanjutnya kami akan menjelaskan beberapa perbedaannya dengan printer jenis lain.

Kalau penasaran, bisa langsung cek perbedaannya di sini:

1. Menggunakan Dua Catridge

Perbedaan yang paling mencolok adalah adanya 2 catridge di printer Inkjet. Seperti yang sudah dibahas, kedua catridge ini menampung tinta sesuai warnanya masing-masing.

Dimana 1 catridge berfungsi untuk menampung tinta khusus hitam. Sedangkan catridge kedua berfungsi untuk menampung tinta berwarna, seperti cyan, blue dan magenta.

2. Setiap Tinta Habis Harus Ganti Catridge

Kemudian kamu harus mengganti catridge setiap tinta di printer Inkjet habis. Sebenarnya kalau catridge masih terbilang bagus, kamu bisa mengisi tinta saja.

Tapi sayangnya rata-rata catridge dari printer Inkjet memiliki umur yang lebih pendek. Oleh karena itu, untuk hasil yang optimal kamu bisa ganti catridge setiap tinta habis.

Karena kalau tidak ganti catridge, biasanya ada beberapa masalah yang bisa muncul saat mencetak. Terutama kalau catridge yang dipakai sudah kurang baik.

3. Kecepatan Cetak

Perbedaan lainnya terdapat di kecepatan cetaknya. Dimana printer Inkjet memiliki waktu yang lebih lama untuk mencetak dokumen dibandingkan dengan printer Laserjet.

Biasanya printer Inkjet hanya bisa mencetak dokumen sebanyak 6 halaman dalam waktu 1 menit. Sedangkan untuk printer Laserjet bisa mencetak 20 halaman di waktu yang sama.

Oleh karena itu, printer Inkjet ini hanya disarankan untuk pemakaian pribadi yang tidak terlalu banyak mencetak dokumen.

4. Jenis Tinta yang Dipakai

Secara umum, tinta yang dipakai di printer Inkjet berjenis cair. Sedangkan printer Laserjet memakai jenis toner atau biasa disebut tinta bubuk.

Toner di printer Laserjet di klaim lebih berkualitas dibanding tinta cair yang ada di printer Inkjet. Alasannya karena lebih awet dan tidak mudah luntur meskipun terkena air.

5. Harga Printer yang Lebih Murah

Dibalik teknologinya yang cukup canggih, ternyata harga printer Inkjet ini jauh lebih murah dibandingkan Laserjet.

Tapi kalau dilihat dari spesifikasinya, printer ini cocok dipakai untuk melakukan aktivitas mencetak ringan-sedang saja. Tidak untuk mencetak dokumen yang banyak.

Oleh karena itu, untuk pemakaian dirumah printer Inkjet ini lebih disarankan untuk dipilih.

Kekurangan Printer Inkjet

Setiap jenis printer tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini juga berlaku untuk printer Inkjet.

Salah satu kekurangan printer Inkjet yang merepotkan adalah harus ganti catridge setiap tintanya habis. Ditambah lagi volume tinta di catridge printer Inkjet terbilang kecil.

Sehingga bisa membuat kamu cukup mengeluarkan budget lebih untuk mengganti catridge di printer Inkjet ini.

Perawatan Printer Inkjet

Lalu untuk perawatan printer Inkjet sebenarnya sama saja seperti printer lainnya. Contohnya seperti membersihkan debu atau kotoran yang ada di luar dan dalam printer.

Cara membongkar printer Inkjet juga bisa dikatakan lebih mudah dibanding Laserjet. Karena komponennya tidak terlalu kompleks.

Tapi yang terpenting untuk kamu yang ingin pakai printer Inkjet, selalu rutin bersihkan tinta kering. Biasanya tinta kering ini bisa menyumbat aktivitas print sehingga menjadi tidak lancar.

Baguskah Printer Inkjet?

Kalau dibilang bagus, tentunya bagus saja kalau memang sesuai kebutuhan. Intinya kalau kamu ingin membeli printer, sebaiknya ketahui dulu kebutuhannya.

Kalau misalnya untuk pemakaian pribadi, disarankan membeli printer Inkjet. Tapi kalau untuk keperluan kantor atau usaha, printer Laserjet lebih disarankan.

Karena printer Laserjet mampu mencetak lebih cepat dan hasilnya pun lebih berkualitas.


Kesimpulannya printer Inkjet adalah salah satu jenis printer yang paling laku dipasaran. Alasannya karena memiliki harga yang terjangkau dengan teknologi yang cukup canggih.

Beberapa kelebihan printer Inkjet ini adalah perawatannya yang lebih mudah, harga lebih murah dan memakai dua catridge.

Sekian pembahasan dari kami. Kamu bisa tanyakan lewat kolom komentar kalau ada yang kurang dipahami dari pembahasan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like