Cara Lanjut Download IDM Gagal

Cara Lanjut / Resume Download IDM yang Gagal (Work)

Salah satu aplikasi Download Manager yang paling banyak dipakai, yaitu Internet Download Manager atau biasa disingkat IDM.

IDM memiliki berbagai macam kelebihan. Di antaranya kecepatan download yang lebih cepat dikarenakan memiliki fitur intelligent dynamic file serta bisa melanjutkan proses download yang gagal.

Nah berbicara fitur lanjut download IDM, ada caranya tersendiri. Selain agar proses download bisa berjalan lagi, juga hal ini supaya file yang dilanjut tidak mengalami corrupt.

Berikut ini Uplotify akan menjelaskan kepada kamu cara resume download IDM yang gagal.

Penyebab IDM Gagal Download

Sebelum lanjut ke caranya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai penyebab kenapa proses download di IDM bisa gagal. Berikut penyebabnya:

1. Link Download Bersifat Sementara

Link download yang disediakan server seperti Google Drive, Zippyshare, Dropbox, Solidfiles dan lain-lain, bersifat temporary.

Artinya link tersebut hanya berlaku dalam batas waktu tertentu. Misalnya 24 jam. Kalau sudah lewat masa berlaku, maka link tersebut akan nonaktif, dan kalau kamu sedang mendownload, maka prosesnya akan berhenti.

2. Internet Gangguan

Jika internet kamu gangguan saat sedang proses download, maka server bisa memutuskan download sehingga prosesnya akan gagal.

Contoh gangguannya ialah ping tinggi. Ketika ping tinggi, maka respon internet ke server akan terhenti.

3. Terdapat Bug di IDM

Bug atau error di IDM juga bisa mempengaruhi proses download yang menjadi terhenti. Hal ini jarang terjadi, namun bisa ditemukan di versi-versi IDM tertentu.

Untuk mengatasinya biasanya kamu harus mengupdate versi IDMnya ke yang terbaru.

Cara Melanjutkan Download IDM yang Gagal

Kalau kamu searching cara melanjutkan download di IDM, maka kamu mungkin akan melihat cara dimana kamu menyalin link download ke address di file IDM.

Cara ini work, tapi tidak selalu. Terkadang bisa saja gagal. Solusinya kamu bisa memakai metode yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Buka Aplikasi IDM

Hal pertama yang tentunya harus dilakukan, ialah kamu harus membuka aplikasi IDM. Untuk membukanya bisa lewat search atau lewat tray icon di kanan bawah taskbar.

Setelah itu cari file yang gagal kamu download tadi. Untuk mempercepat, file-file yang proses downloadnya belum selesai berada di folder unfinished.

Contohnya kamu bisa cek gambar berikut:

Buka File yang Gagal Download di IDM

2. Refresh Download Adress

Kalau file IDM yang downloadnya belum selesai sudah kamu temukan, langkah selanjutnya ialah kamu harus melakukan refresh download address.

Caranya, klik kanan pada file yang gagal diunduh, lalu pilih Refresh download address.

Unduh Ulang File dengan Klik Refresh Donwload Adress

Jika muncul dialog, maka klik saja OK.

Tekan Ok Pada Jendela IDM

Setelah itu, secara otomatis IDM akan membuka halaman situs dimana kamu mendownload file tersebut melalui browser default sistem.

Nah tapi kalau browser tidak terbuka, khusus jika kamu menggunakan Google Chrome, kamu bisa cek solusi IDM tidak muncul di Chrome.

3. Download Ulang File

Terakhir kamu hanya perlu mendownload ulang file di halaman server. Contoh di sini melalui Zippyshare.

Klik Download Now. Maka IDM akan memunculkan dialog menyebut bahwa IDM telah sukses mendapat link download baru. Klik OK untuk mengkonfirmasi.

Berhasil Mendapatkan Link Download Baru

Selanjutnya buka IDM, klik kanan file yang belum selesai tadi, kemudian pilih Resume Download.

Pilih Resume Download dan Tunggu Hingga Selesai

Kalau sudah, sekarang kamu tinggal tunggu saja proses downloadnya sampai selesai. Disarankan jangan terhenti lagi, agar kamu tidak mendapati masalah file hasil download IDM corrupt.


Perlu kamu ingat, cara ini hanya berlaku pada server yang memang mendukung untuk melanjutkan proses download file.

Cirinya ada pada kolom Resume Capability. Coba kamu download file apapun di suatu server, lalu cek pada proses downloadnya.

Apakah Resume Capability-nya Yes atau No. Kalau Yes maka file bisa dilanjut kalau gagal didownload. Sedangkan No berarti tidak bisa.

Contoh server yang Resume Capabilitynya Yes, seperti Google Drive, ZippyShare, OneDrive dan lain-lain. Sedangkan No seperti Mega, 4Shared dan lain-lain sejenisnya.

Jangan lupa tinggalkan komentar di kolom bawah kalau ada pertanyaan lain lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like