Solusi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Untuk mengetik, kita membutuhkan keyboard bawaan laptop. Oleh karena itu, jika keyboard dari sebuah laptop tidak berfungsi maka akan menyebabkan penggunanya kesulitan untuk bekerja dengan laptop mereka.

Keyboard laptop yang tidak berfungsi bisa terjadi karena banyak hal, seperti masalah fisik semisal laptop yang sudah lama hingga komponennya rusak, atau masalah yang disebabkan oleh software di dalam laptop.

Berikut beberapa penyebab keyboard laptop tidak berfungsi:

  • Keyboard laptop rusak.
  • Adanya kotoran atau debu di dalam laptop.
  • Keyboard terkunci.
  • Aliran listrik dalam laptop tidak stabil.
  • Masalah pada driver.
  • Masalah pada sistem operasi.
  • Dan sebab lainnya.

Nah pada artikel ini kami sudah membahas cara-cara yang dapat kamu pakai untuk memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi. Berikut silahkan disimak.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

1. Cek Kunci Keyboard Laptop

Periksa Kunci Keyboard Laptop

Jika keyboard laptop kamu tidak bisa digunakan, maka jangan buru-buru menyimpulkan bahwa keyboardnya rusak. Karena bisa saja kamu tidak sengaja mematikan keyboard laptop sehingga membuatnya terkunci.

Solusinya perhatikan apakah di keyboard kamu ada salah satu tombol yang memiliki icon keyboard, biasanya tombol ini terletak di antara F1 sampai F12. Kalau sudah tekan tombol keyboard tersebut dengan kombinasi tombol FN.

Misalnya FN + F5. Kemudian cek apakah keyboard laptop kamu sudah berfungsi kembali atau belum. Untuk tombol kombinasi kunci keyboard kamu bisa juga searching sesuai tipe laptop yang dipakai.

2. Update Driver Laptop di Device Manager

Kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah driver keyboard kamu bisa saja mengalami bug. Untuk mengatasinya, kamu harus coba melakukan update pada driver keyboard dan coba tes apakah keyboard tersebut berfungsi kembali atau tidak.

Berikut cara update driver keyboard laptop di Device Manager:

  1. Klik kanan pada tombol Start dan pilih Device Manager.
  2. Masuk ke Keyboards, klik kanan driver keyboard kamu lalu pilih Update driver.
Klik Update Driver Pada Device Manager
  1. Pada jendela baru pilih pada Search automatically for drivers. Maka sistem akan mencari pembaruan untuk driver keyboard kamu.
Pilih Search Automatically For Drivers

3. Nonaktifkan Pengaturan Ease of Access

Ease of Acces adalah salah satu fitur Control Panel yang berfungsi untuk mempermudah akses suatu fungsi pada keyboard laptop.

Namun, kadang fitur ini juga dapat membuat keyboard laptop tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satu fitur yang ada di dalamnya adalah Sticky Keys yang memungkinkan merubah fungsi sebuah tombol keyboard hingga membuat keyboard jadi nonaktif.

Nah berikut cara menonaktifkan Ease of Access untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi:

  1. Pada kolom Search, ketik Control Panel.
  2. Buka Control Panel tersebut.
Klik Control Panel
  1. Kemudian masuk ke menu Ease of Acces > Ease of Acces Centre > Make the Keyboard easier to use.
  2. Pastikan kotak pada bagian Sticky keys tidak dalam kondisi tercentang. Selanjutnya masuk ke bagian Set up Sticky keys.
Centang kotak sticky keys
  1. Pada jendela baru, hilangkan semua centang yang ada.
Hilangkan semua centang lalu pilih apply
  1. Klik Apply jika sudah.

4. Cek Tombol Num Lock

Cek Tombol Num Lock

Selain tombol khusus untuk mematikan keyboard, beberapa keyboard juga dilengkapi tombol ekstra yaitu Num Lock. Pada umumnya fungsi tombol ini sama yaitu untuk mengunci keyboard.

Coba cek apakah keyboard kamu memiliki tombol ini atau tidak. Jika iya maka coba kombinasikan Fn + Numlk dan cobalah apakah keyboard kamu berfungsi kembali atau tidak.

5. Nonaktifkan Filter Keys

Selain Sticky keys, pada menu Ease of Acces juga terdapat fitur lain bernama Filter keys. Fitur ini memungkin sistem untuk mengatur repeat delay pada saat keyboard ditekan. Nah kamu mungkin perlu mematikan fitur ini jika keyboard laptop kamu tidak berfungsi dengan baik.

Berikut langkah-langkah mematikan Filter keys:

  1. Pada kolom Search, ketik Control Panel.
  2. Setelah muncul aplikasi Control Panel, pilih Open.
Pilih Control Panel
  1. Masuk ke menu Ease of Acces > Ease of Acces Centre > Make the Keyboard easier to use.
  2. Setelah itu pilih pada Set up filter keys.
Pilih Set Up Filter Keys Pada Menu
  1. Hilangkan semua centang dan klik Apply.
Centang Semua Pilihan Lalu Klik Apply

6. Lakukan Troubleshooter Keyboard

Selain cara-cara di atas, kamu juga dapat menggunakan fitur troubleshooter bawaan Windows. Fitur ini ditujukan untuk mengecek kesalahan yang mungkin terjadi pada sistem yang mengakibatkan keyboard laptop kamu tidak berfungsi.

Berikut cara menjalankan troubleshoot keyboard:

  1. Pada kolom Search, ketik troubleshoot, kemudian akan muncul hasil Troubleshooter, pilih Open untuk membuka.
Buka Troubleshoot setting
  1. Pada jendela baru, pilih Additional Troubleshooters.
Klik Additional Troubleshooter
  1. Cari keyboard dan pilih Run Troubleshooter.
Klik Run The Troubleshooter Pada Keyboard

7. Bersihkan Laptop

Bersihkan Laptop Secara Berkala

Menjaga kebersihan bagian dalam laptop juga merupakan hal yang penting.

Karena jika tidak, debu atau kotoran yang masuk ke laptop dapat menyebabkan kerusakan. Misalnya menyebabkan komponen hardware seperti keyboard laptop yang jadi tidak berfungsi.

Untuk cara membersihkannya tentu kamu harus bongkar laptopnya. Lebih baik lakukan bersama orang yang memang sudah paham tentang laptop.

Khusus keyboard kamu harus bongkar keyboardnya kemudian cek kabel fleksibel laptop. Lepas juga tombol-tombol keyboard dan bersihkan kotoran di dalamnya.

8. Lakukan Power Cycling

Lakukan Power Cycling Pada Laptop

Maksud dari power cycling adalah mematikan laptop, melepas charger dari sumber daya listrik, menunggu beberapa saat, kemudian menghidupkan laptopnya kembali.

Cara ini ditujukan untuk mereset listrik yang ada di dalam laptop. Biasanya bisa membantu untuk menghilangkan masalah keyboard yang tidak jalan.

Cara ini juga dapat membantu untuk mengatasi masalah keyboard laptop suka mencet sendiri.

9. Gunakan Keyboard Eksternal

Pakai Keyboard Eksternal

Jika keyboard bawaan kamu masih tetap tidak berfungsi, maka kamu bisa mencoba menggunakan keyboard eksternal yang dipasang ke laptop kamu. Kamu bisa mengetik dan melakukan aktivitas lain dengan keyboard eksternal ini.

Karena punya sumber komponen yang berbeda, meskipun keyboard laptop kamu tidak jalan, harusnya keyboard eksternal tetap akan berfungsi sebagaimana mestinya.

10. Servis Laptop

Bawa Laptop Ke Tukang Servis

Kalau kamu sudah mengecek keyboard laptop dan ternyata rusaknya dari komponen, maka satu-satunya solusi adalah dengan mengganti keyboardnya.

Kamu bisa membawa laptop ke service center untuk penggantiannya. Biayanya berkisar 200 sampai 300 ribu rupiah.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Selain keyboard laptop yang tidak berfungsi secara keseluruhan, masalah ini dapat terjadi juga di sebagian tombol saja. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena cara perbaikannya lebih mudah.

1. Cek Tombol Keyboard yang Rusak

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan tombol mana yang tidak berfungsi.

Untuk mengeceknya, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Keyboard Test Utility. Aplikasi ini gratis dan berukuran cukup kecil yakni hanya sekitar 2 MB saja.

Kamu tinggal menjalankan aplikasinya dan dan menekan tombol keyboardnya satu per satu, jika salah satu tombol tidak bekerja, maka tombol yang bersesuaian di jendela aplikasi tidak berubah warna.

2. Bersihkan Tombol Keyboard yang Rusak

Selanjutnya kamu bisa membersihkan tombol keyboard yang tidak berfungsi.

Kamu bisa melepas tombol yang rusaknya, kemudian bersihkan menggunakan tisu. Bersihkan juga PCB keyboardnya kalau memungkinkan. Kalau sudah, pastikan tombol terpasang dengan benar.

3. Gunakan Aplikasi KeyTweak

KeyTweak adalah sebuah aplikasi yang bisa menukar fungsi default sebuah tombol di keyboard. Misalnya kamu ganti tombol F12 menjadi Enter.

Jika salah satu tombol keyboard laptop kamu tidak berfungsi, maka kamu bisa mengganti tombol tersebut dengan tombol lain yang masih berfungsi dengan bantuan aplikasi ini.

Cara ini bisa dibilang hanya sebagai alternatif. Tapi dapat membantu juga.

4. Servis Keyboard Laptop

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah membawa laptop ke Service Center. Tujuannya adalah untuk dicek dan diperbaiki tombol yang tidak berfungsinya.

Namun jika tombol yang rusak ada beberapa / lumayan banyak, biasanya kamu harus tetap mengganti keyboard laptopnya. Seperti yang disebut tadi, biayanya berkisar antara 200 ribu sampai 300 ribu rupiah.


Nah, itulah pembahasan mengenai cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Masalah pada keyboard laptop memanglah hal yang sangat menjengkelkan. Tidak hanya mengganggu pekerjaan mengetik kamu, masalah ini juga akan mempersulit kamu untuk memakai laptop.

Diharapkan keyboard kamu bisa normal kembali ya. Jangan lupa tinggalkan komentar, dan share ke teman-teman kamu yang juga membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like