Cara Sharing Printer di Windows

Cara Sharing Printer lewat WiFi / LAN (Semua Versi Windows)

Untuk tempat-tempat seperti kantor, sekolah, hingga usaha percetakan metode sharing printer sangatlah dibutuhkan.

Dengan cara ini, satu printer saja nanti kita bisa memakainya untuk 2 hingga banyak komputer sekaligus menggunakan kabel LAN maupun koneksi WiFi.

Nah, buat kamu yang ingin mencobanya, berikut Uplotify akan membahas cara sharing printer untuk Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

Persiapan

Sebelum lanjut ke panduan, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu.

1. Driver Printer

Pertama pastikan kamu sudah menginstall driver printer, agar printer tersebut bisa terbaca dengan baik di komputer atau laptop yang digunakan.

Pastikan juga driver printer yang dipakai sesuai. Supaya kamu tidak menemui masalah seperti printer tidak merespon perintah print.

Kalau bingung cari di mana, di kategori aplikasi Uplotify.id kamu bisa menemukan beragam driver printer yang bisa kamu install. Epson L120, L310, Canon IP2770 dan lain-lain. Silahkan searching saja.

2. Kabel LAN atau Koneksi WiFi

Kemudian kamu harus menyiapkan kabel LAN. Kabel LAN ini nanti dipakai untuk membagikan printer melalui jaringan. Kalau mau lebih mudah, tentunya memakai koneksi WiFi juga bisa.

Khusus koneksi WiFi koneksinya disarankan minimal 5Mbps, dengan ping dan koneksi yang stabil (tidak putus-putus). Tujuannya agar proses ketika ngeprint bisa berjalan lancar.

Hal yang Harus Dilakukan

1. Hubungkan Printer ke Komputer / Laptop Utama

Siapkan komputer atau laptop yang akan jadikan pusat. Kemudian hubungkan printer ke komputer atau laptop tersebut. Pastikan printernya sudah aktif, dan drivernya sudah terpasang seperti yang disebut sebelumnya.

Untuk mengecek printer sudah terdeteksi atau belum, kamu bisa buka Control Panel > Driver and Printers. Pastikan printer muncul di sana.

2. Hubungkan Setiap Komputer dan Laptop

Jika printer sudah aktif, lanjut dengan mengkoneksikan setiap komputer atau laptop yang ingin dihubungkan dengan printer.

Jika kamu memakai LAN, silahkan atur dulu pengaturan LAN-nya. Sedangkan jika pakai koneksi WiFi dari router, cukup sambungkan saja setiap komputer atau laptopnya ke koneksi router.

Cara Sharing Printer di Windows 10 / 8 / 7

Perlu digaris bawahi, pengaturan sharing printer di Windows 10, Windows 8 maupun Windows 7 pada dasarnya sama. Bedanya ada di tampilan sistemnya saja.

Berikut cara sharing printer di semua versi Windows:

1. Buka Control Panel

Membuka Control Panel Windows

Pertama silahkan buka Control Panel. Untuk Windows 7 bisa klik Start > Control Panel. Untuk Windows 8 / Windows 10, bisa ketik di kolom pencarian, “Control Panel” kemudian buka.

2. Buka Network and Internet

Menu Network and Internet

Tunggu beberapa saat sampai Control Panel terbuka. Kalau sudah, silahkan masuk ke menu Network and Internet.

3. Masuk ke Network and Sharing Center

Opsi Network Sharing Center

Di pengaturan jaringan Network and Internet, silahkan klik Network and Sharing Center.

4. Masuk ke Advanced Sharing Settings

Menu Change Advanced Sharing Settings

Nah, di halaman ini kamu klik Change Advanced Sharing Settings yang ada di bagian kiri. Pastikan koneksi internet kamu sudah aktif ya.

5. Setting Pengaturan Sharing

Menu Pengaturan Sharing Printer

Di halaman advanced sharing ada dua pengaturan yang harus diatur. Pertama buka dulu kolom Guest or Public (current profile) kemudian aktifkan opsi Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing.

Kedua pengaturan tersebut berfungsi untuk membagikan printer dan file melalui jaringan.

6. Nonaktifkan Password Sharing

Nonaktifkan Password Sharing Windows

Masih di halaman Advanced sharing settings, buka kolom All Networks kemudian nonaktifkan Turn off password protected sharing. Tujuannya supaya saat printer ingin dipakai komputer lain, tidak muncul password yang harus dimasukkan.

7. Aktifkan Pengaturan Sharing Printer

Langkah terakhir, yaitu membuat posisi printer agar dalam keadaan shared (dibagikan). Caranya kembali ke halaman utama Control Panel > Pada kolom Hardware and Sounds > Pilih View device and printers.

Menu View Device Printers

Silahkan hubungkan dan nyalakan printer Anda kalau belum. Nanti printer tersebut akan terdeteksi di halaman Device and Printers. Saat sudah terdeteksi, klik kanan Printer > Pilih Printer Properties.

Opsi Printer Properties

Buka tab Sharing, kemudian klik tombol Change Sharing Options. Centang opsi Share this printer, untuk nama printer biarkan bawaan. Kalau sudah, klik Apply lalu klik OK.

Mengaktifkan Share Printer

Cara Menghubungkan Komputer atau Laptop Lain ke Printer

Saat printer sudah aktif, kita bisa langsung memakainya di komputer atau laptop lain. Asumsi kami di sini kamu sudah menghubungkan setiap komputer dan laptopnya di dalam satu jaringan.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Cek IP Komputer / Laptop Pertama

Mengecek IP di CMD

Cek IP komputer atau laptop pertama. Caranya buka Command Prompt (di kolom pencarian), kemudian ketik IPConfig dan tekan Enter. Cek pada IPv4 Address, catat angka-angkanya.

2. Aktifkan Pengaturan Sharing di Komputer Kedua

Aktifkan Network Discovery

Selanjutnya kita harus mengaktifkan pengaturan sharing di komputer atau laptop kedua maupun seterusnya. Caranya sama seperti sebelumnya, aktifkan Network Discovery, File and Printer Sharing, kemudian matikan opsi Protected Sharing.

3. Akses IP Komputer / Laptop Pertama

Tulis IP di Explorer

Di komputer kedua, buka File Explorer. Di kolom pencarian atas, ketik alamat IP komputer / laptop pertama yang sudah dicatat tadi. Kalau sudah, silahkan tekan Enter.

4. Gunakan Printer

Memakai Printer di Komputer Kedua

Selesai IP dimasukkan, tunggu beberapa saat sampai komputer pertama terbaca. Nah, maka nanti akan terdeteksi printer yang sudah kita atur tadi. Silahkan klik kanan printer tersebut, kemudian klik Connect.

5. Cek dan Tes Printer

Contoh Printer Terdeteksi

Langkah terakhir kamu hanya perlu mengecek dan mengetes printernya. Caranya misal dengan membuka Microsoft Word, kemudian tekan tombol Ctrl + P untuk membuka jendela print.

Pastikan printer terbaca di sana, dan pastikan saat mencetak tidak ada pesan error seperti Word cannot print.

Solusi Jika Printer Tidak Ditemukan

Jika printer (maupun komputer) tidak ditemukan saat kita memasukkan IP di komputer / laptop kedua, biasanya masalahnya masih terkait dengan jaringan. Solusinya sebagai berikut:

1. Nonaktifkan Firewall

Pertama silahkan kamu nonaktifkan Firewall terlebih dahulu. Firewall bisa memblokir koneksi antar komputer yang membuat koneksi tersebut jadi tidak terdeteksi saat kita membuka alamat IP.

2. Cek Koneksi Jaringan

Baik jika kamu menggunakan LAN maupun WiFi, coba periksa koneksinya, apakah sudah terhubung dengan baik atau belum. Kamu bisa lakukan tes ping IP di Command Prompt. Misal ping 192.168.18.12.

3. Restart Komputer / Laptop

Coba restart komputer atau laptop kamu. Tujuannya untuk merefresh sistem yang bermasalah agar jadi normal. Selain itu, kamu juga bisa coba restart modem atau router yang digunakan.


Itulah cara sharing printer di Windows 10, Windows 8, Windows 7 dan versi lain. Panduan ini bisa menggunakan jaringan kabel LAN maupun koneksi WiFi dari Wireless Router atau sejenisnya (asalkan satu jaringan).

Kalau kamu gagal pada suatu step, misalnya printernya tidak terdeteksi di Network Discovery, silahkan kirimkan pertanyaan lewat kolom komentar.

Tambahan jika kamu mengalami suatu masalah pada printer misalnya tidak dapat mencetak, khususnya pada printer Epson, kamu bisa coba cek cara cleaning printer Epson.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like