Cara Perbaiki Registry Windows 10

Cara Memperbaiki Registry Error di Windows 10 (Mudah)

Registry merupakan sebuah data yang berisi berbagai informasi serta pengaturan yang ada di sistem. Adanya registry membuat sistem nanti bisa berjalan dengan semestinya.

Nah dan bukan hanya sistem, setiap aplikasi bawaan maupun yang kita install sendiri juga pasti terdapat data registry yang dibuat secara otomatis. Dimana data registry tersebut nanti akan tersimpan di suatu direktori khusus.

Meskipun terbilang penting, data registry bisa juga mengalami error. Dan membuat masalah-masalah tertentu di sistem, hingga membuat kinerja komputer atau laptop menjadi menurun.

Untuk mengatasinya, berikut Uplotify akan menjelaskan kepada kamu cara memperbaiki registry di Windows 10.

Cara Memperbaiki Registry di Windows 10

Jika kamu searching cara memperbaiki registry di Windows 10, maka kamu akan menemui berbagai macam cara yang dapat dilakukan. Dalam hal ini kami akan menjelaskan panduan menggunakan CCleaner saja.

Mengapa demikian? Alasannya, dengan CCleaner kamu tidak perlu repot-repot mencari registry yang bermasalah. Cukup klik-klik saja, kamu bisa memperbaiki ratusan hingga ribuan registry sekaligus dalam satu waktu secara otomatis.

Berikut cara memperbaiki registry di Windows 10:

1. Install CCleaner

Pertama silahkan kamu install terlebih dahulu aplikasi CCleaner. Kamu bisa kunjungi halaman resmi CCleaner. Geser ke bawah, kemudian kamu pilih yang Free (gratis).

Download CCleaner Versi Gratis

Kalau sudah, kamu tinggal install saja aplikasinya seperti biasa. Dan setelah selesai install, lanjut ke langkah berikutnya.

2. Buka Aplikasinya

Buka CCleaner di Mode Run Administrator

Silahkan kamu buka CCleaner dalam mode Administrator. Caranya pada kolom search, ketik CCleaner. Klik kanan aplikasinya, kemudian pilih opsi Run as Administrator.

3. Lakukan Scanning Registry

Menu Scan For Issues CCleaner

Setelah CCleaner terbuka, kamu klik menu Registry di bagian samping kiri CCleaner. Silahkan klik Scan for issues kemudian tunggu prosesnya selama beberapa saat.

4. Buat Backup Registry

Setelah proses scanning registry selesai, kamu klik Review selected issues. Maka akan muncul notifikasi permintaan backup CCleaner. Klik Yes.

Opsi Membuat Data Backup Registry

Beri nama backup registry sesuai yang kamu mau. Lalu simpan file registry tersebut.

Buat Backup Registry

Note: Ketika saat perbaikan registry muncul error, kamu bisa klik file registry tersebut untuk mengembalikan kondisi registry seperti semula

5. Konfirmasi Perbaiki Registry

Terakhir, dari hasil scan CCleaner akan memberikan informasi kerusakan registry dari hasil scan, sekaligus solusi mengatasinya.

Contohnya kami mendapatkan registry bermasalah dari DLL aplikasi yang sudah tidak ada. Karena tidak bisa diperbaiki (source filenya sudah hilang), maka solusi yang diberikan CCleaner adalah dengan menghapusnya.

Konfirmasi Delete Registry

Kamu cek satu-satu masalah registry dan solusi yang diberikan CCleaner tersebut. Setiap kamu merasa sudah oke, kamu tinggal klik Fix Issue.

Nah kalau kamu malas review satu-satu, kamu klik saja Fix all Selected Issues. Maka semua registry bermasalah di Windows 10 akan diperbaiki.

Alasan Kamu Harus Memperbaiki Registry

Setelah menyelesaikan panduan, kamu harus tahu juga, apa saja sebenarnya alasan kamu harus memperbaiki registry di Windows 10. Di antaranya:

1. Mempercepat Kinerja Sistem

Entah kamu ingin mempercepat booting di Windows 10, atau ingin mempercepat kinerja sistem secara keseluruhan, memperbaiki registry adalah hal yang wajib.

Dengan memperbaiki data registry, akan membuat beban kerja perangkat penyimpanan (SSD / hardisk) menjadi berkurang. Paling terasa nanti adalah dari sisi loading sistem yang lebih cepat.

2. Mengurangi Jumlah File Sampah

Salah satu opsi perbaikan registry adalah dengan menghapusnya. Menghapus registry tidak terpakai, sama dengan mengurangi jumlah file sampah yang terdapat di PC atau laptop kamu.

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, hal ini akan mengurangi beban penyimpanan. Apalagi jika kamu sering melakukan defrag hardisk juga.

3. Memperbaiki Error

Tidak jarang sistem atau aplikasi terdapat error atau tidak berjalan dengan semestinya, dikarenakan masalah registry.

Nah jika kamu memperbaiki registry yang bermasalah tersebut, error yang ada seharusnya bisa hilang.


Itulah cara untuk memperbaiki registry di Windows 10. Seperti yang kami bilang, cara yang kami bahas ini adalah yang termudah. Meski demikian, untuk memperbaiki registry harusnya sudah cukup ampuh.

Sedikit tambahan, terkadang CCleaner ini berjalan di latar belakang saat startup. Jika kamu tidak ingin CCleaner terbuka sendiri saat sistem baru menyala, silahkan kamu cek juga cara setting startup Windows 10.

Jika kamu ada pertanyaan seputar registry di Windows 10, silahkan kamu kirimkan komentar melalui kolom di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like