HP Docomo Adalah

Apa itu HP Docomo? Ketahui Dulu Sebelum Kamu Beli

Selain HP resmi, kamu bisa menemukan berbagai jenis HP di pasaran. Lebih tepatnya di marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak hingga marketplace di Facebook.

HP tersebut misalnya seperti HP ex display, HP HDC, HP dengan garansi distributor serta seperti yang ingin kami bahas di sini, yaitu HP Docomo.

Lantas, apa itu HP Docomo, apa bedanya HP Docomo dengan HP biasa serta apa saja kelebihan serta kekurangannya? Berikut penjelasannya.

Apa itu HP Docomo

Sebagian orang tertentu, beranggapan kalau HP Docomo merupakan sebuah merk HP. Padahal sebenarnya bukan, melainkan Docomo adalah salah satu nama operator di Jepang (di Indonesia contohnya XL, Telkomsel, Indosat dan lainnya).

Docomo sendiri merupakan kependekan dari Do Communication over the mobile network. Yaitu sebuah provider yang memberikan bundling HP sekaligus dengan paket layanan internetnya.

Kalau diberi gambaran singkat, di Indonesia HP Docomo ini mirip seperti Smartfren, yang memiliki produk Andromax dan lain-lain sejenisnya. Hanya saja Docomo memberikan bundling hampir ke semua vendor HP yang ada di Jepang. Informasinya bisa dicek di situs nttdocomo.co.ip.

HP Docomo yang ada di Indonesia, merupakan HP Docomo yang dijual bekasan dari Jepang. Karena itu, tidak heran kalau harga jual HP ini di Indonesia sangat murah. Meski demikian spesifikasi yang diberikan sama saja dengan HP umum yang original.

Kelebihan HP Docomo

Kelebihan HP Jenis Docomo

Membeli HP Docomo tentunya punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ulasan kelebihannya terlebih dulu:

1. Harganya Murah

Kebanyakan HP Docomo memiliki harga yang murah. Perbedaannya bisa mencapai 20 hingga 50 persen lebih murah ketimbang HP original.

Namun untuk HP Docomo bekas, biasanya tidak jauh beda harganya dengan HP bekas biasa.

2. Spesifikasi HP Lebih Tinggi

Untuk kelebihan yang kedua adalah spesifikasinya yang lebih tinggi. Kebanyakan HP Docomo utamanya yang ada di Indonesia, memiliki spesifikasi medium sampai high end.

Dari segi kamera, chipset dan lain-lain umumnya HP Docomo bagus-bagus.

3. Kamera Cenderung Bagus

Masih terkait sebelumnya, salah satu keunggulan HP Docomo adalah kameranya yang cenderung lebih bagus.

Baik itu dari segi sensor, hingga software bawaan dari HP-nya. HP Docomo ini juga cocok untuk yang hobi selfie.

4. HP Original

HP Docomo bukanlah HP HDC atau sejenisnya. HP Docomo adalah HP original yang dijual di Indonesia dalam kondisi bekas.

Sehingga kalau bicara soal kualitas komponen pabrik, tentu akan sama dengan HP original aslinya.

Selain HP Docomo, ketahui juga apa itu HP Demo

Kekurangan HP Docomo

Kekurangan HP Jenis Docomo

Karena merupakan HP bekas, tentunya HP Docomo juga memilki kekurangan-kekurangan tersendiri. Berikut ulasannya:

1. Garasi Tidak Terjamin

Sebagai pengguna HP, tentu kita ingin mendapatkan jaminan garansi. Sayangnya untuk HP Docomo ini tidak memiliki garansi resmi. Kebanyakan hanyalah garansi distributor maupun garansi internasional.

Karena garansi yang tidak terjamin ini, membuat kita akan sulit untuk memperbaiki HP Docomo jika sewaktu-waktu ada kerusakan.

2. Kondisi HP Kurang Baik

Merupakan HP bekas pakai, umumnya membuat kondisi HP Docomo menjadi kurang baik. Contohnya body-nya banyak tergores dan lain-lain sebagainya.

Kondisi HP selain terlihat dari luar, juga bisa terdapat di dalam HP-nya. Terutama di bagian komponennya.

3. Tidak Bisa Cek IMEI

IMEI berfungsi sebagai identitas suatu HP. Saat ini pemerintah mewajibkan setiap HP memiliki IMEI yang resmi.

HP Docomo tidak memiliki IMEI resmi. Sehingga akan terjadi IMEI Invalid kalau dicek. Namun kebanyakan HP Docomo tidak akan merespon ketika kita mengetik kode IMEI di HP. Seperti *#0*# ataupun *#06#*.

4. Tidak Bisa Update Sistem

Sebagaimana yang diketahui, HP Docomo merupakan HP yang asalnya dari Jepang, dan khusus untuk penggunaan di sana.

Ketika dijual di negara lain termasuk Indonesia, maka pengguna umumnya tidak akan bisa melakukan update sistem. Umumnya juga hanya di-lock di sistem tertentu.

5. Beberapa Fitur Bawaan Tidak Bisa Aktif

Pengguna HP di Jepang dan di negara lain seperti Indonesia, tentunya punya kebutuhan yang berbeda.

Hal ini membuat beberapa fitur bawaan di HP Docomo kebanyakan ada yang tidak bisa diaktifkan. Terutama fitur yang masih terkait dengan sistem.

6. Ada Kemungkinan Cepat Rusak

Kita tidak tahu berapa lama HP Docomo yang dibeli dipakai pemilik sebelumnya. Kita tidak tahu juga seperti apa HP tersebut dipakai.

Karena itu, HP Docomo memiliki resiko rusak yang lebih tinggi ketimbang HP biasa. Terutama bagian komponennya.

7. Desainnya Terkadang Berbeda

Kalau terdapat dua versi HP, yakni resmi dan HP Docomo, terkadang desain keduanya berbeda. Misalnya HP resmi memiliki notch, tapi HP Docomo tidak.

Hal ini dikarenakan terkadang suatu vendor memang memberikan desain berbeda-beda saat merilis sebuah HP ke suatu negara. Yakni mengikuti tren dari negara tersebut.

Worth It Kah Beli HP Docomo?

Dengan ulasan-ulasan yang ada, worth it kah untuk membeli HP Docomo? Kalau dijawab iya atau tidak, menurut kami pribadi tentu tidak.

Alasannya tentu karena HP Docomo ini bukanlah HP resmi. Sehingga penggunaannya akan sangat terbatas untuk harian. Belum lagi dengan resiko-resiko yang ada, membuat HP Docomo bisa saja akan rusak dalam jangka waktu yang pendek.

Padahal seperti yang kita tahu, kebanyakan HP tentunya lebih sering dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Setidaknya minimal 3 bulan hingga bertahun-tahun.


Jika kamu pernah melihat HP Docomo di marketplace atau ada orang yang menawarkan kamu HP jenis ini, semoga ulasan artikel ini dapat membantu.

Jangan lupa tanyakan ke kolom komentar kalau ada hal-hal yang masih membuat kamu bingung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like