HP Demo Adalah

Apa itu HP Demo Live / Ex Display? Ini Dia Penjelasannya

Saat ini, mendapatkan barang elektronik seperti HP dengan harga yang cukup murah adalah hal yang gampang-gampang susah. Baik untuk HP tipe biasa, atau yang lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, kadang orang-orang ada juga yang membeli HP jenis tertentu. Seperti HP demo.

HP Demo ini dikenal juga sebagai HP ex display maupun HP demo live. Nah buat kamu yang penasaran mengenai jenis HP ini, berikut Uplotify akan menjelaskannya.

Apa itu HP Demo?

HP demo, merupakan HP pajangan yang ada di toko-toko HP. Bertujuan untuk membuat pengunjung bisa mencoba HP tersebut (sebagai HP demonstrasi).

HP demo merupakan HP bergaransi resmi yang dikeluarkan langsung oleh vendor. Hanya saja HP tersebut memang tidak untuk dijual.

Nah ketika HP demo di suatu toko HP atau suatu pihak tidak terpakai lagi, terkadang biasanya akan dijual kembali. HP demo yang dijual ini dikenal juga dengan istilah “HP ex display.”

Kelebihan HP Demo / EX Display

Kelebihan HP Demo Live

Jika kamu melihat ada seseorang yang menjual HP demo / ex display, maka tentunya jenis HP ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Sebagai pertimbangan, berikut kelebihannya.

1. Harga murah

Umumnya HP demo dijual dengan harga yang sangat murah. Perbedaannya bahkan bisa berkali-kali lebih murah.

Alasannya pertama, tentu karena HP demo merupakan HP bekas. Dan kebanyakan HP demo sudah dipajang dalam waktu yang cukup lama (bisa berbulan-bulan).

Kedua, HP demo tidak banyak yang jual. Dan karena terus menyala, ada resiko tersendiri (nanti dijelaskan). Sehingga peminatnya hanya orang-orang tertentu saja.

2. Barang Terjamin Original

HP demo merupakan jenis HP yang terjamin originalitasnya. Karena HP demo yang dipajang di toko HP, sebenarnya tidak ada bedanya dengan HP biasa yang dirilis secara resmi oleh vendor.

Garansi dari HP demo juga tentunya bukan berjenis garansi distributor. Melainkan garansi resmi yang bisa diklaim di service center vendor.

3. Fungsi HP Sama Seperti HP Umumnya

HP demo memiliki fungsi HP yang sama seperti HP pada umumnya. Contohnya dapat digunakan untuk berkirim pesan, menelpon, bersosial media, atau yang lainnya.

Dari segi teknis juga, HP demo ini karena dirilis secara resmi, IMEInya juga terdaftar secara resmi di Kemenperin. Kamu tidak akan menemui masalah seperti IMEI Invalid yang bisa berpengaruh ke internet.

Kekurangan HP EX Display

Kekurangan HP Ex Display

Selain memiliki kelebihan, HP ex display juga sudah pasti memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan HP ex display yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika kamu akan membeli HP ex display ini:

1. Layar Risiko Burn In

HP ex display, semakin lama ia lama dipajang, maka akan semakin besar juga terkena resiko masalah layar burn in.

Layar burn in ini bisa dibilang akan cukup mengganggu penggunaan. Dan untuk perbaikannya hanya bisa dilakukan dengan cara mengganti komponen LCD ke yang baru.

2. Baterai HP Mudah Rusak

Kalau kamu pergi ke toko HP dan melihat HP demo di sana, maka kamu akan melihat juga HP tersebut sedang dalam keadaan di cas.

Kebanyakan HP demo memang keadaannya demikian. Dan pengecasan ini berjalan setiap harinya. Sehingga dalam jangka waktu panjang, tentu akan muncul masalah di kesehatan baterai.

Misalnya baterai yang ngedrop, kembung dan lain-lain sebagainya.

3. HP Sudah Disentuh Banyak Orang

Setiap toko HP yang memberikan suatu HP demo, biasanya akan membiarkan pengunjung mencoba HP tersebut.

Tentunya secara otomatis sudah pasti HP tersebut akan disentuh banyak orang dalam seharinya. Yang mana untuk sebagian kalangan hal ini merupakan suatu kekurangan tersendiri.

4. Body HP yang Lecet

Masih sehubungan dengan sebelumnya, salah satu dampak dari terlalu sering disentuh oleh banyak orang adalah body HP-nya yang sudah lecet.

Meskipun demikian lecet ini umumnya tidak terlalu terlihat. Umumnya hanya gores di bagian samping HP-nya saja.

5. Kurang Cocok Dipakai Jangka Panjang

Sama seperti HP Docomo, mengingat harga HP ex display yang rata-rata cukup murah dan terjangkau di kantong, membuat banyak orang tergiur dengan HP ini.

Namun dengan kekurangan-kekurangannya, membuat HP ex display ini tidak cocok untuk kamu gunakan dalam jangka panjang.

Karena kamu sendiri tidak akan tahu, mana komponen yang sudah bermasalah. Apakah baterainya, layarnya dan lain-lain sebagainya.


Demikian pembahasan seputar HP demo atau HP ex display. Oh ya, saran kami, jika kamu ingin menggunakan HP dalam jangka waktu lama, tidak ada salahnya untuk menabung saja dulu agar bisa membeli HP yang baru.

Kecuali kalau kamu memang ingin mendapatkan HP bagus yang benar-benar murah, serta siap menerima resiko-resiko kerusakan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like