Cara Mengatasi Layar HP Android Tidak Bisa Disentuh

7 Cara Mengatasi Layar / Touchscreen HP Tidak Bisa Disentuh

Ada banyak jenis kerusakan LCD di HP, salah satunya seperti layar tidak memberikan respon ketika kamu sentuh padahal kondisinya hidup.

Masalah touchscreen tidak bisa disentuh ini bisa terjadi di sebagian layar HP atau malah seluruhnya. Sehingga kita tidak bisa memakai HP tersebut seperti saat normal.

Nah untuk kamu yang sedang mengalami masalah layar HP tidak bisa disentuh, berikut ini Uplotify akan jelaskan penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Penyebab Touchscreen HP Tidak Bisa Disentuh

Masalah ini lebih sering terjadi ketika HP mengalami kondisi tertentu yang bisa menimbulkan kerusakan komponen di dalamnya.

Namun terkadang bisa juga disebabkan oleh sistem di perangkat tersebut, entah karena tidak memiliki cukup resource memori atau hal lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut penyebab layar HP tidak bisa disentuh:

1. Karena Hang

HP yang sedang hang di waktu yang sama tidak akan merespon. Sehingga layar HP akan stuck di tampilan tertentu dan tidak bisa disentuh.

Hang ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Misalnya karena kamu kebanyakan install aplikasi dan lain-lain.

2. Karena Terjatuh

Terjatuh juga bisa menyebabkan layar tidak bisa disentuh. Terutama kalau terjatuh dari tempat yang cukup tinggi dan pas mengenai layar HP tersebut.

Ketika terjatuh dan layar terbentur, komponen di dalam HP bisa mengalami kerusakan, dan mengefek salah satunya tidak bisa disentuh.

3. Karena Antigores

Kalau kamu memakai antigores yang cukup tebal, mungkin masalahnya dari hal ini.

Karena antigores bisa saja mengurangi sensitivitas touchscreen yang berimbas HP tidak bisa disentuh.

4. Layar Rusak

Penyebab terakhir yang paling sering terjadi adalah karena layar HP kamu sudah rusak. Bisa terjadi karena faktor umur, efek benturan, terjatuh atau lainnya.

Kalau masalah ini, kamu harus ganti layar supaya HP bisa dipakai kembali.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Jangan langsung memutuskan untuk mengganti layar HP. Apalagi mengingat biaya yang harus dikeluarkan relatif besar. Silahkan kamu coba dulu tips-tips berikut:

1. Tekan Tombol Power Berulang-ulang

Tekan Tombol Power Berulang-Ulang

Ketika HP hang dan layar touchscreen tidak merespon ketika disentuh, kamu bisa coba tekan tombol power secara berulang-ulang.

Cara ini akan membuat task yang ada pada HP di-refresh. Dan biasanya sistem serta layar HP akan merespon kembali.

2. Tekan Tombol Power Selama 10 Detik

Tekan Tombol Power Selama 10 Detik

Selain cara di atas, kamu juga bisa mematikan HP secara paksa dengan menekan tombol power selama 10 detik.

Setelah HP mati, kamu bisa tunggu selama 3 – 5 menit. Kemudian hidupkan kembali HP tersebut. Setelah restart, harusnya layar HP sudah bisa merespon kembali.

3. Cabut Baterai HP

Cabut Baterai HP

Kalau baterai di HP kamu bisa dilepas (removable baterry), silahkan dicabut lebih dulu. Kemudian kamu diamkan selama 3 – 5 menit.

Setelah didiamkan, kamu pasang lagi baterai tersebut dan hidupkan. Kemudian cek layar dengan menyentuhnya kembali.

4. Lepas Tempered Glass / Antigores

Lepas Antigores HP

Pemasangan tempered glass atau antigores di HP, terkadang bisa mempengaruhi sensitivitas layar dan membuat masalah tertentu. Seperti layar HP bergerak sendiri hingga tidak bisa disentuh.

Untuk mengeceknya, kamu bisa coba lepas tempered glass di HP lebih dulu. Kalau ternyata layar masih berfungsi, sebaiknya ganti ke tempered glass yang lebih berkualitas.

5. Tekan-Tekan Layar HP

Tekan-Tekan Layar HP

Layar HP bisa longgar secara tidak sengaja tanpa kamu ketahui. Hal ini bisa membuat layar jadi sulit merespon saat disentuh.

Nah kamu bisa coba tekan-tekan layar untuk mengencangkan komponen yang longgar tersebut.

Atau bisa juga jepit dengan jari jempol dan jari telunjuk secara perlahan dan tidak terlalu keras.

6. Bersihkan Konektor Touchscreen Dengan Thinner

Bersihkan Konektor Touchscreen

Konektor touchscreen adalah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan layar dengan komponen lainnya. Sehingga HP bisa berjalan secara normal.

Kalau ada masalah di konektor touchscreen seperti kotor, maka bisa berakibat bermasalah juga pada pemakaian HP. Maka dari itu disarankan untuk membersihkan konektor touchscreen.

Untuk membersihkannya, kamu bisa memakai thinner atau cairan IPA (Iso Propanol Alcohol) yang di lap pada konektor touchscreen. Tapi tentu di sini kamu harus bisa membongkar HP-nya.

7. Ganti Touchscreen

Ganti Touchscreen HP

Kalau semua cara di atas sudah dicoba tapi tidak berhasil, maka kemungkinan LCD HP kamu memang sudah rusak.

Apalagi kalau selain tidak bisa disentuh, terdapat masalah lain seperti layar HP bergaris putih atau hitam.

Sehingga kamu harus menggantinya supaya layar HP bisa berfungsi normal kembali. Untuk harga touchscreen HP cukup beragam, mulai dari Rp. 300.000 sampai jutaan tergantung spesifikasi HP.

Disarankan untuk menggantinya di service center resmi untuk mendapatkan komponen touchscreen yang original. Atau bisa juga kamu menggantinya sendiri dengan membeli sparepart-nya di e-commerce terpercaya.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian

Selain di seluruh layar, kadang masalah tidak bisa disentuh ini juga bisa terjadi di sebagian layar HP-nya saja. Nah untuk ini ada solusi khusus tersendiri. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah berikut:

1. Install Aplikasi LCD Checker

Pertama kamu harus tahu dulu posisi layar atau bagian yang tidak bisa disentuh. Salah satu aplikasi untuk mengetahui layar HP normal atau tidak, ialah LCD Checker yang bisa didapat di Playstore.

2. Cek Bagian Layar yang Tidak Bisa Disentuh

Setelah aplikasi terpasang, silahkan kamu jalankan. Nantinya secara otomatis, LCD Checker akan melakukan pemindaian di layar HP tersebut. Dan kamu bisa mengetahui bagian layar mana yang tidak bisa disentuh.

3. Tekan-Tekan Bagian Layar yang Tidak Bisa Disentuh

Kalau sudah tahu posisi layar yang tidak bisa disentuh, kamu bisa coba tekan-tekan lebih dulu untuk mengencangkan layar (barangkali longgar). Pastikan menekan bagian layar secara perlahan dan tidak terlalu keras supaya layar tidak rusak.

4. Siapkan Korek Gas

Kalau masih tidak bisa, maka kamu bisa memperbaikinya dengan setrum yang ada di korek gas. Maka dari itu, siapkan dulu korek gas yang sudah tidak terpakai.

5. Ambil Setrum Korek Gas

Bongkar korek gas tersebut dan ambil komponen setrum-nya. Komponen setrum ini berbentuk plastik yang agak panjang dengan tombol didekatnya.

6. Alirkan Listrik ke Bagian Layar yang Tidak Berfungsi

Silahkan alirkan listrik ke bagian layar yang tidak berfungsi dengan cara di-klik. Ulangi klik berkali-kali, kamu juga bisa klik di bagian lainnya.

7. Cek Hasilnya

Terakhir tinggal kamu cek hasilnya. Biasanya layar yang tidak bisa disentuh saat ini akan memberikan respon.

Kalau masih tidak bisa, coba kamu alirkan listrik kembali dengan setrum korek gas tersebut.


Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh secara keseluruhan atau di bagian tertentu saja.

Silahkan pahami penyebabnya, untuk mencegah masalah ini terulang kembali di HP kamu.

Kalau ada yang dirasa perlu kamu tanyakan, silahkan tulis pertanyaannya lewat kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like