Biaya Servis HP Rusak

Biaya Servis HP (Android) Berdasarkan Jenis Kerusakan

Ketika HP rusak, mau tidak mau terkadang kita harus memperbaikinya di tempat service. Apalagi jika kerusakan dari HP tersebut cukup parah, dan membuat HP jadi tidak bisa dipakai sama sekali (seperti mati total).

Namun, masih banyak juga orang yang ragu ingin memperbaiki HPnya atau tidak, dikarenakan ketidaktahuan biaya servis HPnya, apakah mahal atau tidak.

Untuk menjawab hal tersebut, di sini Uplotify akan membagikan informasi mengenai biaya atau harga servis HP.

Biaya Servis HP

Biaya servis HP tergantung dari jenis kerusakannya, apakah dari komponen atau sistem. Untuk kerusakan sistem umumnya biaya yang harus dikeluarkan berkisar antara 50 ribu sampai 250 ribu rupiah. Untuk komponen mulai dari 100 ribu sampai 1.5 juta rupiah.

Kemudian juga, biaya servis ini tergantung dari lokasi kamu, tempat servis yang didatangi, serta kelangkaan komponen yang rusak. Selain itu, semakin mahal harga HP saat dibeli, maka akan semakin tinggi juga biaya servisnya.

Berikut biaya servis HP dan jenis kerusakannya:

Jenis PerbaikanPerkiraan Biaya Servis HP
Backup DataRp50.000 – Rp100.000
Restore DataRp50.000 – Rp150.000
IMEI hilangRp50.000 – Rp150.000
Flash HPRp50.000 – Rp200.000
HP mati totalRp100.000 – Rp500.000
BootloopRp50.000 – Rp150.000
Reset Ulang HPRp50.000 – Rp100.000
Lupa Pola atau PasswordRp25.000 – Rp100.000
HP konsletRp300.000 – Rp1.000.000+
HP yang terkena airRp200.000 – Rp1.000.000
Mengganti BateraiRp100.000 – Rp500.000
Mengganti Konektor BateraiRp50.000 – Rp100.000
Ganti EMMC (Embedded Multi Media Controller)Rp50.000 – Rp500.000
Mengganti Tombol PowerRp50.000 – Rp100.000
Memperbaiki atau ganti Port HeadsetRp50.000 – Rp150.000
Mengganti Konektor LayarRp50.000 – Rp150.000
Mengganti Layar dan TouchscreenRp100.000 – Rp1.000.000
Mengganti SpeakerRp100.000 – Rp300.000
Mengganti IC PowerRp100.000 – Rp300.000
Mengganti IC sinyalRp50.000 – Rp200.000
Mengganti IC ChargerRp100.000 – Rp200.000
Biaya servis HP bermasalah

Jenis Kerusakan HP yang Biasa Ditemui dan Biaya Servisnya

Jenis kerusakan HP bermacam-macam. Tapi ada beberapa masalah tertentu yang umumnya ditemui pengguna.

Berikut jenis kerusakan HP yang biasa ditemui dan biasa servisnya.

1. HP Mati Total

Penyebab HP mati total ialah karena kerusakan sistem, atau ada suatu komponen yang tidak berjalan dengan baik.

Ciri HP mati total, ialah ketika HP ditekan tombol powernya tidak bisa menyala sama sekali. Kemudian juga tidak ada respon serta tidak bisa di-cas.

Biaya servis HP mati total berkisar antara 100 ribu sampai 500 ribu rupiah, tergantung dari jenis kerusakan, atau apakah ada kerusakan komponen atau tidak. Berlaku dan bisa lebih mahal juga, kalau HP kamu mati totalnya terkena air.


2. HP Mati Sendiri

HP ketika dipakai tiba-tiba mati. Misalnya saat main game, mendengarkan musik, menonton Youtube atau aktivitas-aktivitas lainnya.

HP mati sendiri disebabkan karena masalah sistem, dan yang paling umum disebabkan karena baterai yang sudah mulai rusak.

Biaya servis HP mati sendiri sekitar 100 sampai 250 ribu, tergantung dari penyebab kerusakannya, dan komponen HPnya ada yang rusak atau tidak.


3. HP Lupa Pola

HP lupa pin, password atau pola, membuat HP jadi tidak bisa dibuka kuncinya dan tidak bisa dipakai seperti biasa.

Ketika lupa pin, biasanya kita bisa meresetnya melalui email. Namun untuk beberapa kondisi tertentu kadang masih tetap sulit dilakukan sendiri, sehingga harus dibawa ke tempat service.

Nah, biaya service HP lupa pola berkisar antara 25 ribu sampai 100 ribu. Tapi perlu kamu ingat, ada kemungkinan data yang tersimpan di HP akan hilang. Jadi pastikan kamu sudah mempertimbangkannya.


4. HP Bootloop

Bootloop adalah jenis kerusakan HP, dimana ketika HP dinyalakan, loading akan stuck di logo. Misalnya logo Samsung, logo Xiaomi, dan lain-lain.

Penyebab HP bootloop kebanyakan adalah kerusakan dari sistem, entah itu disengaja maupun tidak. Misalnya karena pemasangan aplikasi malware, efek root dan lain-lain.

Biaya servis HP bootloop berkisar antara 25 ribu sampai 150 ribu. Sama seperti servis lupa pola, servis bootloop juga terdapat kemungkinan akan hilangnya data. Pastikan kamu sudah mempertimbangkan ini.


5. Flash Ulang HP

Sebenarnya ini bukan sejenis kerusakan secara langsung ya.

Flash ulang HP dilakukan kalau kamu punya tujuan tertentu. Misalnya ada masalah HP yang menurut kamu hanya bisa hilang dengan flash ulang, maupun kamu ingin sekedar mengganti sistem.

Biaya flash ulang HP berkisar antara 50 ribu sampai 200 ribu, tergantung dari jenis dan tipe HP yang kamu pakai. Biasanya semakin lama jenis HP, biaya flash akan semakin murah.


6. Baterai Rusak

Baterai rusak ini cirinya ada beberapa. Misalnya HP mati sendiri, daya HP kalau dipakai berkurasnya sangat cepat (tidak normal), kalau dicas tidak bertambah dan lain-lain sebagainya.

Penyebab baterai rusak umumnya disebabkan dua hal. Pertama karena umur baterainya itu sendiri, dan yang kedua akibat kebiasaan tertentu yang merusak baterai. Seperti mengecas HP secara terus-menerus dan lain-lain.

Baterai rusak perlu diganti. Biaya ganti baterai HP berkisar antara 100 ribu sampai 500 ribu rupiah, tergantung dari jenis dan tipe HP yang dipakai. Biaya tersebut sudah dengan pemasangan baterainya.


7. EMMC Bermasalah

Kalau kamu belum tahu, EMMC (Embedded Multi Media Controller) adalah komponen HP berbentuk IC, yang berfungsi sebagai media penyimpanan internal dengan kecepatan baca tulis tinggi.

Pada dasarnya EMMC ini jarang rusak. Meskipun demikian, semakin lama pemakaian HP, maka tetap ada kemungkinan EMMC bisa rusak. Apalagi jika kamu sering melakukan flash ulang HP sendiri.

Ciri EMMC rusak ialah ketika HP di-flash sering gagal, HP hang dan lain-lain.

EMMC yang bermasalah harus diganti. Biaya servis untuk ganti EMMC ini berkisar antara 50 ribu sampai 500 ribu tergantung dari jenis HP, dan kelangkaan komponennya.


8. Layar HP Bermasalah

Layar HP bermasalah ada banyak jenisnya. Misalnya layar yang berkedip, terdapat garis-garis vertikal atau horizontal, layar HP blank atau muncul warna abu-abu dan masih banyak lagi.

Penyebab kerusakan layar ini bisa dari berbagai macam hal. Mulai dari human error hingga karena pemakaian / umur HP yang sudah terlalu lama.

Kebanyakan masalah pada layar HP, harus membuat layarnya diganti. Biaya ganti LCD touchscreen HP berkisar antara 100 ribu sampai 1 juta rupiah, tergantung dari jenis layar serta ukurannya. Biaya tersebut sudah termasuk pemasangan.


9. HP Tidak Bisa Dicas

HP ketika dicas bukannya bertambah, dayanya justru cenderung stuck. Terkadang ada juga kondisi dimana kapasitas daya justru berkurang.

Masalah HP tidak bisa dicas, erat kaitannya dengan masalah baterai. Selain itu, masalah ini bisa juga disebabkan karena konektor charger yang sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Biaya servis HP tidak bisa dicas tergantung darj penyebab kerusakannya. Mulai dari 50 ribu sampai 100 ribu untuk ganti konektor baterai, hingga 100 ribu sampai 500 ribu untuk mengganti baterainya itu sendiri.


10. Mesin HP Bermasalah

Mesin HP bermasalah yang dimaksud tidak lain adalah mainboard-nya. Kerusakan mesin ini bisa disebabkan karena umur HP, HP yang terlalu panas, hingga dikarenakan HP kemasukan air.

Biaya perbaikan mesin HP bermasalah cenderung mahal. Biasanya bisa setengah dari harga HP, hingga mendekati harga HP itu sendiri.

Selain itu, perbaikannya juga akan bergantung dari apakah ada komponen pengganti di tempat servicenya atau tidak.


Mengapa Biaya Servis HP Mahal?

Mengapa biaya servis HP bisa mahal? Salah satu alasannya adalah dari tingginya harga komponen pengganti. Contohnya harga layar HP bisa mencapai 30% dari harga HP itu sendiri.

Selain itu, alasan lain kenapa biaya servis HP mahal ialah karena resiko yang harus ditanggung pihak tempat service-nya. Karena membongkar komponen di HP juga ada kemungkinan membuat kerusakan lain.

Berapa Lama Proses Servis HP?

Biaya servis tergantung dari jenis kerusakan HPnya, serta antrian dari tempat servicenya itu sendiri. Jika kerusakannya ringan dan antriannya tidak banyak, HP biasanya sudah bisa diambil dalam jangka waktu 2 sampai 3 hari.

Sedangkan kalau kerusakannya berat dan sedang banyak antrian, prosesnya bisa butuh waktu seminggu lebih. Berlaku juga jika tempat service harus mendatangkan dulu spare part yang dibutuhkan HP.


Itulah biasa servis HP. Kesimpulannya, biaya servis HP bergantung dari jenis kerusakannya, begitu juga dengan lama prosesnya.

Semua biaya ini dibuat berdasarkan biaya rata-rata teknisi. Perlu diingat, biaya tersebut bisa berbeda lagi tergantung kebijakan tempat service, kelangkaan komponen serta lokasi kamu tinggal.

Nah, jika HP kamu mengalami kerusakan dan ingin di-service, tapi biayanya tidak tercantum di atas, silahkan kamu kirimkan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like