Cara Lepas Tempered Glass dari HP

5 Cara Mudah Melepas Tempered Glass Tanpa Ada Bekas

Ada banyak pengguna HP saat ini yang memasang tempered glass di HP mereka. Alasannya tidak lain tentu untuk membuat aman layar HP, terutama dari terjatuh, terbentur sesuatu benda agar tidak mudah pecah.

Tempered glass, bisa dikatakan memang memiliki kekuatan yang berkali-kali lebih kuat ketimbang antigores biasa. Bahan dasar dari tempered glass, merupakan kaca tempered yang memiliki kekuatan berkali-kali lipat dari kaca.

Bukan itu saja, tempered glass ketika pecah juga tetap aman. Alasannya pecahan kacanya akan berbentuk butiran. Sehingga kamu tidak perlu khawatir saat terkena tangan atau menggores HP.

Nah jika kamu memakai tempered glass, dan kamu ingin melepasnya, kamu tenang saja. Karena hal ini tidak begitu sulit untuk dilakukan sendiri.

Berikut ini Uplotify akan menjelaskannya kepada kamu cara melepas tempered glass dengan hasil yang maksimal, tidak meninggalkan bekas lem.

Hal yang Harus Diingat Saat Melepas Tempered Glass

Sebelum lanjut ke pembahasan, ada beberapa poin penting yang wajib kamu ketahui ketika ingin melepas tempered glass. Cek berikut:

1. Bersihkan Layar HP Terlebih Dahulu

Pertama, pastikan kamu sudah membersihkan layar HP, atau tepatnya tempered glassnya terlebih dahulu.

Hal ini ditujukan untuk membuat tempered glass tersebut menjadi lebih mudah dilepas, serta kamu bisa mengetahui bagian mana dari tempered glass yang mudah dilepas.

2. Lepas Tempered Glass di Tempat yang Terang

Jangan melepas tempered glass di tempat yang minim cahaya. Ketika kamu melepas tempered glass, kamu akan melihat sedikit bekas lem.

Jika kamu melepas kaca temperednya di tempat minim cahaya, sisa lem tersebut akan sulit terlihat. Dan kalau sisa lemnya terlanjur mengering, akan susah dihilangkannya.

3. Ingat untuk Jangan Terburu-buru

Lakukan pelepasan kaca tempered dari HP secara perlahan. Jangan terburu-buru, alasannya supaya tidak ada sisa lem yang tertinggal pada layar.

Bukan itu saja, melepas tempered glasss secara perlahan juga justru akan mempercepat dan mempermudah proses nantinya.

Cara Melepas Tempered Glass Tanpa Meninggalkan Bekas

Nah, untuk caranya sendiri ada beberapa yang bisa kamu coba. Kamu harus sesuaikan dengan benda yang mudah kamu cari, serta jenis dari kaca temperednya.

1. Memakai Kertas HVS

Pertama kamu bisa menggunakan kertas HVS. Cara ini umum dipakai, selain itu kamu juga bisa mencari kertasnya dengan mudah.

Penggunaan kertas HVS juga dijamin aman. Karena tidak akan menggores layar saat proses pelepasan kaca tempered.

Berikut cara melepas tempered glass dari HP:

  1. Pertama siapkan terlebih dahulu kertas HVS
  2. Masukkan kertas HVS tersebut ke bagian pinggir layar tempered
  3. Terus masukkan perlahan-lahan, sampai bagian lemnya hilang
  4. Kalau kaca tempered sudah agak terangkat, kamu bisa lepas secara perlahan-lahan
  5. Lakukan sampai seluruh kaca tempered terangkat seluruhnya

Baca Juga: Cara Memasang Hiasan Gantungan Tali di HP

2. Memakai Plastik Bekas

Selanjutnya ada plastik bekas. Cara ini sebenarnya sama, hanya untuk pengganti kertas saja. Plastiknya pun kamu harus siapkan yang agak kaku.

Jangan memakai plastik biasa, atau memakai plastik bungkus. Contoh plastik kaku, biasanya ada di kardus bekas aksesoris HP.

Kelebihan menggunakan plastik kaku, karena lebih kaku dari kertas, membuat proses pelepasan akan semakin mudah.

3. Menggunakan Jarum Pentul

Selanjutnya kamu dapat menggunakan jarum pentul. Jika kertas maupun plastik dipakai untuk melepas kaca tempered secara keseluruhan, jarum pentuk ini ditujukan hanya untuk bagian ujung atau sampingnya.

Hanya saja, penggunaan jarum pentul bisa dikatakan bisa jadi alternatif, kalau kamu merasa tempered glass sulit dilepas karena lemnya yang keras.

4. Menggunakan Hairdryer

Penggunaan hairdryer, dapat dilakukan kalau kamu merasa kesulitan saat melepas kaca tempered, dikarenakan lemnya yang keras secara keseluruhan. Caranya sendiri tidak sulit.

Kamu cukup menghangatkan tempered glass dengan suhu panas yang secukupnya. Kemudian kalau kaca tempered sudah terasa hangat, kamu bisa melepasnya.

Contohnya menggunakan kertas HVS, plastik maupun coba lepas ujungnya dengan jarum pentul terlebih dahulu.

5. Melepas Tempered Glass yang Pecah atau Rusak

Kalau tempered glass kamu sudah dalam keadaan pecah, sebenarnya melepasnya justru lebih mudah. Karena ketika pecah, lem di dalamnya sudah tidak begitu lengket lagi.

Hanya saja, kamu harus melakukannya secara hati-hati. Karena kalau pecahannya terlepas sebagian, bagian lain nantinya kadang agak susah untuk dilepas.

Cara melepasnya sendiri kamu bisa menggunakan benda apapun yang sudah dibahas sebelumnya. Entah itu hairdryer, kertas HVS, jarum pentul, plastik dan lain-lain sebagainya.


Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk melepas tempered glass dari HP. Dengan panduan di atas, kamu tidak perlu khawatir akan adanya sisa bekas lem di layar HP.

Jangan lupa tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan. Juga jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like