Harga Service Laptop

Biaya Servis Laptop

Laptop adalah perangkat yang cenderung sulit diperbaiki sendiri, terutama jika kerusakannya berasal dari komponen. Karena itu, jika ada masalah tertentu pada laptop, membuat kamu terkadang mau tidak mau harus memperbaikinya di tempat servis.

Tempat service laptop di kota-kota Indonesia (baik kota kecil, maupun kota besar) sudah tersebar. Kamu harusnya tidak akan begitu sulit menemukannya.

Yang jadi pertanyaan ialah, berapa sebenarnya biaya servis laptop? Apakah mahal atau tidak? Untuk menjawab hal tersebut, berikut Uplotify akan membagikan daftar biaya service laptop berdasarkan jenis kerusakannya.

Biaya Servis Laptop

Biaya Servis Laptop

Biaya servis laptop tergantung dari kerusakannya. Untuk kerusakan sistem umumnya kamu harus merogoh kocek mulai dari 50 ribu sampai 150 ribu rupiah. Sedangkan untuk kerusakan komponen, mulai dari 150 ribu sampai 1.5 juta rupiah.

Harga ini berlaku untuk semua merk laptop. Asus, Toshiba, Acer, Lenovo, Samsung, HP dan lain-lain.

Jenis KerusakanBiaya Perbaikan
Install Ulang50 ribu hingga 100 ribu
Flash Bios100 ribu hingga 300 ribu rupiah
Ganti LCD Laptop700 ribu hingga 1,5 juta rupiah
Mengganti Speaker Laptop200 ribu hingga 500 ribu rupiah
Ganti RAM250 ribu hingga 800 ribu rupiah
Ganti Keyboard300 ribu hingga 500 ribu rupiah
Memperbaiki Hardisk600 ribu hingga 800 ribu rupiah
Mengganti Baterai Laptop150 ribu hingga 500 ribu rupiah
DVD Susah Terbaca180 ribu hingga 250 ribu rupiah
Biaya Ganti Chipset Laptop500 ribu hingga 700 ribu
Mengganti Motherboard700 ribu sampai 3 juta rupiah
Mengganti Engsel Layar100 ribu hingga 200 ribu rupiah
Biaya Ganti Kabel Fleksibel Laptop100 ribu hingga 200 ribu rupiah
Mengganti Kipas Laptop Bunyi100 ribu sampai 200 ribu
Biaya Mengganti Thermal Paste LaptopBerkisar 150 ribu
Biaya Mengganti IC Power di LaptopBerkisar 200 ribu

Untuk kerusakan sistem harga tersebut termasuk standar, lantas kenapa biaya perbaikan komponen bisa mahal? Alasannya karena laptop punya resiko tersendiri saat dibongkar, dan untuk beberapa komponen agak sulit pembongkarannya (butuh ketelitian).

Belum lagi soal kelangkaan komponen. Untuk beberapa tipe laptop, supaya bisa sesuai ketika dipasang, sebagian tempat servis ada yang harus menunggu kiriman dulu komponennya.

Biaya Servis Laptop Berdasarkan Masalahnya

Biaya Service Laptop Mati Total

Biaya service laptop mati total, tergantung dari penyebab kerusakan laptopnya. Biasanya dikarenakan sistem daya yang bermasalah, atau mainboard yang rusak. Umumnya kamu harus merogoh kocek mulai dari 250 ribu sampai 1 juta rupiah.

Biaya Service Laptop Layar Hitam (Blank)

Ciri dari kerusakan laptop blank, ialah mesin laptop menyala, hanya saja layar tidak menampilkan gambar, maupun terlihat nyala namun gambarnya hitam (blank). Masalah ini bisa disebabkan karena kabel atau LCD yang rusak. Biaya servisnya berkisar 250 ribu sampai 1 juta rupiah.

Biaya Service IC Power Laptop

IC power laptop erat kaitannya dengan penghantaran daya laptop. Ketika IC power bermasalah, hal ini akan membuat beberapa jenis kerusakan pada laptop, termasuk mati total. Biaya ganti IC power laptop berkisar sekitar 200 ribuan.

Harga Service Keyboard Laptop

Saat keyboard laptop sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya, biasanya kamu harus mengganti keseluruhan keyboardnya. Biaya ganti keyboard laptop ini berkisar 200 ribu sampai 500 ribu rupiah, sudah termasuk dengan pemasangannya.

Harga Service Mainboard (Motherboard) Laptop

Ketika mainboard / motherboard mengalami kerusakan, kamu bisa memperbaikinya dengan biaya antara 200 sampai 500 ribu rupiah. Kecuali jika kamu harus mengganti mainboardnya, biayanya 700 ribus sampai 3 juta rupiah (tergantung tipe laptop).

Biaya Servis LCD

LCD adalah komponen yang tidak bisa diperbaiki. Sehingga kalau rusak, mau tidak mau kamu harus menggantinya. Ciri LCD rusak bermacam-macam, misalnya tidak muncul gambar seperti yang disebut tadi, layar laptop bergaris, dan lain-lain.

Biaya ganti LCD laptop berkisar antara 700 ribu sampai 1.5 juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk jasa pemasangan.

Biaya Perbaikan Engsel Laptop

Untuk engsel yang rusak atau longgar, kamu bisa menggantinya dengan komponen yang baru. Biayanya yaitu 100 ribu sampai 200 ribu rupiah sudah termasuk dengan biaya pemasangan.

Reset BIOS Laptop

Biaya servis BIOS laptop berkisar antara 100 ribu sampai 300 ribu rupiah. Servis ini dilakukan dengan cara dilepas IC BIOSnya, kemudian dilakukan flashing ulang dengan sistem BIOS baru.

Mengganti Baterai Laptop

Biaya ganti baterai laptop, tergantung dari tipe laptop yang dipakai. Semakin mahal laptop, biasanya semakin mahal juga harga baterainya. Untuk kisarannya sendiri sekitar 150 ribu sampai 500 ribu rupiah.

Biaya Ganti Thermal Paste

Jika umur laptop kamu sudah lama, dan merasa laptopnya sering panas, penggantian thermal paste bisa coba dilakukan. Biaya ganti thermal paste mulai dari 100 ribu sampai 150 ribu. Namun disarankan kamu memakai thermal paste yang bagus / beli sendiri thermal pastenya.

Biaya Ganti Kabel Fleksibel

Harga kabel fleksibel sebenarnya tidak terlalu mahal, kisaran 50 ribuan saja. Namun karena resiko pembongkaran yang tinggi, biasa servis pasangnya cenderung mahal. Yaitu berkisar antara 100 ribu sampai 200 ribu rupiah.

Biaya Ganti Hardisk Laptop

Biaya ganti hardisk berkisar antara 600 ribu sampai 800 ribu rupiah, untuk kapasitas berukuran 1TB. Kalau kamu punya hardisknya sendiri, untuk biasa pasangnya saja sekitar 50 ribu sampai 75 ribu rupiah.

Biaya Ganti RAM Laptop

Biaya ganti RAM tergantung kapasitasnya. Untuk yang 4GB mulai dari 300 ribu rupiah, dan 8GB rata-rata maksimal 800 ribu rupiah. Jika kamu punya RAMnya sendiri, untuk biaya pasangnya sekitar 50 ribu rupiah.

Biaya Service Speaker laptop

Perbaikan speaker laptop yang rusak / laptop tidak ada suara, biayanya tergantung dari komponen, apakah perlu diganti atau tidak. Rata-rata mulai dari 200 ribu sampai 500 ribu rupiah.

Biaya Install Ulang Laptop

Umumnya sebagian besar tempat service hanya mematok biaya install ulang mulai dari 50 ribu sampai 100 ribu rupiah. Jasa ini sudah termasuk dalam pengaturan sistem serta aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan pengguna.

Biaya Ganti Kipas Laptop

Saat kipas laptop rusak, biasanya akan dilakukan pembersihan dulu. Biayanya sekitar 50 ribu sampai 100 ribu rupiah. Tapi jika kipasnya perlu diganti, biayanya mulai dari 100 ribu sampai 300 ribu rupiah.


Seluruh biaya servis laptop di sini ialah harga rata-rata yang dipatok sebagian besar tempat service. Namun perlu kamu ingat, bahwa biaya bisa berubah jadi lebih mahal / murah tergantung dari banyak hal.

Misalnya tempat kamu tinggal, kelangkaan komponen dari laptop kamu, serta resiko perbaikannya.

Silahkan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan terkait biaya perbaikan komponen laptop yang tidak dicatat di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like