Penjelasan Apa itu MiFi

Apa Itu MiFi? Ini Fungsi, Harga dan Bedanya Dengan WiFi

Kebutuhan internet saat ini sudah sangat diperlukan. Sehingga membuat banyak perangkat baru bermunculan seiring perkembangan teknologi juga.

Salah satu perangkat itu adalah MiFi yang memungkinkan kamu bisa tetap mengakses internet dimana saja.

Bicara tentang MiFi, kebetulan kami juga sudah memakainya dari tahun 2017 lalu. Dari yang kami dapati, MiFi ini sangat bermanfaat. Ingin tahu lebih jelas tentang apa itu MiFi? Cek berikut ini.

Apa itu MiFi?

MiFi Adalah

MiFi atau singkatan dari Mobile WiFi merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghasilkan jaringan internet berupa hotspot bersifat portabel.

Karena portabel, tentunya membuat MiFi ini bisa kamu bawa kemana saja. Oleh karena itu, di awal kami jelaskan kalau perangkat ini memungkinkan kamu bisa mengakses internet dimanapun.

Lalu untuk cara kerjanya mirip seperti HP dan modem biasa, yaitu memerlukan kartu provider sesuai jaringannya. Nantinya hotspot akan dipancarkan melalui perangkat MiFi ini.

Catatan: Beberapa orang juga biasa menyebutkan kalau MiFi ini kepanjangan dari My WiFi atau Mini WiFi.

Perbedaan MiFi dan Modem Biasa

Karena MiFi ini perkembangan teknologi terbaru, tentunya memiliki banyak perbedaan dengan modem biasa.

Perbedaan utamanya terletak di jumlah perangkat yang bisa dihubungkan. Di modem biasa, kamu hanya bisa menghubungkan 1 perangkat saja dengan mencolok modem USB.

Sedangkan untuk MiFi, umumnya bisa dipakai untuk banyak perangkat sekaligus. Adapun beberapa perbedaan lainnya, seperti:

MiFiModem Biasa
Harus menghidupkan pengaturan WiFi untuk bisa terhubung ke internetHarus menghubungkan modem ke PC untuk bisa tersambung ke internet
Tidak perlu install driver untuk memakainyaBiasanya harus melakukan instalasi driver
Bisa dipakai untuk banyak perangkatHanya bisa dipakai untuk 1 perangkat

Perbedaan MiFi dan WiFi

Perbedaan MiFi dan WiFi

Kemudian MiFi dan WiFi juga berbeda. Perbedaan utamanya terletak di fleksibilitas dari kedua perangkat ini.

Seperti yang kita tahu, kalau MiFi ini bisa memberikan akses internet dimanapun kamu berada dengan membawa perangkatnya.

Sedangkan WiFi bisa memberikan akses internet berupa jaringan Wireless juga. Hanya saja tidak bisa dibawa-bawa seperti MiFi.

Kalau kamu ingin tahu perbedaan lainnya, bisa cek tabel berikut:

MiFiWiFi
Bersifat portabel, bisa dibawa kemana sajaBersifat tetap, tidak bisa dibawa kemana saja
Memakai baterai di dalamnyaMenggunakan kabel yang harus dihubungkan ke stop kontak
Memakai kartu SIM dari provider yang sama seperti di HPBiasanya memiliki provider sendiri melalui sambungan kabel
Jaringan yang tersedia seperti HP, yaitu 3G dan 4G LTEJaringan yang tersedia berdasarkan frekuensi, seperti 2,4 GHz sampai 5 GHz

Baca Juga:

Untuk Siapa MiFi Cocok?

Ada beberapa tipe orang yang cocok untuk memakai MiFi. Kalau kamu termasuk ke dalam tipe orang ini, bisa langsung pakai MiFi sebagai pilihan.

1. Traveler

Pertama, kalau kamu sering traveler atau jarang berada di rumah, perangkat MiFi ini wajib menjadi pilihan.

Alasannya karena MiFi ini bisa kamu bawa kemana saja. Selain itu, untuk menghubungkannya pun sangat mudah karena sudah memakai Wireless.

2. Pengguna HP yang Ingin Hemat Baterai

Pemakaian data seluler di HP umumnya lebih boros di bandingkan dengan memakai jaringan WiFi.

Nah kalau kamu tipe orang yang ingin hemat baterai, memakai MiFi ini bisa jadi pilihan. Karena nantinya MiFi yang akan memberikan hotspot ke HP kamu.

Sehingga HP kamu akan menerimanya sebagai WiFi dan menjadi lebih hemat baterai.

3. Tidak Bisa Memakai Internet Kabel

Pemasangan WiFi biasanya melihat lokasi rumah kamu. Kalau rumah kamu tidak support atau tidak terjangkau, maka WiFi tidak bisa dipasangkan.

Supaya tetap bisa memakai jaringan Wireless, disarankan untuk memakai MiFi saja. Karena perangkat MiFi ini memakai kartu SIM provider yang biasa dipakai di HP.

Jadi tidak mempengaruhi support atau tidaknya lokasi rumah kamu dengan jangkauan internet kabel.

Beli MiFi atau Internet Kabel?

Lebih Baik MiFi atau Internet Kabel

Kalau kamu bekerja dan lama beraktivitas di rumah, disarankan untuk membeli internet kabel.

Alasannya karena internet kabel umumnya cenderung lebih stabil dan cepat ketimbang data seluler. Harganya juga lebih murah.

Lalu kalau terjadi gangguan, seperti modem LOS, internet lemot dan lainnya, proses perbaikannya cenderung cepat karena kamu bisa langsung menghubungi teknisi.

Tapi kalau kamu sering beraktivitas di luar, MiFi lebih disarankan untuk dibeli. Karena bersifat portabel, juga pemakaiannya jauh lebih mudah dibanding internet kabel.

Berapa Harga MiFi?

Harga MiFi cukup bervariasi,  mulai dari Rp. 200.000 sampai RP. 1.000.000 tergantung kelengkapan fiturnya dan spesifikasinya.

Sedikit tips untuk memilih MiFi ialah, kamu bisa melihat spesifikasi baterai, jumlah pengguna yang bisa terhubung dan maksimal kecepatan internetnya.

Semakin tinggi nilai dari ketiga elemen di atas, biasanya harga MiFi akan semakin mahal. Tapi kalau untuk konsumsi pribadi, kamu bisa sesuaikan dengan budget yang dimiliki saja.

Berapa Harga Kuota MiFi?

Karena memakai kartu SIM seperti di HP, harga kuota MiFi ini tergantung dari provider yang akan kamu pakai.

Besaran harganya juga sama seperti membeli kuota di HP, sekitar Rp. 100.000 sampai Rp. 300.000 / bulan.

Oh iya, tidak semua MiFi ini bisa dipasangkan kartu SIM semua operator. Sebagian MiFi sudah dibundling dengan 1 operator saja. Contohnya seperti MiFi XL, Smartfren dan Bolt.


Nah sekarang kamu sudah tahu ya apa itu MiFi. Kesimpulan dari bahasan di atas, MiFi ini layaknya seperti tethering atau hotspot yang ada di HP.

Hanya saja MiFi ini merupakan perangkat khusus yang diciptakan untuk memberikan akses internet melalui metode hotspot atau tethering. Sedangkan HP dipakai untuk keperluan kamu.

Ada yang masih kurang dipahami? Jangan sungkan untuk bertanya ke kami lewat kolom komentar yang sudah tersedia di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like