Pinterest Adalah

Mengenal Pinterest Beserta Kegunaan dan Cara Mendaftarnya

Pinterest adalah salah satu sosial media yang cukup populer. Fungsinya sama seperti Instagram, tapi di Pinterest ini lebih fokus untuk menyimpan konten berupa foto dan video

Sedangkan di Instagram, menyediakan konten berupa foto dan video tapi beberapa fiturnya mengarah ke marketing. Bukan khusus untuk mengelompokkan konten seperti di Pinterest.

Mungkin kamu baru mengenal Pinterest? Ingin tahu apa itu Pinterest lebih jauh lagi? Kalau iya, berikut Uplotify akan membahas sosial media Pinterest dengan lengkap.

Apa Itu Pinterest?

Pinterest adalah sebuah sosial media yang berfungsi untuk menyimpan konten berupa foto atau video. Baik itu dari yang kamu upload sendiri, atau konten dari orang lain di Pinterest.

Dari fitur ini, banyak yang menyimpulkan kalau Pinterest ini bisa menjadi inspirasi seseorang untuk membuat desain dan konten baru.

Karena saat ini ada banyak konten berupa foto dan video menarik di Pinterest yang tersusun rapi. Sehingga memudahkan kamu untuk mencari ide.

Perkembangan Awal Pinterest

Awalnya Pinterest di kembangkan di tahun 2009 oleh Ben Silbermann, Evan Sharp dan Paul Sciarra. Setelah 1 tahun pengembangan, Pinterest masih memiliki pengguna yang terbatas.

Tapi di beberapa bulan berikutnya, banyak orang yang tertarik untuk memakai Pinterest. Sehingga Ben membuatkan aplikasi Pinterest versi iOS di tahun 2011.

Setelah itu, popularitas Pinterest terus meningkat bersama dengan Facebook. Dan terus mengembangkan fitur-fitur terbarunya sampai saat ini.

Apa Saja Kegunaan Pinterest?

Kegunaan Platform Pinterest

Ada banyak kegunaan Pinterest yang bisa kamu dapatkan. Apalagi sampai saat ini, Pinterest terus dikembangkan dengan fitur-fitur terbaru.

Berikut kegunaan Pinterest:

1. Sebagai Sumber Inspirasi

Kalau kamu seorang designer, Pinterest bisa menjadi salah satu sosial media untuk mencari inspirasi desain.

Desainnya tidak hanya berupa produk digital saja. Ada juga seperti, kerajinan tangan, lukisan dan lainnya.

2. Meningkatkan Trafik Situs

Saat memposting konten di Pinterest, kamu bisa menyisipkan link ke situs yang dimiliki. Sehingga pengguna Pinterest yang melihat konten kamu bisa saja mengunjungi situs tersebut.

Nah hal ini tentunya bisa meningkatkan trafik di situs kamu supaya lebih banyak yang mengunjungi.

3. Bisa Jadi Media Promosi

Tidak hanya meningkatkan trafik, di Pinterest kamu juga bisa mempromosikan produk dengan promosi digital. Entah itu produk berupa jasa atau barang.

Menariknya, di Pinterest ini juga sudah memiliki engagement yang sangat banyak. Hal ini tentunya meningkatkan peluang untuk membuat promosi kamu mendapatkan banyak pengunjung.

4. Konten Selalu Terbaru

Umumnya Pinterest selalu menyediakan konten-konten terbaru. Terutama konten seperti desain, produk dan lainnya.

Konten yang cepat update di Pinterest ini bisa menjadi sumber inspirasi kamu. Supaya bisa membuat produk atau desain baru untuk meningkatkan penjualan.

Fitur-Fitur Pinterest

Fitur Platform Pinterest

Sama seperti sosial media lainnya, Pinterest juga memiliki banyak fitur yang bisa kamu pakai. Bahkan beberapa fiturnya terbilang unik, sehingga membuat sosial media ini terlihat berbeda.

Berikut fitur-fitur Pinterest yang menjadi unggulan:

1. Pinterest Lens

Pertama ada Pinterest Lens. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan konten serupa dari yang kamu upload atau paling sering dicari.

Sehingga nantinya semua konten serupa ini bisa muncul di wall dari akun kamu. Juga terkadang muncul ketika kamu membuka board yang dimiliki.

2. Papan Grup

Misalnya kamu memiliki projek desain bersama team, fitur papan grup ini bisa dipakai. Karena papan atau board di Pinterest ini tidak hanya bisa diisi oleh konten kamu.

Melainkan kontan pengguna Pinterest lain juga bisa disimpan ke dalam board tersebut.

3. Board Control

Kalau kamu seorang yang aktif memakai Pinterest, biasanya akan banyak membuat board. Mungkin kamu akan berfikir sulit untuk mencari board yang sedang ingin dibuka.

Tapi di Pinterest, kamu tidak usah khawatir. Karena Pinterest memiliki fitur Board Control yang cukup canggih.

Melalui Board Control ini, kamu bisa mengatur urutan board mulai dari alfabet dan menurut tanggal penyimpanan terakhir. Selain itu, kamu juga bisa mengurutkan board sendiri.

4. Chatting Features

Sebagai salah satu sosial media, Pinterest juga pastinya memiliki fitur chatting. Meskipun tidak se-intens sosial media lainnya, tapi fitur chatting ini sangat bermanfaat.

Terutama kalau kamu ingin berkomunikasi dengan pengguna Pinterest lainnya. Baik itu membicarakan ide baru, izin menyimpan konten di board da lainnya.

5. Search Features

Pinterest juga memiliki fitur pencarian atau searching. Fitur ini bisa kamu pakai untuk mencari beberapa objek, seperti pengguna lain, konten video, pin dan board.

Caranya cukup ketikkan saja kata kunci ke kolom searching. Lalu ubah kategorinya sesuai keinginan. Nantinya Pinterest akan mencarikan objek yang sesuai.

Hal lain seputar Pinterest:

Cara Mendaftar Akun Pinterest

Setelah mengenal Pinterest, mungkin kamu penasaran ingin mencoba untuk memakainya. Tapi sebelum memakainya, kamu harus mendaftar akun Pinterest terlebih dulu.

Cara mendaftar akun Pinterest bisa kamu lihat di bawah ini:

  1. Silahkan buka browser terlebih dulu.
  2. Kemudian akses situs Pinterest.
  3. Setelah masuk ke halaman awal Pinterest, silahkan klik Daftar.
Menu Daftar Pinterest
  1. Masukkan alamat Email aktif, Password dan Umur.
  2. Klik Lanjutkan.
Isi Kolom Daftar Pinterest
  1. Kalau berhasil, akan langsung diarahkan ke akun Pinterest dan klik Berikutnya.
Klik Berikutnya di Pinterest
  1. Tentukan jenis kelamin.
Tentukan Jenis Kelamin di Aplikasi Pinterest
  1. Lalu pilih bahasa yang dipakai dan lokasi sesuai keinginan.
Atur Bahasa dan Lokasi Pinterest
  1. Terakhir, pilih minat konten yang disukai dan klik Selesai.
  1. Setelah itu, akun Pinterest sudah siap untuk dipakai.
  2. Selesai.

Baca Juga: Cara Download Foto di Pinterest


Nah itulah pembahasan apa itu Pinterest secara lengkap. Untuk kamu yang baru mengetahui sosial media ini atau baru ingin memakai Pinterest, kami harap artikel ini bisa membantu ya.

Tapi semisal kamu masih mempunyai pertanyaan dari sosial media ini, boleh langsung mengisi kolom komentar yang ada dibawah.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like