Cara Menyilang atau Lingkar Tulisan di Word

Cara Mudah Melingkari dan Menyilang Tulisan di Word

Untuk membuat dokumen, Microsoft Word adalah salah satu aplikasi yang paling sering dipakai. Dengan fiturnya yang lengkap, membuat Word sangat cocok untuk berbagai jenis dokumen.

Salah satu dokumen tersebut tidak lain adalah soal. Entah itu soal untuk pelajar hingga mahasiswa. Sebagai pembuat dokumen, kadang kita juga harus mengoreksi.

Mengoreksi ini dapat dilakukan juga di Word. Seperti yang banyak dilakukan, yaitu dengan cara melingkari tulisan maupun silang. Entah yang benar maupun yang salah.

Nah untuk kamu yang ingin tahu, bagaimana cara untuk melingkari tulisan di Word, berikut akan Uplotify jelaskan. Silahkan disimak.

Cara Melingkari Tulisan di Microsoft Word

Melingkari tulisan di Word sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menggunakan tool shape. Lingkaran tersebut juga nantinya bisa kamu atur, contohnya seperti dirubah warnanya.

Yang perlu kamu siapkan, tentunya hanyalah dokumen yang ingin kamu edit. Kemudian untuk versi Wordnya bebas. Bisa versi lama maupun versi baru.

Berikut cara melingkari tulisan di Word:

  1. Siapkan kemudian silahkan buka dokumen yang ingin kamu edit di Microsoft Word terlebih dahulu.
  2. Kalau sudah, klik menu Insert kemudian pilih menu Shape. Lalu pilih bentuk lingkaran atau oval.
  1. Pilih tulisan yang ingin kamu lingkari. Kalau sudah, klik bagian luar tulisan tersebut, kemudian geser hingga berbentuk lingkaran.
  1. Secara bawaan, lingkaran yang kamu buat akan berwarna. Agar hanya garis saja, pada kolom Format, pilih Shape Fill kemudian pilih No Fill.
  1. Kalau dirasa garis kurang jelas, kamu bisa menebalkannya. Caranya klik Format, pilih Shape Outline kemudian atur Weight menjadi sesuai kebutuhan kamu.

Sisanya kamu tinggal atur saja sesuai kebutuhan. Semua pengaturan tersebut ada di tab Format. Misalnya kamu bisa mengubah warna outline, memberi efek dan lain-lain.

Jika lingkaran sudah kamu buat, kamu tidak perlu mengulangi langkah di atas. Kamu cukup klik kanan bagian garis shape lingkaran yang dibuat, lalu pilih Copy.

Nanti kamu tinggal Paste saja, kemudian atur posisi lingkaran tersebut. Cara ini lebih cepat ketimbang kamu harus mengulangi langkah awal, mengatur fill lagi dan lainnya.

Cara Menyilang Tulisan di Microsoft Word

Tidak hanya lingkaran, kadang kita juga butuh untuk menyilang tulisan, yang umumnya biasa dipakai untuk menandai jawaban salah.

Untuk menyilang tulisan di Word sebenarnya tidak jauh beda dengan sebelumnya. Hanya saja, shape yang kita gunakan adalah tanda X.

Berikut cara menyilang tulisan di Word:

  1. Pertama buka dokumen kamu di Word seperti biasa.
  2. Klik menu Insert, pilih menu Shape kemudian pilih bentuk silang
  1. Atur tanda silang tersebut ke bagian yang ingin kamu tandai
  2. Silahkan kamu atur outline sesuai kebutuhan. Jangan lupa juga atur Fill in menjadi No fill.
  3. Maka kamu sudah berhasil membuat silang di Word

Kalau kamu merasa tanda silangnya terlalu lebar, kamu bisa atur weightnya. Atur kalau kamu ingin membuat silang coret, kamu bisa menggunakan shape strike (garis miring).

Kamu bisa cek video ini untuk lebih jelasnya:

Berapa panjang dokumen yang kamu buat? Ini cara menghitung jumlah kata di Word dengan mudah

Cara Melingkari dan Menyilang Tulisan Dokumen di HP

Bagaimana kalau kamu tidak sempat membuka laptop, dan ingin mengedit dokumen lewat HP? Nah tentunya bisa.

Hanya saja di sini kita tidak menggunakan Word, melainkan menggunakan WPS Fill and Sign. Aplikasi ini mudah digunakan, karena khusus didesain untuk melingkari maupun menyilang tulisan di dokumen.

Berikut cara melingkari ataupun menyilang tulisan dokumen di HP:

  1. Install aplikasi WPS Fill and Sign di HP kamu
  2. Buka dokumen yang kamu inginkan di WPS
  3. Pilih bagian yang ingin kamu lingkari, ketuk bagian tersebut
  4. Akan muncul menu. Kamu bisa memilih lingkaran atau silang sesuai kebutuhan
  5. Atur lingkaran atau silang tersebut ke posisi yang lebih sesuai
  6. Selesai

Baca Juga: Cara Mencari dan Replace Kata di Microsoft Word


Itulah panduan mengenai cara membuat lingkaran maupun silang di Word. Maupun dengan WPS untuk kamu yang ingin mengedit dokumennya melalui HP.

Kalau ada pertanyaan, jangan sungkan untuk mengirimkan pertanyaannya melalui kolom komentar. Share ke teman-teman kamu juga ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like