Cara Mengatasi Layar HP Bergaris

7 Cara Mengatasi Layar HP yang Bergaris Putih / Hitam

Layar HP merupakan salah satu komponen yang sangat sensitif. Karena kalau terjadi sesuatu, seperti terbentur, jatuh atau lainnya bisa membuat layar rusak.

Kerusakannya pun beragam. Misalnya membuat LCD pecah, mati, layar HP tidak bisa disentuh hingga bisa juga menimbulkan garis pada layar HP.

Lalu bagaimana cara mengatasi layar HP bergaris? Nah kalau kamu penasaran, berikut ini penyebab dan cara mengatasi layar HP bergaris.

Penyebab Layar HP Bergaris

Layar HP bergaris umumnya ada beberapa macam. Mulai dari garis vertikal, horizontal, warna putih, hitam bahkan ada juga yang muncul garis warna-warni.

Namun secara umum semua penyebab dan cara mengatasinya sama. Berikut ini beberapa penyebab yang membuat layar HP bergaris:

  • HP terjatuh dari jarak yang cukup tinggi
  • HP terkena atau terendam air
  • Adanya tekanan yang cukup berat pada layar HP
  • Sistem pada HP error
  • Konektor layar HP bermasalah
  • Lupa mematikan menu layar bergaris di opsi pengembang

Cara Mengatasi Layar HP yang Bergaris

Secara garis besarnya masalah layar HP bergaris ini dikaitkan dengan LCD. Maka dari itu, banyak yang berpikir mengganti LCD untuk bisa memperbaikinya kembali.

Namun nyatanya masalah layar HP bergaris ini masih bisa diatasi tanpa ganti LCD kalau kerusakannya tidak terlalu parah. Jadi kamu bisa coba beberapa cara ini dulu.

Berikut ini beberapa cara mengatasi layar HP bergaris yang bisa kamu coba:

Disarankan untuk mengecek LCD HP juga untuk mengetahui barangkali ada masalah lain selain garis pada layar

1. Matikan dan Cabut Baterai HP

Cabut Baterai HP

Cara pertama, kamu bisa pastikan dulu apakah masalahnya dari sistem atau malah di komponen HP. Salah satu cara memastikannya ialah dengan mematikan dan mencabut baterai HP.

Namun cara ini hanya berlaku kalau baterai kamu yang bisa dilepas (removable) saja. Sedangkan kalau baterai yang tidak bisa dilepas (non-removable) harus direset secara paksa.

Setelah kamu cabut baterai, diamkan dulu beberapa saat. Kemudian silahkan kamu pasang kembali dan hidupkan HP. Biasanya cara ini berfungsi kalau masalahnya dari sistem HP tersebut.

2. Memakai Aplikasi White Stripe

Kamu juga bisa mengatasi layar bergaris dengan memakai aplikasi White Stripe. Lewat aplikasi ini, garis pada layar akan bisa disamarkan sehingga membuat tampilannya normal kembali.

Berikut ini cara mengatasi layar HP bergaris dengan memakai aplikasi White Stripe:

  1. Silahkan buka Google Playstore dan install aplikasi White Stripe.
  2. Setelah terpasang, buka aplikasi White Stripe di HP yang bergaris.
Install Aplikasi White Stripe
  1. Lalu klik Bar Color, pilih warna garis yang ingin dibuat sesuai kebutuhan.
Memilih Warna Garis
  1. Kemudian atur ukurannya di kolom Bar Size.
  2. Tentukan juga letak dari garis yang ingin dipasang dengan klik menu Bar Location. Nanti ada dua opsi, meletakkan garis di bawah atau di atas.
Menyesuaikan Garis HP
  1. Garis yang sudah ditentukan akan muncul untuk menutup layar HP bergaris tersebut.
Garis Putih Muncul
  1. Selesai.

3. Nonaktifkan Opsi Pengembang

Di opsi pengembang, terdapat pengaturan penunjuk yang membuat tampilan layar jadi bergaris-garis warna warni.

Karena itu, kamu harus mengatur pengaturan ini kembali. Tapi untuk mempermudah, kamu bisa mematikan langsung opsi pengembang.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara nonaktifkan opsi pengembang:

  1. Buka Pengaturan Android.
Buka Settings di HP
  1. Gulir ke arah bawah sampai kamu menemukan menu Opsi Pengembang / Pilihan Pengembang.
Pilihan Pengembang
  1. Geser opsi Pilihan Pengembang ke arah kiri untuk mematikannya.
Nonaktifkan Opsi Pengembang
  1. Selesai.

4. Cek Socket Layar Longgar atau Tidak

Kalau kamu bisa membongkar pasang HP, coba cek kondisi socket layar, longgar atau tidak. Karena misal kalau HP pernah jatuh, bisa membuat socket ini longgar.

Kalau layar HP longgar, secara umum bisa menyebabkan muncul garis dan terkadang suka redup sendiri. Bahkan bisa semakin sering terjadi ketika kamu menekan layar HP tersebut.

Untuk mengatasinya, kamu perlu bongkar socket layarnya lebih dulu. Kemudian perbaiki dengan menambalnya seperti panduan video di atas.

5. Bersihkan Socket Layar HP

Bersihkan Komponen LCD HP

Pembersihan socket layar juga bisa dilakukan. Karena biasanya socket layar HP yang kotor bisa menyebabkan beberapa masalah.

Salah satu masalahnya adalah layar HP menjadi bergaris. Untuk membersihkan socket layar HP, kamu bisa pakai cotton bud atau kapas.

Setelah layar HP dibersihkan, silahkan kamu pasang kembali. Kalau sudah, cek apakah masih muncul garis di layar atau tidak di HP tersebut.

6. Masukkan ke Dalam Beras (Jika Terkena Air)

Rendam HP Dengan Beras Kalau Terkena Air

Ketika HP terkena air, biasanya perangkat tersebut akan mengalami konslet kalau tidak segera dimatikan.

Tampilannya pun akan bermasalah, seperti fungsi touchscreen jadi tidak berfungsi, layar HP bergerak sendiri dan layar bergaris. Maka dari itu, disarankan untuk segera keringkan HP untuk mencegah masalah ini.

Salah satu cara mengeringkannya ialah dengan memasukkan HP ke dalam beras dan tunggu selama 2 sampai 3 hari. Kalau sudah, silahkan hidupkan kembali.

7. Ganti LCD

Ganti Layar HP

Kalau semua cara di atas sudah kamu coba namun layar HP masih bergaris, berarti kerusakannya cukup berat.

Sehingga kamu perlu mengganti LCD untuk mengatasinya. Biaya ganti LCD secara umum memiliki harga yang cukup mahal, mulai dari Rp. 400.000 sampai jutaan tergantung HP-nya.

Meski kamu bisa ganti LCD sendiri, tapi saran kami coba perbaiki ke service center dulu. Supaya masalah di HP kamu bisa ditangani dengan tepat.


Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi layar HP bergaris. Di cara ini bisa kamu terapkan untuk mengatasi layar bergaris vertikal, horizontal ataupun berwarna.

Kalau masalahnya tidak terlalu berat, biasanya beberapa cara yang kami berikan di atas ini mampu mengatasi layar HP bergaris. Tapi kalau sudah rusak, ganti LCD menjadi solusi terakhir.

Kami memiliki kolom komentar, jadi jangan sungkan untuk bertanya ke kami mengenai masalah layar HP bergaris ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like