Jenis Anti Gores HP

Ini Dia 6 Jenis Anti Gores yang Bisa Kamu Pasang di HP

Penggunaan HP yang sering, apalagi kalau kamu selalu membawanya pergi keluar, entah itu sekolah, kuliah maupun bekerja setiap hari, sangat disarankan untuk memasang anti gores.

Seperti yang kita tahu, layar HP merupakan salah satu komponen yang rentan rusak. Apalagi jika saat HP terjatuh atau terbentur, maka salah satu resikonya ialah layar bisa retak hingga pecah.

Anti gores, dapat mengurangi resiko retak hingga pecah tersebut. Bahkan beberapa di antaranya sudah cukup kuat untuk mengurangi benturan, saat HP terjatuh dari ketinggian yang lumayan.

Seiring berkembangnya teknologi, sekarang cukup banyak jenis anti gores yang dapat kamu temui di marketplace. Hal ini mungkin membuat kamu bingung, apa sebenarnya maksud dari jenis-jenis anti gores tersebut.

Nah, pada pembahasan ini Uplotify.id akan menjelaskan kepada kamu, jenis-jenis anti gores untuk HP.

1. Anti Gores Hydrogel

Anti gores hydrogel, merupakan salah satu jenis anti gores yang populer digunakan, terutama untuk HP-HP keluaran baru.

Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan anti gores hydrogel memiliki banyak kelebihan. Di antaranya tidak akan pecah, bisa menahan goresan, dan tidak meninggalkan sidik jari.

Ketebalan anti gores hydrogel berkisar sekitar 100 nanometer. Cocok untuk pengguna yang layar HPnya kurang sensitif. Selain itu, jika terdapat fitur fingerprint on display, hydrogel akan membuat fungsi fitur tersebut jadi lebih baik.

2. Anti Gores Anti Radiasi

Seperti namanya, jenis anti gores ini, merupakan yang memiliki fitur anti radiasi. Seperti yang kita tahu, semakin lama kita memakai HP, umumnya mata kita akan terasa lelah dikarenakan efek radiasi.

Dengan adanya anti gores anti radiasi, akan membuat radiasi berupa blue light dari HP dikurangi, sehingga membuat mata relatif tetap nyaman, meskipun dipakai dalam jangka waktu yang relatif lama.

Anti radiasi ini sendiri merupakan fitur. Bisa tersedia di anti gores hydrogel serta anti gores jenis tempered glass.

3. Anti Gores Kaca (Tempered Glass)

Anti gores kaca, atau tempered glass, merupakan jenis yang bisa dibilang paling populer digunakan. Alasannya tidak lain, karena anti gores ini bisa melindungi layar secara maksimal.

Ketebalan tempered glass sendiri umumnya berkisar 0.3 sampai 0.5 milimeter. Terbuat dari bahan kaca khusus, yang berkali-kali lebih kuat dari kaca biasa, serta tidak membahayakan jika pecah.

Tempered glass juga tersedia untuk berbagai jenis HP saat ini. Kamu juga bisa memasang tempered glass maupun melepas tempered glass sendiri dengan mudah.

4. Anti Gores Matte

Istilah “matte” di sini sebenarnya merupakan lapisan. Lapisan ini merupakan fitur, untuk membuat layar HP kamu menjadi anti glare serta mengurangi pantulan sinar matahari saat kamu di luar ruangan.

Kelebihan dari lapisan ini, ialah terdapat fitur dimana sidik jari tidak akan tertinggal di layar HP. Sehingga layar tetap bersih, meskipun kamu pakai dalam jangka waktu yang lama.

5. Anti Gores Anti Minyak

Jenis Anti Gores Anti Minyak

Sama seperti anti radiasi, anti minyak merupakan fitur yang terdapat pada tempered glass. Baik itu hydrogel maupun tempered glass.

Ketika tangan kamu berminyak, kamu tidak perlu khawatir layar HP menjadi kotor. Umumnya, anti minyak ini juga tidak akan memberikan bekas sidik jari ketika kamu menyentuh-nyentuh layar.

6. Anti Gores Plastik

Terakhir ada anti gores plastik. Anti gores ini merupakan jenis yang sejak dulu sudah ada. Dibuat untuk kamu yang ingin memakai anti gores dengan harga murah.

Meskipun secara perlindungan tidak semaksimal tempered glass maupun hydrogel, anti gores plastik tetap bisa mengurangi resiko goresan yang terjadi pada layar.

Umumnya anti gores plastik tidak memiliki fitur apapun. Jadi masih mungkin meninggalkan bekas, seperti sidik jari, minyak dan lainnya ketika dipakai.

Berapa Harga Anti Gores?

Anti gores memiliki kisaran harga yang berbeda-beda tergantung dari HP yang kamu pakai. Contoh untuk penulis sendiri, menggunakan HP Poco X3, anti goresnya sekitar 30 ribu.

Sedangkan untuk tablet, yaitu Mi Pad 5, harga anti gores (tempered glass) berkisar sekitar 50 sampai 60 ribu.

Berlaku juga untuk fitur-fitur yang ada pada anti goresnya. Semisal anti gores yang ingin kamu beli punya fitur lengkap, contoh ada anti radiasi, anti minyak, terdapat lapisan matte dan lain sebagainya, maka harganya tentu akan lebih mahal.

Namun sedikit tips jika kamu ingin membeli anti gores, kamu cukup perhatikan apa fiturnya, merknya, serta jenisnya. Pastikan anti gores tersebut memang didesain untuk layar HP kamu. Supaya cocok.


Demikian pembahasan mengenai jenis anti gores yang dapat kamu temui. Entah itu di toko HP, di marketplace, toko online dan lain-lain sebagainya.

Jika kamu sedang ingin membeli anti gores tapi bingung dengan jenis-jenisnya, diharapkan artikel ini dapat membantu.

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu. Berikan juga komentar apabila kamu ada pertanyaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like