Cara Login WhatsApp Dengan Nomor Hilang atau Mati

Cara Login WhatsApp Nomor Hangus atau Hilang

Ketika pertama kali memakai WhatsApp, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor HP yang dipakai sebagai proses pendaftaran.

Sehingga kalau kamu ingin login ke WA kembali, harus pakai nomor tersebut untuk mendapatkan kode verifikasi.

Nah tapi kalau ada masalah tertentu, apakah kita bisa login WhatsApp tanpa nomor tersebut? Entah masalahnya seperti nomor sudah hangus, hilang dan sejenisnya.

Nah bagi kamu yang bingung, berikut ini Uplotify akan jelaskan cara login WhatsApp dengan nomor yang sudah hangus atau hilang.

Bisakah Kamu Login WhatsApp Dengan Nomor Tidak Aktif?

Login WhatsApp dengan nomor tidak aktif sebenarnya tidak bisa kamu lakukan. Karena untuk login WhatsApp, kamu memerlukan nomor tersebut untuk mendapatkan kode verifikasi.

Sedangkan kalau nomor sudah tidak aktif, seperti hangus atau hilang maka kode verifikasi untuk login WhatsApp tidak bisa kamu dapatkan.

Kecuali kalau kamu mengurus kartu kembali ke pihak provider. Sehingga nantinya kamu bisa mendapatkan kartu baru dengan nomor lama dan bisa memverifikasi proses login di WhatsApp.

Solusi untuk Login WhatsApp Dengan Nomor Tidak Aktif / Hangus

Seperti yang disebut barusan, untuk login WhatsApp dengan nomor tidak aktif, hangus atau hilang, kamu harus mengurus kartu tersebut agar bisa dipakai lagi di provider.

Untuk yang lainnya, berikut solusi-solusi untuk login WhatsApp memakai nomor yang sudah hilang, hangus atau tidak aktif:

  • Mengaktifkan kartu kembali kalau sudah tidak aktif ke pihak provider
  • Menghubungi bantuan WhatsApp melalui halaman resminya.
  • Mengunci nomor dan mengaktifkannya kembali lewat provider kalau kartu hilang

1. Aktifkan Kembali Kartu

Mengaktifkan Kembali Kartu SIM Tidak Aktif

Kalau nomor kamu sudah tidak aktif, disarankan untuk segera mengurus kembali ke pihak provider. Lebih baiknya lagi kamu langsung mendatangi gerai operator dan membawa beberapa syarat yang diperlukan.

Kalau tidak tahu letak gerainya, kamu bisa coba untuk membuka Google Maps. Kemudian cari gerai terdekat dari operator yang kamu pakai.

Berikut ini proses untuk aktifkan kembali kartu yang sudah tidak aktif:

  1. Siapkan lebih dulu data pribadi / KTP, catatan nomor lama dan uang secukupnya untuk berjaga-jaga jika diperlukan.
  2. Kemudian cari dan pergi ke gerai operator terdekat.
  3. Lalu konsultasikan ke Customer Service kalau berniat untuk mengaktifkan kembali kartu yang sudah tidak aktif.
  4. Berikan nomor lama yang sudah dicatat dan data pribadi / KTP.
  5. Customer Service akan mengecek lebih dulu, apakah nomor lama tersebut sudah didaur ulang oleh pihak operator atau belum.
  6. Kalau belum, Customer Service akan mengkonfirmasi permintaan.
  7. Tunggu sampai proses pembuatan kartu baru selesai.

Oh iya penting kamu ketahui, kalau kartu yang sudah lama tidak aktif maka bisa didaur ulang oleh operator untuk diaktifkan dan dijual kembali.

Kalau kartu tersebut sudah dibeli oleh orang lain, maka hak kartu akan berpindah ke orang lain tersebut.

2. Menghubungi Pihak WhatsApp

Kemudian kamu juga bisa menghubungi pihak WhatsApp dan jelaskan kalau nomor lama sudah tidak aktif. Lalu kamu perlu bantuan pihak WhatsApp untuk bisa mendapatkan kode verifikasi tersebut.

Cara menghubungi pihak WhatsApp secara umum ada 2, yaitu melalui aplikasi langsung seperti video di atas dan lewat halaman resminya.

Untuk menghubungi pihak WhatsApp melalui halaman resmi, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Silahkan buka browser dan akses halaman resmi WhatsApp.
  2. Kemudian isi informasi yang diperlukan, seperti Nomor Telepon WhatsApp yang hilang, email dan jenis perangkat yang dipakai.
Lengkapi Data Diri
  1. Lalu isikan juga pesan berupa permintaan untuk memverifikasi nomor telepon WhatsApp tersebut supaya bisa login kembali.
Kirim Pesan ke Pihak WhatsApp
  1. Terakhir, kamu bisa klik Kirim Pertanyaan.

Sedikit catatan cara ini tidak selalu berhasil. Terlebih lagi pesan bantuan yang masuk ke pihak WhatsApp setiap harinya pasti sangat banyak, sehingga disarankan pakai cara ini sebagai langkah alternatif saja.

Artikel WhatsApp lainnya yang mungkin kamu butuh:

3. Jika Nomor HP Kamu Hilang

Mengunci Nomor dan Mengaktifkannya Kembali

Kalau nomor HP kamu hilang, kamu bisa mengurus ke gerai operator supaya nomor lama ini bisa segera dikunci.

Untuk syarat yang diperlukan biasanya hanya memerlukan data identitas diri seperti KTP. Lalu disarankan untuk segera mengurus kartu baru dengan nomor lama tersebut di operator.

Langkah-langkahnya, kurang lebih sama seperti mengaktifkan kembali kartu yang tidak aktif. Hanya saja di sini kamu perlu mengunci nomor tersebut lebih dulu.

Catatan: Cara ini juga disarankan oleh pihak WhatsApp. Di halaman tersebut disebutkan kalau kamu bisa memblokir kartu yang hilang dan mengaktifkannya kembali supaya bisa login ke WA lagi.

Hal Lain Terkait yang Perlu Kamu Ketahui

Ada beberapa hal penting untuk kamu ketahui ketika mengalami masalah ini. Entah itu hal yang berkaitan dengan cara untuk bisa login ke WhatsApp lagi ataupun pasca berhasil masuk ke akun WA.

Untuk lebih jelasnya, silahkan cek hal lain terkait yang perlu kamu ketahui tentang login WhatsApp di kartu yang tidak aktif atau hilang berikut ini:

1. Kamu Tidak Bisa Mengakali Dengan Aplikasi Tertentu

Mungkin kamu pernah melihat informasi yang memberikan cara login WhatsApp dengan nomor tidak aktif memakai aplikasi tertentu, misalnya Textnow.

Sebenarnya cara ini tidak bisa mengakali masalah tersebut. Alasannya karena WhatsApp sendiri menegaskan ke penggunanya untuk mengisi kode verifikasi supaya bisa login.

Sedangkan kalau kamu tidak bisa mengisi kode verifikasi, maka tidak akan bisa login. Namun kamu bisa meminta bantuan WhatsApp atau mengaktifkan kembali nomor tersebut.

2. Data Chat Kamu Hilang Saat Login Dengan Kartu Baru

Kalau kamu berhasil login kembali dengan kartu baru yang sudah diaktifkan lagi, maka semua data chat sebelumnya akan hilang.

Kecuali kalau kamu memiliki file backup chat di WhatsApp, maka data chat kamu bisa dikembalikan.

3. Panggilan Darurat Tidak Akan Membantu

Sama seperti memakai aplikasi, mungkin kamu pernah juga melihat trik login WA memakai panggilan darurat.

Nah panggilan darurat juga tidak bisa mengatasi masalah ini. Karena kode verifikasi WA terkirim bukan dalam bentuk emergency.


Itulah pembahasan mengenai cara login WhatsApp dengan nomor yang sudah hangus atau hilang. Dari pembahasan ini, kami bisa simpulkan kalau kamu tidak bisa login ke WhatsApp kalau nomor tersebut tidak aktif.

Namun untuk bisa login, kamu harus meminta bantuan pihak WhatsApp atau mengurus untuk mendapatkan kartu baru dengan nomor lama melalui operator.

Silahkan tanyakan ke kami kalau kamu memiliki pertanyaan terkait di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like