Cara Mengatasi LOS Merah IndiHome

6 Cara Mengatasi Modem IndiHome LOS Merah agar Konek Lagi

Selain masalah lampu indikator PON merah, di modem IndiHome juga ada masalah lainnya yang dapat terjadi. Salah satunya seperti modem LOS merah di lampu indikator-nya.

Masalah lampu LOS merah ini bisa menyebabkan gangguan internet dari modem IndiHome kamu yang jadi tidak bisa terkoneksi. Sehingga harus segera diperbaiki.

Nah untuk kamu yang memakai modem IndiHome, mungkin belum tahu penyebab dan cara mengatasi modem LOS Merah, kami akan jelaskan solusi selengkapnya di sini.

Catatan:

Kalau kamu belum tahu apa itu lampu LOS di IndiHome, lampu ini berfungsi sebagai indikator apakah modem terhubung ke pusat internet IndiHome atau tidak. Merah berarti ada gangguan atau masalah, hijau berarti normal.

Penyebab IndiHome LOS Merah

Contoh Modem LOS Merah

Secara garis besar, lampu LOS merah di modem IndiHome bisa di sebabkan oleh beberapa hal. Berikut penyebab IndiHome LOS Merah:

1. Kabel Terputus

Penyebab modem LOS merah pertama adalah karena kabel-nya ada yang bermasalah. Entah itu rusak, putus atau pemasangannya tidak benar.

Kabel yang kami maksud bisa jadi kabel yang ada di modem atau yang terkoneksi ke tiang provider IndiHome (kabel optik).

2. Maintenance

Kemudian bisa juga disebabkan karena provider IndiHome sedang memberlakukan maintenance.

Selama proses maintenance ini, biasanya kecepatan internet dari modem IndiHome kamu akan berkurang secara drastis. Bahkan bisa jadi terputus ke jaringan internet.

3. Masalah Pada Modem

Penyebab lainnya adalah adanya masalah pada modem IndiHome yang kamu pakai. Penyebab paling umum terjadi di modem seperti adanya error.

Biasanya akan benar kembali ketika kamu melakukan restart modem.

4. Redaman Kabel Tinggi

Penyebab terakhir bisa juga disebabkan karena redaman kabel yang tinggi.

Redaman merupakan proses berkurangnya daya hantar sinyal yang akan masuk melalui kabel fiber optik. Kalau nilai redaman semakin tinggi, kualitas data-nya akan menurun.

Cara Mengatasi IndiHome LOS Merah

Seperti yang sudah kami jelaskan, kalau masalah LOS merah di modem IndiHome ini harus segera diatasi.

Karena kalau tidak diatasi, maka kamu tidak akan bisa terhubung ke internet seperti biasa. Umumnya kalau di HP akan muncul pesan “no internet.”

Berikut cara-cara mengatasi IndiHome LOS merah:

1. Cek Redaman Kabel

Cek Redaman Kabel IndiHome

Pertama, kamu harus cek redaman kabel terlebih dulu. Untuk mengeceknya, kamu bisa memakai alat Optical Power Meter.

Tapi kalau tidak punya, kamu juga bisa lihat nilai redaman dengan masuk ke halaman login Admin IndiHome. Lalu pilih tab Status dan klik Optical Information.

Nilai redaman di modem kamu akan muncul di kolom RX Optical Power. Kalau nilai redaman kamu sebesar -27 ke atas, kamu bisa segera lapor ke Call Center IndiHome untuk diperbaiki.

Catatan: Nilai redaman yang baik adalah 15 sampai -26 saja.

2. Restart Modem

Coba Restart Modem IndiHome

Kalau redaman kamu memiliki nilai yang normal, selanjutnya coba lakukan restart modem. Karena bisa saja modem IndiHome kamu sedang error, sehingga butuh di-refresh.

Salah satu cara untuk melakukan refresh adalah dengan mematikan modem selama beberapa menit. Lalu nyalakan kembali dan coba cek apakah masih LOS merah atau tidak.

Lebih jelasnya seperti ini:

  1. Tekan tombol power IndiHome
  2. Tunggu sampai lampu-lampu pada modem mati
  3. Cabut colokan listrik modem
  4. Tunggu beberapa menit
  5. Nyalakan modem kembali

Mau lebih lengkap, kamu bisa cek juga cara restart modem IndiHome

3. Lepas Kabel Patch Cord

Lepas Kabel Patch Cord Modem

Kemudian kamu bisa lepas kabel patch cord yang terpasang di modem IndiHome. Untuk yang belum tahu, kabel patch cord ini berwarna kuning dan kepalanya memiliki warna biru.

Kabel ini berfungsi sebagai salah satu pengaturan rute koneksi dari perangkat modem. Dan setiap modem IndiHome pasti ada kabelnya.

Selain melepas pasang kabel cord, pastikan juga kabel ini tidak bermasalah atau mengalami kerusakan.

4. Cek Kabel Optik (Jangan Tertekuk)

Cek Kabel Optik (Jangan Tertekuk)

Kabel optik adalah kabel yang menghubungkan modem ke pusat internet IndiHome. Tepatnya ke ODP di tiang IndiHome.

Di sini kamu juga harus cek kabel optik yang terpasang di IndiHome. Alasannya kalau tertekuk, biasanya juga akan membuat lampu LOS menjadi warna merah.

Untuk solusi masalah seperti ini, kamu bisa lepas dulu kabel optik. Kemudian cari posisi yang tepat supaya kabel optik yang nantinya dipasangkan tidak tertekuk kembali.

5. Cek Pemasangan Kabel Optik

Cek Pemasangan Kabel Optik

Setelah memastikan kabel optik tidak rusak atau tertekuk, kamu bisa cek pemasangannya apakah sudah benar apa belum.

Kalau pemasangannya tidak benar, hal ini bisa membuat modem menjadi LOS. Kabel optik longgar sendiri cukup sering terjadi.

Penyebabnya kebanyakan karena pengguna memindahkan posisi modem dengan cara yang tidak benar.

6. Laporkan Gangguan

Laporkan Gangguan IndiHome

Cara alternatif untuk kamu yang masih belum bisa mengatasi masalah lampu LOS merah di modem IndiHome ialah dengan lapor gangguan ke Telkom.

Nanti kamu tinggal menunggu saja sampai pihak Telkom memperbaiki koneksi kamu. Biasanya teknisi akan mencari dulu penyebab masalahnya.

Kalau ada kabel terputus, maka yang diperbaiki adalah jalur kabelnya. Tapi kalau dari modem, nanti perangkat modem kamu akan diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

Untuk cara menghubungi pihak Telkom paling cepat (dan direkomendasikan), ialah melalui Call Center, sales atau mendatangi kantornya langsung.

Dan lama datangnya teknisi akan tergantung dari daerah kamu. Umumnya 1 hari teknisi sudah bisa datang, tapi kalau ada jadwal perbaikan di tempat lain, mungkin bisa sampai 3 hari.


Kesimpulannya, modem LOS merah ini bisa mengakibatkan jaringan internet jadi tidak stabil. Penyebabnya bisa jadi karena gangguan sampai adanya kerusakan.

Kalau ada yang masih kamu tidak pahami tentang LOS merah di modem IndiHome, langsung tanyakan ke kami lewat kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like