IndiHome PON Merah Berkedip

5 Cara Mengatasi PON Merah / Berkedip Pada Modem IndiHome

Di modem IndiHome terdapat lampu-lampu indikator. Salah satu lampu indikator IndiHome yang akan kami bahas di sini adalah PON.

Biasanya lampu indikator PON ini ada 2 macam warna, yaitu kuning (atau hijau) dan merah. Kalau kuning / hijau, tandanya koneksi modem kamu sedang lancar. Sedangkan kalau merah berlaku sebaliknya.

Untuk kamu yang baru memakai modem IndiHome, tentunya akan bingung fungsi dari PON ini. Oleh karena itu, kami akan jelaskan arti modem PON merah dan cara mengatasinya.

Apa itu Lampu PON?

Pengertian Lampu PON Merah

PON (Passive Optical Network) adalah sebuah indikator yang berfungsi untuk memantau koneksi dari server dan modem.

Kalau lampu indikator PON berwarna kuning atau hijau, tandanya koneksi modemnya tidak bermasalah, dan masih bisa terhubung ke server.

Sedangkan kalau lampu indikator berwarna merah, tandanya server dan modem kamu tidak terkoneksi dengan baik (tanda internet sedang gangguan).

Gangguan ini berlaku juga kalau lampu indikator PON di modem kamu berwarna hijau / kuning, namun kedip-kedip.

Penyebab Lampu PON Kedap Kedip

Masalah lampu PON berwarna merah maupun hijau berkedip-kedip, umumnya disebabkan karena masalah pada modem maupun kabel, seperti:

  • Kabel optik modem bermasalah atau rusak. Misalnya tertarik, terlipat, putus dan lain-lain sebagainya.
  • Kabel optik modem tidak terpasang dengan benar. Terutama kalau kamu pernah melepasnya.
  • Adanya gangguan di jalur WiFi, baik itu gangguan dari jalur daerah kamu sendiri maupun gangguan massal.

Untuk pengecekan, kamu bisa melakukan test speed IndiHome. Jika tidak merespon, maka kemungkinan internet yang dipakai sedang gangguan.

Cara Mengatasi IndiHome PON Kedip Merah

Cara mengatasi lampu modem PON berwarna merah atau kedap kedip tergantung dari penyebabnya. Kamu bisa langsung ikuti saja solusi-solusi berikut ini:

1. Matikan dan Nyalakan Modem

Pertama, kamu bisa coba matikan dan nyalakan modem terlebih dulu. Atau istilah lainnya melakukan restart modem.

Caranya, silahkan matikan modem lalu diamkan selama beberapa saat (sekitar 2 sampai 5 menit). Kamu bisa juga melepas kabel power modemnya. Setelah itu, coba nyalakan kembali modem kamu.

Sebelum koneksi benar-benar aktif, biasanya modem butuh waktu sekitar 5 sampai 10 detik terlebih dulu. Nah nantinya kamu bisa cek, apakah PON-nya masih berwarna merah / kedip ataukah sudah normal.

Baca Juga: Cara Restart Modem IndiHome Dengan Benar

2. Lepas Pasang Kabel Optik Modem

Lepaskan Kabel Optik IndiHome

PON merah maupun berkedip, bisa disebabkan karena kabel optik yang bermasalah atau pemasangannya tidak tepat.

Kabel optik ini terhubung dari modem ke pusat jaringan dari IndiHome. Mungkin saja kabel ini tidak sengaja tertekuk, terlilit maupun mungkin pernah kamu lepas tapi pemasangan kembalinya tidak benar.

Untuk cara mengatasinya, tentu kamu harus mengecek kabelnya. Pastikan dalam kondisi baik kabelnya, serta pemasangannya benar.

3. Tunggu Beberapa Waktu

Tunggu Gangguan Selesai

Gangguan IndiHome terkadang dapat terjadi. Gangguan ini dibagi menjadi 2, yaitu gangguan dari daerah kamu sendiri maupun gangguan massal.

Ada beberapa ciri modem IndiHome sedang gangguan. Contohnya ping tinggi / packet loss (koneksi tapi tetap jalan), modem IndiHome LOS Merah (koneksi mati) hingga modem PON merah maupun berkedip.

Nah namun terkadang gangguan-gangguan tersebut tidak selalu berjalan lama. Biasanya juga gangguan tersebut bisa normal kembali seiring waktu. Jadi kamu bisa coba menunggu.

4. Reset Modem

Coba Reset Modem

Masalah pada modem IndiHome dapat terjadi tanpa kamu ketahui. Kesalahannya ini umumnya berasal dari sistem (bukan dari komponen, asalkan memang modemnya tidak sering terkena listrik padam tiba-tiba maupun terkena petir).

Salah satu masalah yang berasal dari modem error adalah LOS merah. Untuk itu, di sini kamu harus memperbaiki juga modemnya. Salah satunya dengan melakukan reset modem.

Cara reset modem IndiHome sendiri berbeda-beda. Tergantung dari tipe modem IndiHome yang kamu pakai.

Namun umumnya kamu hanya perlu menekan tombol Reset yang biasanya ada di bagian samping atau belakang modem. Atau bisa juga melalui halaman Admin IndiHome.

5. Hubungi Teknisi IndiHome

Lapor ke IndiHome

Kalau semua cara sudah kamu coba tapi tetap tidak bisa, lebih baik kamu langsung saja hubungi teknisi IndiHome.

Apalagi kalau gangguan PON merah / kedipnya terjadi dalam waktu yang lama, dan sedang tidak dalam gangguan massal (hanya daerah kamu sendiri).

Untuk menghubungi teknisi IndiHome, kamu hanya perlu menelepon ke nomor 147. Lalu jelaskan ke operator masalah yang sedang kamu alami.

Nanti kamu akan diminta ID pelanggan dan diminta menunggu sampai teknisi IndiHome datang. Tergantung antrian, kalau sedang cepat, dalam beberapa jam teknisi IndiHome akan langsung datang ke tempat kamu, dan memperbaiki masalahnya.


Kesimpulannya, lampu modem PON merah maupun kuning atau hijau berkedip, adalah sebuah masalah dimana modem tidak bisa terhubung ke server IndiHome dengan benar.

Saat masalah ini terjadi, umumnya kamu akan mendapati koneksi internet yang dipakai tidak bisa terhubung dengan benar.

Sekian pembahasan modem PON merah dari kami. Kalau ada yang ingin kamu tanyakan, bisa langsung kirim ke kolom komentar yang ada di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like