Cara Masuk BIOS Lenovo

Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo (Lengkap Dengan Gambar)

BIOS atau singkatan dari Basic Input Output System adalah firmware yang secara otomatis sudah terpasang di semua laptop. Firmware ini berfungsi sebagai pengaturan awal dari semua sistem di perangkat tersebut.

Karena sebagai pengaturan awal, tentunya kamu harus tahu cara masuk BIOS laptop. Karena dengan tahu masuk BIOS, kamu bisa mengkonfigurasi laptop lebih mendalam, contohnya mengaktifkan fitur VT.

Nah bagi kamu yang belum tahu cara masuk BIOS laptop merk Lenovo tenang saja. Karena kami akan jelaskan caranya dengan lengkap di sini.

Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo

Untuk tutorial di sini kami memakai laptop Lenovo G40. Untuk pengguna laptop Lenovo lainnya kurang lebih tidak jauh beda. Nanti tinggal sesuaikan saja. Silahkan ikuti langsung langkah-langkahnya:

1. Tekan Tombol Power

Pertama kamu bisa nyalakan laptop terlebih dulu dengan menekan tombol Power. Tunggu beberapa saat sampai muncul logo Lenovo di laptop tersebut.

Tahan Tombol Power Laptop

2. Menekan Tombol Fungsi Keyboard

Saat logo laptop Lenovo sudah muncul, silahkan tekan dua tombol fungsi khusus untuk masuk BIOS. Tombol yang kami pakai di sini adalah Fn + F2.

Tahan Tombol FN+F2

Silahkan kamu tekan secara bersamaan kedua tombol tersebut. Kalau gagal, kamu bisa menekan kombinasi tombol lainnya, seperti FN + F1, F1 atau F2.

3. Masuk ke BIOS Setup

Misalkan berhasil, maka akan muncul Novo Button Menu di layar kamu. Di sana terdapat beberapa opsi yang bisa kamu pilih.

Klik BIOS Setup

Untuk masuk ke BIOS, silahkan pilih BIOS Setup. Kamu bisa mengarahkannya dengan memakai tombol UP dan Down di keyboard. Lalu klik Enter untuk mengaktifkan BIOS Setup.

Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai proses masuk BIOS berhasil.

4. Cek BIOS

Maka sekarang kamu sudah berhasil masuk ke BIOS. Di sini, kamu bisa mengkonfigurasi beberapa pengaturan yang tidak terdapat di program sistem operasi laptop. Contohnya seperti mengaktifkan VT.

Masuk BIOS Lenovo Berhasil

Selain itu, tahu cara masuk BIOS juga sangat bermanfaat untuk bisa mengatasi masalah di laptop. Salah satu masalah yang sering terjadi ialah laptop masuk BIOS terus menerus.

Cara Alternatif Masuk BIOS Lenovo

Salah satu keunggulan Lenovo adalah memiliki tombol khusus (One Key) untuk masuk BIOS. Letak tombol tersebut biasanya ada di bagian kiri dekat dengan konektor charge.

Tahan Tombol One Key Lenovo

Salah satu seri yang memiliki tombol tersebut ialah laptop yang kami pakai, yaitu laptop Lenovo G40-70. Namun biasanya seri lain, seperti Lenovo Thinkpad juga mempunyainya.

Kalau kamu menekan tombol tersebut, secara otomatis akan masuk ke Novo Button Menu. Sehingga menurut kami cara ini lebih praktis untuk kamu yang tidak tahu kombinasi tombol yang tepat untuk masuk BIOS.

Selain BIOS, tombol ini berlaku juga untuk UEFI

Tombol BIOS Lenovo

Di laptop Lenovo ada beberapa seri yang punya cara / tombol masuk BIOS berbeda. Contohnya masuk BIOS seri Thinkpad berbeda dengan Ideapad dan lainnya.

Berikut ini daftar tombol BIOS Lenovo berdasarkan seri-nya:

Seri LenovoTombol Masuk BIOS
Lenovo G SeriesFN + F2
Lenovo ThinkpadFN + F1
Lenovo IdeapadF1 atau F2
Lenovo Seri LainnyaShift + Power

Daftar Menu yang Ada di BIOS Lenovo

Saat kamu berhasil masuk ke BIOS, maka kamu akan melihat beberapa menu di dalamnya. Setiap menu di BIOS punya fungsinya masing-masing.

Berikut beberapa menu yang ada di BIOS:

  • Information Menu
  • Configuration Menu
  • Security Menu
  • Boot Menu
  • Exit Menu

Penjelasan masing-masing menu, bisa kamu lihat di bawah ini:

1. Information Menu

Menu BIOS Information

Pada tab Information Menu ini kamu bisa mengetahui beberapa informasi yang terdapat di laptop Lenovo. Baik itu tipe laptop yang dipakai atau komponen terpasang di dalamnya.

Seperti versi BIOS yang dipakai, kecepatan Processor, kapasitas memory, kecepatan memory dan tipe laptop Lenovo tersebut.

2. Configuration Menu

Menu BIOS Configuration

Configuration Menu ini dapat mengatur serta mengetahui beberapa fungsi sistem yang terdapat pada laptop Lenovo.

Kamu dapat mengatur tanggal serta waktu yang sesuai dengan standar. Selain itu, kamu bisa mengatur beberapa fungsi sistem lainnya.

Seperti USB Legacy, Wireless, SATA Controller Mode, Graphic Device, Power Beep, mengaktifkan Virtualization di BIOS, BIOS Back Flash dan HotKey Mode.

3. Security Menu

Menu BIOS Security

Tab selanjutnya adalah Security Menu. Menu ini dapat mengatur keamanan sistem pada laptop, contohnya seperti mengatur sandi perangkat.

Kamu dapat memberikan password yang sesuai dengan keinginan agar dapat mengamankan sistem pada laptop Lenovo tersebut.

4. Boot Menu

Menu BIOS Boot

Tab Boot Menu ini bisa dipakai untuk mengatur proses ketika laptop dinyalakan. Saat sedang menyalakan laptop tentunya sistem akan mengalami yang namanya booting.

Booting ini adalah proses dalam menyalakan laptop dari awal hingga mengambil alih sistem operasi dengan penuh pada perangkat laptop.

Pada tab menu terdapat Boot Priority yang bisa dilakukan untuk menampilkan beberapa pilihan device yang telah terhubung dengan laptop.

5. Exit Menu

Menu BIOS Exit

Tab menu terakhir adalah Exit Menu. Ada beberapa sub-menu yang terdapat pada tab Exit Menu ini, seperti berikut:

  • Exit Saving Changes: Sub-menu ini bisa kamu pakai untuk keluar dari sistem serta menyimpan konfigurasi pada CMOS.
  • Exit Discarding Changes: Sub-menu ini bisa dipakai untuk kamu yang akan keluar dari sistem tetapi dengan tidak menyimpan konfigurasi pada CMOS.
  • Discard Changer: Sub-menu tersebut untuk mengubah atau mengisi menu yang sebelumnya dari CMOS pada semua setup item.
  • Save Changes: Sub-menu ini untuk menyimpan data di CMOS atau kamu dapat menekan tombol F10 pada keyboard.

Nah itulah cara masuk BIOS laptop Lenovo yang bisa kamu terapkan. Kalau tidak bisa pakai tombol, coba kamu akses BIOS lewat tombol One Key yang ada di bagian kiri laptop.

Kalau ada yang ingin ditanyakan seputar masuk BIOS Lenovo, boleh kirim pertanyaan kamu ke kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like