Cara Melakukan Aktivasi Windows 7

Cara Aktivasi Windows 7 (Semua Versi) Secara Permanen

Meskipun sudah ada versi-versi Windows selanjutnya, yaitu Windows 8, Windows 10, Windows 11 dan lainnya, tidak membuat Windows 7 ditinggalkan begitu saja.

Versi Windows ini masih banyak dipakai. Terutama untuk mereka yang menggunakan komputer atau laptop dengan spesifikasi yang relatif rendah.

Nah bagi para pengguna Windows 7, agar sistem bisa digunakan secara full, kita harus melakukan aktivasi terlebih dulu.

Berikut ini Uplotify akan menjelaskan cara aktivasi Windows 7.

Perbedaan Windows 7 Nonaktif dan Aktif

Beda Windows Aktif dan Nonaktif

Sebelumnya kita perlu tahu, apa saja perbedaan antara Windows 7 yang sudah aktif, dan yang masih nonaktif.

Yang paling mencolok, ialah tampilan desktop akan berubah menjadi hitam (black screen), dengan pesan “This copy of Windows is not genuine” di bagian kanan bawah. Tampilan tersebut tidak bisa diubah dengan wallpaper lain, maupun pesannya juga tidak bisa dihilangkan.

Selain itu, fitur-fitur yang ada menjadi terkunci. Kamu juga tidak bisa melakukan update ke build Windows 7 terbaru, maupun ke service pack 1.

Persiapan Sebelum Update

1. Aktifkan Koneksi Internet

Yang pertama silahkan kamu aktifkan koneksi internet. Bisa dari WiFi, ethernet (LAN), maupun tethering hotspot. Pastikan koneksinya stabil.

Untuk mengecek koneksinya kamu bisa melakukan ping, atau tes browsing terlebih dahulu selama beberapa waktu.

2. Siapkan Lisensi

Selanjutnya kita harus mempersiapkan lisensi asli dari Windows 7. Di sini kita tidak menggunakan activator maupun loader. Alasannya ada dua.

Pertama menggunakan aplikasi activator maupun loader, sama dengan menggunakan Windows tidak resmi. Sehingga kamu tidak akan bisa melakukan update maupun melakukan upgrade ke versi selanjutnya.

Kedua, aplikasi activator maupun loader pengalaman kami terkadang ada virusnya. Baik itu trojan, malware hingga ransomware yang tentunya berbahaya untuk data.

Solusinya kamu bisa menggunakan lisensi resmi berjenis OEM yang banyak dijual di marketplace. Untuk kebutuhan harian sudah cukup, harganya juga murah (20 ribuan).

Cara Aktivasi Windows 7

Langkah-langkah aktivasi Windows 7 yang dijelaskan di sini, bisa dilakukan di versi Windows 7 apapun. Profesional, Ultimate, Starter, Home dan lain-lain. Proses aktivasi bisa dilakukan di safe mode Windows 7 maupun mode biasa.

1. Buka Properties Computer

Buka Properties Computer

Pertama silahkan kamu klik Start di taksbar bagian kiri bawah. Kemudian kamu akan melihat menu Computer. Klik kanan Computer kemudian pilih Properties.

2. Pilih Activate Windows

Menu Activate Windows 7

Setelah halaman Computer terbuka, cek bagian bawah pada kolom Windows Activation. Klik opsi Activate Windows Now nanti akan muncul jendela baru. Klik lagi opsi Activate Windows Online Now.

3. Masukkan Lisensi

Masukkan Lisensi Windows 7

Silahkan cek lisensi Windows 7 yang sudah kamu simpan sebelumnya. Lisensi ini terdiri dari 25 karakter angka dan huruf acak. Kamu ketik lisensinya di kolom yang tersedia, kemudian klik Next. Ingat jangan sampai typo.

4. Tunggu Proses Aktivasi

Tunggu Proses Aktivasi Windows 7

Terakhir kamu tinggal tunggu proses aktivasinya. Windows nanti secara otomatis akan mengaktifkan sistem berdasarkan lisensi yang kamu masukkan sebelumnya.

Kalau internet yang kamu pakai lancar, biasanya prosesnya tidak lama. Sedangkan ciri Windows 7 berhasil diaktivasi, ialah pesan Activate Windows tadi terganti menjadi Windows is Activated.

Kelebihan Menggunakan Windows 7 Versi Full

Ini sebagai keterangan tambahan yang sempat dibahas di awal tadi. Berikut kelebihan yang bisa kamu dapat dengan menggunakan Windows 7 versi full.

1. Fitur Windows Tidak Terkunci

Pertama semua fitur yang ada di Windows yang tadinya terkunci akan menjadi aktif semua.

Terutama pada pengaturan wallpaper. Kamu bisa mengubah tampilan Windows 7 yang hitam menjadi normal kembali.

2. Windows Jadi Hak Milik Kamu

Ketika kamu belum melakukan aktivasi, Windows masih jadi hak milik Microsoft. Hal-hal yang bisa kamu lakukan jadi dibatasi.

Sedangkan setelah diaktivasi, Windows 7 akan menjadi milik kamu. Kamu bebas melakukan apapun pada sistem sesuai keinginan.

3. Gratis Upgrade ke Versi Windows Selanjutnya

Selesai diaktivasi, Windows bisa kamu update. Kamu juga bisa menambahkan / install SP1 di Windows 7 kalau dibutuhkan.

Selain itu, kalau kamu bosan menggunakan Windows 7, Microsoft juga menyediakan opsi free upgrade ke versi Windows selanjutnya, dengan lisensi yang sama yang sudah kamu masukkan.


Itulah penjelasan kami mengenai cara aktivasi Windows 7. Hasil aktivasi di sini tentunya permanen, serial atau kode akan selalu aktif.

Kecuali kamu ingin melakukan install ulang, atau restore Windows 7 ke waktu sebelum aktivasi, maka kode aktivasi harus dimasukkan lagi dengan cara yang sama.

Kalau kamu punya pertanyaan mengenai topik ini, jangan sungkan untuk menuliskannya melalui kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Harga Service Laptop
Baca Selanjutnya

Biaya Servis Laptop

Laptop adalah perangkat yang cenderung sulit diperbaiki sendiri, terutama jika kerusakannya berasal dari komponen. Karena itu, jika ada…