Mengenal Istilah di WhatsApp

21 Istilah WhatsApp yang Paling Sering Dipakai (2021)

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting yang banyak dipakai sekarang ini. Penggunanya juga tanpa batasan umur, entah itu orang tua sampai anak muda.

Nah biasanya anak muda yang memakai WhatsApp sering menyebutkan beberapa istilah. Salah satunya seperti PM dan CC yang mungkin kurang kita mengerti.

Selain dua istilah di atas, ada banyak lagi yang lainnya. Maka dari itulah Uplotify akan menjelaskan beberapa istilah WhatsApp untuk kamu di artikel ini.

Daftar Istilah WhatsApp yang Sering Dipakai

Dari beberapa istilah ini, mungkin ada yang sudah kamu ketahui. Namun untuk melengkapi, kamu bisa lihat penjelasan dari daftar istilah WhatsApp yang sering dipakai berikut ini:

1. Arti PM di WA

Istilah PM WhatsApp

PM atau akronim dari Private Message merupakan sebuah istilah yang bermaksud untuk menghubungi kontak. Istilah ini sering dipakai di kondisi formal dan non-formal.

Dalam kondisi formal, pada umumnya istilah ini lebih sering dipakai ketika kamu ingin melakukan transaksi jual beli di suatu grup WhatsApp.

Misalnya karena informasi kurang lengkap di grup, biasanya si Admin akan membalas pesan dengan istilah PM. Sehingga bagi orang yang ingin tanya lebih lanjut, bisa langsung chat pribadi ke Admin.

2. Arti GC di WA

Istilah GC WhatsApp

Kemudian ada istilah GC yang artinya Group Chat. Maksud dari istilah ini ialah untuk memberitahukan ke kamu kalau harus lihat pesan di grup.

Sederhananya istilah ini sama seperti PM yang bisa dipakai dalam keadaan apapun. Contohnya di kondisi formal dalam grup transaksi jual beli.

Kalau ada produk terbaru, biasanya Admin akan mengirim pesan langsung ke kamu dengan istilah GC. Tandanya si Admin ingin menawarkan beberapa produk terbarunya yang mungkin kamu tertarik.

3. Arti Back di WA

Istilah Back WhatsApp

Back di WA artinya adalah kembali. Maksudnya ialah menandakan kalau kamu harus melihat pesan sebelumnya yang sudah dikirimkan orang tersebut.

Namun selain itu, istilah Back ini juga bisa diartikan ke beberapa hal. Misalnya untuk mengirim ulang pesan (Send Back) atau menelpon kembali (Call Back).

“Back” juga biasa disingkat menjadi “bck.”

4. Arti Gabut di WA

Istilah Gabut WhatsApp

Arti istilah gabut di WA adalah untuk menandakan kalau seseorang yang mengirim pesan sedang mempunyai mood kurang baik. Entah itu karena tidak ada kegiatan atau hal tertentu.

Selain itu gabut di kondisi formal memiliki arti berbeda, yaitu Gaji Buta. Tandanya orang yang bekerja di suatu perusahaan tidak memiliki performa baik namun tetap menerima gaji optimal.

5. Arti CC di WA

Istilah CC WhatsApp

Sama seperti istilah email, CC di WhatsApp juga merupakan akronim dari Carbon Copy. Maksudnya CC di WA adalah menyuruh kamu untuk mengirim atau meneruskan suatu pesan ke orang lain.

Misalnya ketika kamu mendapat pesan yang sekiranya menarik dan teman kamu melihat, biasanya dia akan memintanya juga dengan mengirim istilah CC.

Nah nantinya kamu harus meneruskan pesan tersebut ke teman kamu. Biasanya akan ada tanda Diteruskan di pesan tersebut nantinya.

6. Arti Mager di WA

Istilah Mager WhatsApp

Ada juga istilah Mager atau kependekan dari Males Gerak. Sesuai dengan namanya, istilah mager ini adalah untuk menolak ajakan dari orang lain untuk beraktivitas.

Secara garis besar istilah ini hanya dipakai untuk kondisi tidak formal, misalnya ke teman kamu. Contohnya ketika teman kamu mengajak jalan, tapi kondisi kamu lagi malas.

Maka bisa balas dengan pesan “mager” ke teman yang sudah mengajak kamu.

7. Arti MC di WA

Istilah MC WhatsApp

Arti MC di WA adalah Multi Chat. Maksudnya Multi Chat disini adalah sebuah fitur yang memungkinkan kamu bisa mengirim pesan ke banyak orang sekaligus.

Adanya fitur ini membuat kamu tidak perlu membuat grup untuk mengirim pesan yang sama. Karena kamu tinggal aktifkan fitur Siaran Baru lalu pilih kontak yang ingin dikirimkan pesan.

Terkadang fitur ini juga sering disebut dengan istilah BC atau Broadcast.

Di kondisi tertentu MC bisa juga jadi “Make Chat” atau buat pesan grup

8. Arti Kirkon di WA

Istilah Kirkon WhatsApp

Kirkon di WA artinya adalah Kirim Kontak. Maksudnya istilah ini dipakai ketika kamu ingin menanyakan kontak orang lain dari teman, keluarga atau lainnya.

Karena merupakan singkatan yang dianggap tidak formal, sebaiknya pakai istilah ini ke kerabat atau saudara sebaya saja.

9. Arti VN di WA

Istilah VN WhatsApp

VN adalah akronim dari Voice Note atau catatan suara. Secara umum, VN ini sering dipakai ketika kamu diminta untuk mengirim pesan suara ataupun sebaliknya.

Nah untuk mengirim VN, kamu tinggal tekan dan tahan icon mic di pesan teks saja. Setelah itu, silahkan berbicara sesuai keinginan.

Nantinya pesan yang terkirim akan berupa audio dari pesan suara tersebut, bukan teks.

10. Arti WB di WA

Istilah WB WhatsApp

WB atau akronim dari Welcome Back. Maksudnya istilah ini ialah untuk menyambut seseorang yang sebelumnya sudah bergabung tapi keluar lalu masuk kembali ke grup tersebut.

Istilah WB ini bisa kamu pakai secara formal atau tidak formal, tergantung kondisinya.

11. Arti Available di WA

Istilah Available WhatsApp

Istilah WhatsApp selanjutnya adalah Available. Biasanya istilah ini sering dipakai untuk status kontak yang memiliki arti kalau kontak tersebut sedang tersedia untuk dichat atau telepon.

Selain itu, status available ini juga bisa menandakan kalau kontak tersebut masih aktif.

12. Arti Skip di WA

Istilah Skip WhatsApp

Dalam bahasa Inggris, Skip ini memiliki arti lewati. Sedangkan di WA, umumnya istilah skip ini dipakai untuk menolak ajakan dari teman.

Misalnya ketika teman mengajak kamu untuk pergi ke suatu tempat. Namun karena di waktu tersebut kamu sedang sibuk, maka bisa menolaknya dengan istilah skip.

13. Arti TG di WA

Istilah TG WhatsApp

TG di WA artinya adalah Tag atau tandai seseorang. Pada umumnya, istilah ini lebih sering dipakai dalam suatu obrolan di grup.

Misalnya ketika membahas sesuatu, kemudian teman kamu tidak muncul. Maka teman lainnya terkadang suka mengirim istilah TG.

Sehingga kamu bisa Tag teman yang tidak muncul tersebut. Setelah di Tag, biasanya orang tersebut akan mendapatkan notifikasi untuk segera membuka grup.

14. Arti TC di WA

Istilah TC WhatsApp

Arti TC di WhatsApp adalah Test Contact. Secara garis besar, istilah ini sering dipakai oleh seseorang ketika ingin membersihkan nomor yang sudah tidak aktif.

Kalau masih aktif, nantinya kontak tersebut akan membalas pesan kamu atau muncul tanda ceklis dua walaupun tidak dibalas.

Sedangkan kalau tidak aktif, biasanya hanya muncul notifikasi ceklis satu dan umumnya foto profil kontak tersebut akan kembali ke default.

15. Arti VC di WA

Istilah VC WhatsApp

VC artinya Video Call merupakan sebuah istilah yang menandakan kalau orang tersebut ingin mengajak kamu untuk menelpon tatap muka.

Namun terkadang banyak juga orang yang mengartikan VC sebagai Voice Call. Sehingga menandakan kalau orang tersebut hanya ingin mengajak kamu untuk menelpon via suara saja.

16. Arti Ping di WA

Istilah PING WhatsApp

P atau Ping digunakan untuk mengetes kontak apakah sedang online atau tidak. Juga dipakai untuk melihat tanda pesan di WhatsApp, apakah centang satu atau dua.

Sebenarnya istilah ini sudah lama dipakai sejak jaman aplikasi BBM. Namun sampai saat ini, istilah PING juga masih terpakai di aplikasi chatting lainnya, termasuk WhatsApp.

Sebaiknya hindari memakai istilah PING di kondisi formal karena di nilai kurang sopan.

Tambahan: Kamu bisa mematikan kode online di WhatsApp kalau ingin tidak diketahui sedang on atau tidak.

17. Arti ADD di WA

Istilah ADD WhatsApp

Kemudian ADD di WA memiliki arti tambahkan. Misalkan kamu bertemu teman baru, kemudian dia bicara ADD tandanya orang tersebut ingin meminta kontak kamu.

Nah setelah dapat kontak kamu, nantinya teman tersebut akan mengirim pesan. Supaya kamu juga tahu nomornya.

18. Arti CP di WA

Istilah CP WhatsApp

CP atau Contact Person adalah istilah yang biasanya sering dipakai dalam keadaan formal. Biasanya lebih sering ke acara tertentu, misalnya informasi seminar, workshop dan lainnya.

Maksud dari istilah ini ialah untuk memungkinkan kamu bisa menghubungi kontak panitia acara tersebut kalau ada informasi yang kurang dimengerti.

19. Arti OTP di WA

Istilah OTP WhatsApp

Arti OTP di WA adalah On The Phone yang berarti menandakan kalau kamu sedang dalam kondisi menelpon seseorang.

Misalnya ketika ada pesan masuk penting, namun kamu sudah lebih dulu menelpon seseorang maka bisa balas pesannya dengan istilah OTP.

Nantinya orang yang mengirim pesan tahu, kalau kamu memerlukan sedikit waktu atau sampai aktivitas menelpon selesai baru meresponnya.

Tambahan: OTP juga bisa berarti kode sekali pakai. Misalnya kamu ingin login WA, maka kamu butuh kode OTP.

Baca Juga: Cara Login WhatsApp Dengan Nomor yang Hilang

20. Arti Butkon di WA

Istilah ButKon WhatsApp

Butkon di WA artinya adalah Butuh Kontak. Sesuai dengan artinya, istilah butkon ini menandakan kalau orang yang mengirim pesan tersebut sedang menanyakan kontak tertentu ke kamu.

Maka dari itu, kamu bisa langsung mengirim kontak yang diinginkannya. Sebenarnya istilah ini mirip seperti kirkon, hanya beda penyebutan saja.

21. Arti Pop Up di WA

Istilah Pop Up WhatsApp

Arti Pop Up di WA adalah sebuah pesan yang muncul di perangkat kamu sebagai notifikasi. Misalnya ketika kamu sedang tidak membuka WA, lalu ada yang mengirim chat maka akan muncul Pop Up tersebut.

Sebenarnya Pop Up di WA ini termasuk salah satu fitur yang memungkinkan kamu bisa membalas pesan dengan lebih mudah tanpa harus membuka aplikasi.


Nah itulah beberapa daftar istilah WhatsApp yang bisa kamu ketahui. Sebaiknya sesuaikan istilah WhatsApp di atas berdasarkan kondisi.

Misal untuk berkomunikasi formal pakai istilah apa, begitu juga sebaliknya. Jangan lupa untuk kirim pertanyaan kalau ada yang kurang kamu pahami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like