Cara Menambah Font Photoshop

Cara Menambah Font (Baru) di Photoshop Tanpa Ribet

Photoshop memiliki beragam font yang bisa kamu pakai untuk membuat desain. Misalnya font jenis serif, handwritten, script, monospace dan lainnya.

Namun kalau kamu bosan memakai font yang ada ketika membuat tulisan di Photoshop, kamu bisa menambahkannya sendiri dengan mengunduhnya lewat beberapa situs.

Nah kalau kamu ingin tahu cara menambahkan font di Photoshop dan situs-situs yang menyediakannya, bisa perhatikan pembahasan di bawah ini.

Cara Menambahkan Font Baru di Photoshop

Menambah font baru di Photoshop bisa dibilang sangat mudah. Karena kamu hanya perlu mengunduh fontnya, lalu di-install di PC atau laptop yang dipakai. Nantinya secara otomatis font tersebut akan muncul di Photoshop.

Berikut cara menambah font baru di Photoshop:

1. Menyiapkan Font

Siapkan File Font yang Ingin Didownload

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah menyiapkan font yang akan dipasang terlebih dulu.

Kamu bisa pergi ke salah satu situs penyedia font, lalu cari jenis font yang sesuai keinginan. Kalau sudah, kamu bisa download untuk mendapatkan font tersebut. Untuk situsnya, nanti akan kami jelaskan.

2. Ekstrak File Font

Extract File Font yang Ingin Digunakan

Setelah mendapatkan jenis font yang sesuai, kamu bisa ekstrak terlebih dulu file fontnya.

Ekstrak file font seperti biasa, dengan cara klik kanan dan pilih menu Extract Files. Nantinya file font akan muncul bersama folder baru sesuai dengan nama font-nya.

3. Install Font

Install Font yang Ingin Digunakan

Kalau file font sudah di-ekstrak, kamu bisa mulai memasang font.

Caranya kamu hanya perlu klik kanan pada file font dengan format TTF (TrueTypefontFile). Kemudian silahkan pilih menu Install untuk mulai melakukan pemasangan font.

4. Cek Font di Photoshop

Hasil Font yang Sudah Diinstall

Terakhir, silahkan kamu buka Photoshop untuk mengecek apakah font yang sudah di-install ada di Photoshop atau tidak.

Silahkan buat lembar kerja baru dulu dan aktifkan ruler Photoshop kalau butuh. Kemudian pilih Horizontal Type Tool, kamu cek pada Ribbon Bar dan lihat pada Font Style.

Pada gambar di atas, font yang kami install (Bubble Shine) sudah ada di Photoshop.

Cara Install Banyak Font Sekaligus di Photoshop

Kalau cara sebelumnya hanya bisa dipakai untuk menginstall satu font saja, di cara ini sebaliknya. Karena kamu juga bisa menginstall banyak font sekaligus di Photoshop.

Cara ini dapat kamu lakukan kalau sedang mencari beberapa inspirasi font untuk kebutuhan desain. Sehingga kamu tidak perlu install font satu per satu.

Untuk cara install banyak font sekaligus di Photoshop, bisa kamu lihat langkah-langkahnya berikut ini:

1. Siapkan Beberapa Font

Siapkan Beberapa Font Photoshop

Pertama yang kamu butuhkan adalah mempersiapkan beberapa jenis font sesuai keinginan.

Silahkan kunjungi situs penyedia font, lalu cari beberapa jenis font untuk di-download. Kalau pada satu situs masih kurang, kamu bisa kunjungi situs lainnya.

2. Ekstrak Semua File Font

Extract File yang Ingin DIinstall

Setelah mempersiapkan beberapa jenis font, selanjutnya kamu perlu mengekstrak semua file-nya ke dalam satu folder.

Untuk caranya, kamu bisa seleksi semua file dengan Ctrl + A > klik kanan > pilih Extract Files. Lalu buat folder baru dengan klik New Folder sebagai tempat untuk meletakkan file-file font-nya.

3. Install Semua Font

Seleksi File Fon Lalu Install

Kalau sudah di-ekstrak, selanjutnya kamu hanya perlu menginstallnya sekaligus. Caranya hampir sama dengan tutorial sebelumnya, kamu bisa tekan Ctrl + A untuk menyeleksi semua file > klik kanan > pilih Install.

Tunggu sampai proses instalasi selesai. Lamanya proses ini tergantung jumlah dan ukuran font yang ingin kamu pasang.

Note: Kalau muncul notifikasi yang memiliki arti file lisensi.txt tidak bisa terinstall, kamu klik close saja. Nantinya proses instalasi font akan berjalan kembali.

4. Pastikan Font Muncul di Photoshop

Contoh Font yang Ditambah di Photoshop

Terakhir, kamu hanya perlu memastikan kalau semua font tadi sudah berhasil terpasang. Untuk caranya, kamu hanya perlu buka Photoshop.

Lalu buat lembar kerja baru dan aktifkan Horizontal Type Tool. Nah kamu tinggal lihat pada Ribbon Bar dan klik Font Style.

Kamu bisa cari jenis font yang sudah terinstall melalui kolom pencarian font.

Rekomendasi Situs Penyedia Font Photoshop Gratis

Sebelumnya kami menjelaskan kalau untuk mendapatkan font bisa mengunduhnya lewat beberapa situs.

Nah menurut kami, ada 4 situs penyedia font Photoshop gratis yang direkomendasikan karena menyediakan banyak jenis font. Berikut situs-situsnya:

Rekomendasi Situs Penyedia Font Photoshop Gratis

1. Dafont

Dafont adalah salah satu website yang menyediakan lebih dari 50.000+ pilihan jenis font. Sehingga bisa dikatakan sangat lengkap.

Uniknya dari situs ini, kamu bisa menemukan font style dengan menggunakan fitur themes, misalkan Games, Valentine, Halloweendan yang lainnya.

2. FontSquirrel

Situs download font menarik selanjutnya adalah Font Squirrel. Situs ini menawarkan banyak jenis font gratis yang bisa kamu download.

Keunikan dari situs ini ialah dilengkapi dengan fitur Find Fonts yang berfungsi untuk mencari jenis font berdasarkan kategori. Misalnya seperti kategori, Comics, Script, Sans Serif dan lainnya.

3. MyFonts

Kemudian ada juga situs MyFonts. Sekilas, situs ini sama seperti dua sebelumnya, hanya saja MyFonts memiliki banyak font premium.

Di MyFonts kamu bisa memilih font-font yang jarang dipakai. Dan karena premium, maka kamu bisa mencari juga font yang sekiranya cocok dengan project desain kamu.

4. Google Fonts

Terakhir kamu mengunduh font melalui situs Google Fonts. Pada situs ini, kamu bisa mendownload lebih dari 900 font secara gratis.

Keunikan dari situs Google Fonts ialah dilengkapi fitur Pairings. Fungsi fitur ini bisa kamu pakai untuk menemukan perpaduan font yang cocok untuk desain tertentu.


Sekian pembahasan singkat dari kami mengenai cara menambahkan font di Photoshop. Mulai dari cara menambahkan satu per satu hingga sekaligus.

Font baru ini bisa kamu masukkan ke desain yang dibuat di lembar kerja. Misalnya di tabel Photoshop, shape tertentu dan lain-lain.

Kalau kamu memiliki pertanyaan seputar cara menambah font di Photoshop, kamu bisa langsung kirim pertanyaan tersebut ke kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like