Cara Mengecek VGA Laptop atau PC

Cara Cek VGA Laptop

Setiap VGA di laptop atau PC punya tipe tersendiri. Kamu bisa cek VGA tersebut, untuk mengetahui spesifikasinya. Misal seperti memori, bit, kecepatan dan masih banyak lagi.

Mengecek VGA laptop atau PC ini bisa bermanfaat untuk berbagai kebutuhan. Sederhananya ketika kamu ingin main suatu game, kamu bisa ketahui apakah VGA yang digunakan kuat atau tidak.

Nah untuk caranya ada beberapa, dan informasi yang ditampilkan dari VGAnya juga beragam. Mulai dari yang sederhana sampai informasi yang super detail.

Berikut ini Uplotify akan menjelaskan panduannya.

Cara Mengecek VGA Laptop atau PC

Kamu bisa memakai aplikasi bawaan Windows maupun aplikasi pihak ketiga. Silahkan pilih saja cara yang kamu suka. Nanti akan dijelaskan juga perbedaan tiap caranya.

1. Menggunakan DXDIAG

DXDIAG adalah aplikasi yang sangat populer digunakan untuk mengetahui informasi sebuah laptop atau PC. Di aplikasi ini kamu bisa mengecek RAM, processor, nama komputer dan lain-lain termasuk VGA.

Informasi yang ditampilkan seputar VGA di DXDIAG ada dua. Yaitu tipe VGA serta memorinya.

Berikut cara cek VGA laptop atau PC dengan DXDIAG:

  1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka Run.
  2. Kemudian ketik DXDIAG dan klik OK.
  1. Setelah jendela DXDIAG terbuka, silahkan klik tab Display
  1. Maka di sana akan tertera informasi VGA PC atau laptop yang kamu pakai

Yang perlu kamu perhatikan ada beberapa bagian. Yaitu Name yang berarti nama VGA. Kemudian Manufacturer yang berarti merk VGA. Display Memory (VRAM) yang berarti memori VGA. Untuk informasi lainnya opsional saja.

2. Menggunakan System Information

System Information. Fitur ini kurang lebih mirip seperti DXDIAG. Bedanya informasi yang ditampilkan lebih detail dan lebih advanced. Seperti untuk mengecek versi Windows hingga mengecek informasi hardware.

Khusus untuk VGA, System Information lebih cenderung menampilkan informasi dari segi software. Karena itu, fitur ini lebih banyak dipakai untuk mengecek tipe VGA saja.

Berikut cara mengecek tipe VGA PC atau laptop dengan fitur System Information:

  1. Di kolom pencarian Windows, kamu ketik System Information. Kemudian buka
System-Information-WindowsSystem-Information-di-Windows
  1. Selanjutnya kamu buka menu Components lalu klik opsi Display
  1. Cek di halaman bagian kanan. Pada kolom Name di sana terdapat informasi tipe VGA

3. Menggunakan Speccy

Buat yang belum tahu, Speccy adalah aplikasi yang bisa dipakai untuk mengetahui spesifikasi sebuah laptop atau PC. Dimulai dari sistem, kita bisa cek bit laptop, versi Windows, dan lain-lain.

Kemudian di komponen, kita bisa cek processor, RAM, penyimpanan (SSD / Hardisk), VGA dan lain-lain.

Untuk VGA, di Speccy kamu bisa mengetahui tipe serta memori VGA-nya, beserta beberapa informasi lain. Berikut cara pakainya:

  1. Install terlebih dahulu aplikasi Speccy dari situs resminya. Kemudian buka kalau sudah.
Buka-Speccy-di-Windows
  1. Kalau sudah, kamu klik menu Graphics.
  2. Di menu Graphics tersebut, maka kamu bisa melihat informasi dari VGA.
Contoh-VGA-Speccy

4. Menggunakan GPU-Z

Terakhir ada GPU-Z. Dibandingkan cara-cara sebelumnya, bisa dibilang GPU-Z adalah aplikasi yang paling lengkap dalam menampilkan informasi VGA.

Di aplikasi yang ukurannya kecil ini, kamu bisa mengetahui data seperti kecepatan GPU, ukuran memori, tipe memori, merk, jenis dan masih banyak lagi. Termasuk yang advanced seperti shaders dan arsitektur VGAnya.

Cara ceknya, silahkan kamu install aplikasi GPU-Z di PC atau laptop yang kamu pakai. Kemudian kalau sudah, buka aplikasinya. Maka di halaman GPU-Z tersebut akan tampil semua informasi yang berkaitan dengan VGA.

Keterangan Spek Pada VGA

Ini lebih ke informasi tambahan saja. Mengenai spek-spek yang ditampilkan aplikasi atau fitur Windows, seperti yang kamu lihat di poin-poin sebelumnya. Di antaranya:

1. Nama VGA

Pertama ada nama VGA. Kamu bisa cek apakah itu Intel, NVIDIA atau AMD. Kalau ada nama lain yang ditampilkan, berarti itu tipe VGAnya. Misal AMD RX-560, NVIDIA GTX 1660 dan lain-lain.

2. Memori VGA (VRAM)

VGA memiliki memori yang disebut sebagai VRAM. VGA ini berukuran ratusan MB hingga puluhan GB. VRAM ini merupakan memori asli dari VGA,

3. Kecepatan VGA

VGA punya kecepatan. Kalau kamu pakai GPU-Z, kamu bisa mengeceknya di kolom GPU Clock atau kecepatan GPU dan memory clock atau kecepatan memori. Semakin tinggi akan semakin bagus.

4. Resolution

Menandakan resolusi aktif yang sedang dipakai VGA sekarang. Contohnya kami memakai resolusi 1920×1080 (Full HD). Semakin tinggi resolusi, kualitas gambarnya akan semakin tajam.

5. Shared Memory

Shared Memory ini adalah hasil kalkulasi VRAM + memori tambahan yang diberikan RAM atau memori virtual. Fungsinya tidak lain yaitu untuk menambah performa VGA.


Itulah penjelasan mengenai cara cek VGA laptop atau PC. Semua informasi VGA yang dijelaskan pada panduan ini sudah 100% akurat. Jadi kamu tidak perlu khawatir.

Kemudian untuk keterangan spek VGA yang dijelaskan tadi, hanyalah yang penting-penting saja. Kalau kamu punya pertanyaan khusus, jangan ragu untuk mengirimkan pertanyaan tersebut ke komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like