Cara Mematikan Kode Online WA

Cara Mematikan Kode Online dan Last Seen di WhatsApp

WhatsApp memiliki banyak fitur di dalamnya. Salah satunya memiliki fitur untuk mengatur status online serta status Terakhir Dilihat / Last Seen.

Bagi sebagian orang, kode online dan Last Seen ini cukup mengganggu. Sehingga mereka memilih untuk mematikan fitur tersebut dengan tujuan menjaga privasi.

Nah kalau kamu termasuk salah satu orang tersebut, tapi belum tahu bagaimana cara mematikan kode online serta Last Seen di WhatsApp jangan khawatir.

Karena Uplotify akan menjelaskannya dengan lengkap di sini.

Cara Mematikan Terakhir Dilihat di Status WhatsApp

Yang pertama mematikan status Last Seen / Terakhir dilihat. Sedikit penjelasan, kalau kamu memakai cara ini di status, nantinya orang lain tidak bisa melihat kapan terakhir kamu aktif.

Kecuali kalau kondisi kamu online saat sedang dilihat oleh orang tersebut, maka status online akan muncul. Karena yang dimatikan hanya fitur Last Seen saja.

Langsung saja, berikut caranya:

1. Buka Menu Setelan WhatsApp

Buka Setelan WhatsApp

Pertama silahkan kamu buka aplikasi WhatsApp terlebih dulu. Kemudian klik icon titik 3 di bagian kanan atas. Nantinya akan muncul beberapa menu, kamu bisa klik Setelan.

2. Pilih Pengaturan Akun

Klik Pengaturan Akun

Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman pengaturan WhatsApp. Di sini, klik menu Akun untuk bisa melanjutkan proses.

3. Buka Menu Privasi

Ketuk Menu Privasi

Ada beberapa menu pengaturan akun yang bisa kamu pilih. untuk bisa mematikan fitur Last Seen, kamu harus pilih menu Privasi.

4. Matikan Last Seen dan Laporan Dibaca

Non-Aktifkan Last Seen dan Read Receipts

Setelah sampai di pengaturan privasi, lanjut klik menu Terakhir Dilihat atau Last Seen. Lalu ubah opsinya menjadi Tidak Ada.

Tambahan, kalau kamu ingin mematikan Laporan Dibaca silahkan geser ke kiri pada kolom tersebut.

Nantinya orang lain yang mengirim pesan ke kamu tidak akan mendapat notifikasi centang dua biru ketika kamu membacanya.

Ciri Status WhatsApp Online dan Tidak Online

Contoh Status Online dan Tidak WhatsApp

Sebagai gambaran atau ciri status WhatsApp online dan tidak online, kamu bisa melihat contoh di atas.

Di contoh ini ada 3 gambar, yaitu tanda ketika kamu sedang online WhatsApp, saat tidak aktif namun fitur Last Seen aktif dan ketika fitur Last Seen dimatikan.

Kesimpulannya kalau kamu mematikan fitur Last Seen seperti cara yang sudah dijelaskan, maka orang lain tidak tahu kapan terakhir kamu aktif.

Baca juga artikel WhatsApp menarik lainnya:

Cara Mematikan Kode Online di Chat WhatsApp

Jika kamu ingin mematikan kode online di WhatsApp, kamu bisa memakai aplikasi Hidden Chat for WhatsApp.

Dengan aplikasi ini, selain mematikan kode online, status pesan dibaca juga akan dimatikan. Berikut caranya:

1. Install Aplikasi Hidden Chat for WhatsApp


Install Aplikasi Hidden Chat for WhatsApp

Pertama silahkan kamu install dulu aplikasi Hidden Chat for WhatsApp melalui Google Playstore. Kemudian tunggu sampai proses pemasangan aplikasi selesai.

2. Setujui Perizinan Aplikasi

Allow Access Aplikasi Hidden Chat

Kalau sudah, kamu bisa buka aplikasi Hidden Chat for WhatsApp. Lalu berikan izin dengan klik Allow Access di Media Files dan Notification Reader.

Dengan menyetujui perizinan ini, nantinya secara otomatis WhatsApp kamu akan langsung terintegrasi ke aplikasi Hidden Chat.

3. Coba Kirim Pesan

Lihat Pesan Lewat Hidden Chat

Selanjutnya coba kirim pesan ke nomor WhatsApp yang sudah terhubung dengan aplikasi Hidden Chat tersebut.

Setelah mengirim pesan, maka kamu akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi Hidden Chat. Nantinya pesan yang dikirim akan masuk juga ke aplikasi tersebut.

Kalau kamu ingin membalas, silahkan klik tombol Reply From WhatsApp.

Catatan: Di sini kami mencoba mengirim pesan melalui aplikasi WhatsApp Business ke akun WhatsApp pribadi.

4. Cek Status Pesan dan Kode Online

Cek Status Online dan Tanda Pesan

Terakhir, kamu bisa coba buka kembali akun WhatsApp yang mengirim pesan tadi. Meskipun pesan sudah kita baca, tidak ada notifikasi centang dua biru atau tanda pesan sudah dibaca.

Selain itu, status kode online juga tidak terlihat di bawah profil akun WhatsApp tersebut. Dimana sebelumnya, status online muncul ketika kita sedang aktif atau memakai aplikasi WhatsApp.

Ciri Pesan Dibaca dan Tidak

Contoh Tanda Pesan di WhatsApp

Khusus untuk bisa melihat ciri pesan dibaca dan tidak. Secara garis besar, pesan dibaca memiliki tanda centang dua biru.

Sedangkan kalau pesan tidak dibaca memiliki tanda centang dua berwarna abu-abu. Namun tanda centang dua abu ini tidak selalu menandakan kalau pesan belum dibaca.

Karena kalau penerima pesan tidak mengaktifkan fitur Read Receipts, maka pengirim tidak akan tahu apakan pesan yang dikirim sudah dibaca atau belum.

Lebih lengkapnya, kamu bisa coba baca arti tanda centang di WhatsApp.


Itulah pembahasan singkat mengenai cara mematikan kode online di WhatsApp. Cara mematikannya ada dua yang bisa kamu pilih sendiri, entah dari pengaturan WhatsApp maupun lewat aplikasi tambahan.

Kalau ada yang ingin kamu tanyakan seputar pembahasan kali ini, langsung saja kirim melalui kolom komentar. Jangan lupa juga di share kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like