Apa itu Data Roaming

Apa itu Data Roaming? Pentingkah Diaktifkan? Ini Jawabannya

Pernahkah kamu menemui istilah data roaming? Mungkin kamu pernah mendengarnya, setidaknya 1 atau 2 kali. Karena hampir semua pengguna kartu operator akan mendapatkan penawaran layanan ini.

Bukan hanya itu saja, layanan roaming juga sudah beberapa kali diiklankan promosinya di TV nasional. Di internet pun demikian.

Lantas, apa itu sebenarnya data roaming? Haruskah kita mengaktifkan data roaming dan penting atau tidak? Berikut kamu akan diberikan jawabannya.

Apa itu Data Roaming?

Roaming data, adalah kondisi ketika HP yang kamu pakai dapat menggunakan internet pada cakupan jaringan di luar wilayah yang tidak dijangkau oleh provider.

Misalnya kamu pergi ke luar negeri, dan kamu masih memakai provider Indonesia, saat data roaming diaktifkan, maka layanan operator masih dapat dipakai dengan menggunakan jaringan pada salah satu operator di negara tersebut.

Jika kamu sering bepergian ke luar negeri, maka kamu akan terbantu dengan adanya layanan data roaming. Contoh lainnya kamu pergi ke Amerika, yang mana tidak terdapat cakupan jaringan operator Indonesia.

Kamu mengaktifkan data roaming, maka kamu tetap bisa memakai internet, SMS maupun panggilan telepon di sana.

Data roaming ini bekerja sebagai proxy agar jaringan HP dapat tetap terhubung. Namun perlu kamu ingat, biaya dari data roaming ini cukup tinggi. Untuk itu kamu perlu cek biaya layanannya sudah sesuai atau belum.

Apakah Roaming Data Harus Diaktifkan?

Wajibkah Mengaktifkan Data Roaming HP

Bagi sebagian orang, data roaming mungkin relatif cukup penting. Apalagi jika mereka ingin fleksibilitas saat menggunakan layanan jaringan operator di luar negeri.

Namun data roaming ini sifatnya tetap opsional. Mengapa? Karena jika kamu ke luar negeri namun menetap di suatu tempat, kamu bisa memanfaatkan jaringan WiFi. Sehingga kamu tetap bisa terhubung ke internet di sana.

Cara Menggunakan Roaming Data

Untuk menggunakan data roaming, kamu bisa cek layanan operatornya. Misalnya dengan membuka kode dial tertentu, membuka aplikasi operator (seperti MyTelkomsel, Axisnet, MyXL dan lainnya), atau menghubungi CS.

Mengapa? Karena jika kamu tidak mengaktifkan layanan, biaya data roaming ini akan sangat mahal. Kemudian kamu juga harus mengaktifkan pengaturan data roamingnya di HP.

Cara Mengaktifkan Roaming Data di HP Android:

  1. Buka pengaturan HP kamu
  2. Kemudian buka menu Kartu SIM
  3. Cari pengaturan Roaming Data di sana
  4. Kemudian aktifkan opsi tersebut

Cara Mengaktifkan Roaming Data di iOS:

  1. Buka pengaturan iOS di iPhone kamu
  2. Kemudian masuk ke menu Data Seluler
  3. Cari pengaturan Roaming Data di sana
  4. Kemudian silahkan kamu aktifkan opsinya

Kenapa Paket Roaming Data Mahal?

Biaya data roaming di setiap operator berbeda-beda. Namun rata-rata harganya cukup mahal.

Hal ini bukan tanpa alasan. Karena operator nasional menggunakan jaringan yang bukan mereka punya saat kita ke luar negeri, kita secara tidak langsung harus membeli layanan jaringan di negara tersebut.

Terkadang data roaming juga bisa berbeda tarifnya di setiap negara yang dikunjungi. Tergantung dari kebijakan masing-masing operatornya.

Salah satu tips mendapatkan paket data roaming dengan harga murah, ialah dengan memanfaatkan promo.

Bahkan CS sendiri kadang akan menelepon kamu untuk menawarkan promo data roaming tersebut. Misalnya dari nomor 188 untuk CS Telkomsel, 817 untuk XL dan lainnya.

Tips Menghemat Data Roaming

Tips Hemat Data Roaming HP

Karena layanannya yang cukup mahal, kamu disarankan untuk menghemat layanan data roaming ini semaksimal mungkin. Beberapa tips berikut dapat kamu ikuti:

1. Gunakan WiFi

Pertama silahkan kamu gunakan jaringan WiFi selain roaming data. Seperti yang kita tahu, jaringan WiFi saat ini sudah mudah ditemui di banyak tempat, termasuk di luar negeri.

Kamu bisa mengakses internet dengan menggunakan WiFi tersebut. Meskipun memang tidak bisa selalu karena WiFi hanya ada di tempat yang tersedia saja.

2. Nonaktifkan Update HP

Update pada sistem HP secara bawaan umumnya dalam posisi aktif. Disarankan agar kamu menonaktifkan saja pengaturan update tersebut.

Hal ini ditujukan agar update tidak tiba-tiba berjalan, yang dapat menambah biaya data roaming secara signifikan.

Kamu dapat buka pengaturan HP kemudian cari menu Update atau Pembaruan di sana. Kemudian cari dan nonaktifkan opsi update otomatis.

3. Bataskan Penggunaan Data

Pada HP Android maupun iPhone saat ini, terdapat pengaturan dimana kamu dapat mengaktifkan opsi pembatasan data.

Pembatasan data ini berfungsi untuk membuat HP secara otomatis dapat menghemat penggunaan internet. Sehingga secara langsung akan mengurangi biaya data roaming juga.

Caranya kamu bisa cari di pengaturan, Mode Hemat Data kemudian silahkan langsung aktifkan.

4. Kurangi Streaming

Jika kamu hobi streaming misalnya menonton video di Youtube, TikTok dan lain-lain sebagainya, dan roaming data kamu sedang aktif layanannya, lebih baik kamu kurangi aktivitas streaming tersebut.

Alasannya karena streaming memang akan membuat penggunaan internet naik secara signifikan. Hingga puluhan persen.

5. Kurangi Penggunaan Internet

Terakhir kamu dapat mengurangi penggunaan internet. Gunakan internet di kondisi-kondisi yang kamu perlukan saja. Misalnya untuk chatting, menelepon via aplikasi, dan lain-lain sebagainya.

Kurangi aktivitas browsing seperti searching, membuka sosial media yang notabene banyak gambar dan videonya dan lain-lain sejenisnya.

Baca juga: Mengenal Internet Lokal dan Bedanya Dengan Kuota Biasa


Demikian itulah penjelasan mengenai roaming data pada operator. Jika kamu pernah mendengar layanan ini sebelumnya dan kamu belum mengetahui lebih lanjut, diharapkan penjelasan ini dapat membantu kamu.

Jika kamu memiliki pertanyaan, silahkan kamu tinggalkan pada kolom komentar yang tersedia di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like