Greater Jakarta Adalah

Apa itu Greater Jakarta? Aman atau Tidak Diangkat? Ini Penjelasannya

Tentu kamu pernah ditelepon oleh nomor tidak dikenal, yang tidak kamu simpan dalam daftar kontak HP kamu.

Nomor tidak dikenal tersebut, bisa dalam bentuk nomor biasa, bisa dalam bentuk nomor pendek (seperti penjelasan apa itu nomor 188 yang pernah dibahas), nomor privat serta yang salah satu paling sering ialah greater Jakarta.

Nah jika kamu pernah ditelepon oleh greater Jakarta, tentunya mungkin bisa membuat kamu khawatir. Dikarenakan ketika kamu ditelepon greater Jakarta, kamu tidak tahu siapa pemanggilnya.

Lantas apa itu greater Jakarta? Amankah kalau kita angkat? Dan amankah juga kalau tidak kita angkat? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Greater Jakarta?

Greater Jakarta merupakan keterangan bahwa orang yang menelepon kamu berada di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang).

Biasanya penelepon dengan nomor Greater Jakarta menggunakan telepon kantor, dengan kode telepon +6221, walau bisa juga dari telepon rumah.

Lantas siapa yang menelepon dan apa tujuannya? Nah kadang greater Jakarta ini hanya merupakan sales yang ingin menawarkan produk-produk tertentu kepada kamu.

Atau jika kamu memiliki urusan tertentu dengan suatu perusahaan, bisa jadi penelepon dengan nama greater Jakarta ini berasal dari perusahaan tersebut. Penjelasan lebih lengkapnya, dapat kamu baca di bawah.

Tujuan Kita Ditelepon Greater Jakarta

Tujuan Kenapa Ditelepon Greater Jakarta

Ada beberapa tujuan mengapa kita bisa ditelepon oleh greater Jakarta secara tiba-tiba. Kamu bisa cek penjelasan detailnya berikut ini:

1. Kamu Memiliki Urusan Dengan Suatu Perusahaan

Saat kamu memiliki urusan dengan suatu perusahaan, misalnya sehubungan dengan pekerjaan, bisa saja perusahaan tersebut menggunakan nomor dengan nama “greater Jakarta.”

Karena seperti yang sudah disebut sebelumnya, kebanyakan nama greater Jakarta ini berasal dari telepon kantor. Berlaku juga untuk kamu yang ingin melakukan interview kerja.

2. Penawaran Produk atau Jasa

Selanjutnya adalah penawaran produk atau jasa. Bisa dari perusahaan acak, atau mungkin perusahaan tempat kamu berlangganan suatu produk.

Telepon ini biasanya ditawarkan oleh sales. Biasanya sales tersebut hanya menelepon ke pelanggan tertentu, yang mungkin kamu juga termasuk.

3. Memberikan Informasi Mengenai Produk atau Jasa Kamu

Jika kamu berlangganan suatu produk atau jasa dari suatu perusahaan, kadang perusahaan tersebut ingin memberikan suatu informasi mengenai produk atau jasa melalui telepon.

Nah mungkin saja penelepon greater Jakarta berasal dari orang pada salah satu bagian dari perusahaan tersebut.

Apakah Aman Tidak Mengangkat Telepon Dari Greater Jakarta?

Kebanyakan telepon dari greater Jakarta, hanya berkaitan seputar promosi. Sehingga kamu tidak wajib mengangkatnya, dan tentu saja aman.

Kecuali jika kamu memiliki urusan dengan suatu perusahaan, akan lebih baik jika telepon tersebut diangkat. Setidaknya untuk mengetahui informasi yang barangkali penting.

Nah tapi jika kamu mengangkat panggilan, dan kamu merasa curiga dengan informasi-informasi yang diberikan oleh penelepon, akan lebih baik kamu tutup saja panggilannya. Untuk berjaga-jaga.

Cara Menangani Panggilan Greater Jakarta

Cara Tangani Panggilan Greater Jakarta

Bagaimana cara menangani panggilan dari greater Jakarta? Kamu dapat melakukan tips-tips berikut ini:

1. Angkat Telepon

Silahkan kamu angkat teleponnya terlebih dahulu. Jangan diabaikan. Terutama apabila memang kamu memiliki suatu urusan dengan suatu perusahaan. Misalnya untuk interview kerja, informasi suatu produk kamu dan lainnya.

2. Cek Baik-Baik Informasi

Saat kamu diberikan informasi oleh penelepon, silahkan kamu dengarkan baik-baik. Jangan sampai ada poin yang terlewat. Jika kamu mendapatkan telepon promosi, silahkan kamu dengarkan dulu saja.

3. Jawab Dengan Tenang

Jika telepon tersebut penting, silahkan jawab semua poin-poin yang ada. Pastikan kamu memahami semuanya, dan tanyakan apabila ada yang kurang jelas.

Sebaliknya, jika kamu merasa penelepon memberikan informasi yang kurang penting dan tidak ada kaitannya dengan kamu, kamu bisa menjawabnya. Jawablah dengan tenang.

Jika itu promosi, kamu bisa menolaknya langsung. Karena kamu tidak memiliki kewajiban untuk menerima semua hal yang mereka promosikan.

4. Tutup Telepon

Jika kamu mungkin tidak merasa nyaman dengan adanya telepon tersebut, apalagi jika kamu curiga, maka ada baiknya kamu langsung tutup saja teleponnya.

Kamu tidak perlu khawatir, kalau memang telepon tersebut tidak ada kaitannya sama sekali dengan kamu.

Baca Juga: Mengenal Data Roaming Pada Operator dan Fungsinya

Contoh Nomor dari Greater Jakarta

Nomor greater Jakarta umumnya berasal dari nomor kantor, yaitu kode dengan awalan 021.

Pada bagian belakang kode nomor tersebut, terdapat digit nomor lainnya sebagai identitas. Contohnya seperti berikut ini:

  • 021-3003 3038
  • 021-8063 1000
  • 021-2975 2300
  • 6221-4000-3333
  • 6221-2416-3343
  • 6221-2975-2100

Bagian +62 merupakan angka 0 yang berasal dari kode operator seluler (panggilan seluler)


Kalau kamu mendapatkan telepon dari greater Jakarta, intinya kamu tidak perlu panik. Mengingat kebanyakan telepon dari greater Jakarta hanyalah sekedar promosi suatu produk atau jasa.

Kecuali jika kamu memiliki suatu urusan dengan suatu perusahaan, atau kantor. Kamu disarankan coba jawab dulu telepon tersebut. Barangkali telepon tersebut penting.

Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar greater Jakarta, kamu dapat mengirimkan melalui kolom komentar di bawah.

Lalu jika kamu memiliki pengalaman dalam menjawab atau berurusan dengan telepon greater Jakarta, kalau berkenan bagikan juga pengalaman kamu kepada pembaca lain situs ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like