Cara Hapus Akun Pinterest

Cara Menghapus / Nonaktifkan Akun Pinterest Secara Permanen

Seperti yang kamu ketahui, kalau Pinterest ini merupakan salah satu sosial media yang memiliki banyak fitur. Salah satu fiturnya adalah untuk menghapus akun.

Biasanya fitur hapus akun Pinterest ini dipakai oleh seseorang yang ingin menghilangkan akun secara permanen. Sehingga tidak bisa dilihat atau dicari dengan pengguna Pinterest lain lagi.

Panduannya akan kami jelaskan. Kalau kamu belum tahu, langsung saja perhatikan cara menghapus akun Pinterest di sini.

Catatan Sebelum Menghapus Akun Pinterest

Catatan Penghapusan Akun Pinterest

Sebelum menghapus akun, sebaiknya kamu ketahui dulu catatan-catatan penting yang diberikan Pinterest. Karena bisa saja kamu kehilangan data penting yang ada di akun Pinterest.

Berikut beberapa catatan sebelum menghapus akun Pinterest:

1. Foto dan Video Terhapus Permanen

Pinterest merupakan sosial media yang menyediakan konten seperti foto dan video. Kalau kamu menghapus akun, nantinya kedua konten dari akun Pinterest kamu juga akan terhapus.

Oleh sebab itu, sebaiknya download konten foto dan video kamu terlebih dulu kalau dirasa penting. Tapi kalau sudah ada data backup, kamu bisa segera menghapusnya.

2. Akun Tidak Bisa Diakses Lagi

Setelah menghapus akun Pinterest, nantinya kamu akan kehilangan akses. Selain itu, pengikut dan pengguna Pinterest lainnya juga tidak bisa melihat akun kamu lagi.

Misalnya ada orang lain yang menyimpan konten kamu, biasanya akan ikut terhapus dari board mereka.

3. Foto dan Video Akan Tersimpan Sementara Selama 14 Hari

Pinterest memberikan proses penghapusan akun selama 14 hari. Selama proses ini, foto dan video yang kamu sudah posting di Pinterest akan disimpan sementara di server mereka.

Kalau kamu berfikir untuk tidak jadi menghapusnya, bisa login saja seperti biasa. Tapi kalau benar-benar yakin, setelah 14 hari akun Pinterest kamu akan terhapus secara permanen.

Cara Menghapus Akun Pinterest

Kalau sudah yakin ingin menghapus akun Pinterest, kamu bisa langsung mengakses fiturnya saja. Nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi email misalnya berhasil.

Langsung saja ikuti cara menghapus akun Pinterest berikut:

1. Buka Aplikasi Pinterest

Buka Aplikasi Pinterest Terlebih Dulu

Pertama, silahkan buka aplikasi Pinterest terlebih dulu. Kemudian pastikan akun kamu yang ingin dihapus sudah login ke aplikasi Pinterest.

2. Masuk ke Pengaturan Akun

Setelah masuk ke akun Pinterest, kamu bisa langsung mengakses menu pengaturan. Di pengaturan ini nantinya kamu harus mencari menu Hapus Akun.

Langkah-langkah lebih jelasnya seperti berikut:

  1. Ketuk icon Profile.
Menu Profile di Pinterest
  1. Lalu ketuk icon titik tiga.
  2. Pilih Pengaturan.
Menu Pengaturan Pinterest
  1. Di Informasi Pribadi pilih Pengaturan Akun.
Opsi Pengaturan Akun Pinterest
  1. Selanjutnya pilih Hapus Akun.
Opsi Hapus Akun Pinterest

3. Mulai Hapus Akun

Kalau sudah mengakses menu Hapus Akun, kamu bisa mulai menghapusnya. Di langkah ini kamu juga perlu menyiapkan alasan kenapa menghapus akun Pinterest tersebut.

Selengkapnya bisa lihat di bawah ini:

  1. Silahkan ketuk Lanjutkan.
Lanjut Proses Hapus Akun Pinterest
  1. Pilih salah satu opsi alasan untuk menghapus akun.
  2. Kalau sudah, ketuk Kirim Email.
Beri Alasan Penghapusan Akun

4. Cek Notifikasi Email

Notifikasi Email Pinterest

Terakhir kamu harus mengecek Email untuk memastikan kalau sudah berhasil mengirim permintaan menghapus akun Pinterest.

Kalau sudah dapat Email seperti gambar di atas, tandanya kamu sudah berhasil. Silahkan tunggu proses hapus akun Pinterest selama 14 hari.

Misalnya tidak jadi ingin menghapusnya, silahkan login seperti biasa dengan memakai Email dan password dari akun kamu.

Tips Pinterest lainnya:

Perbedaan Menonaktifkan dan Menghapus Akun Pinterest

Di Pinterest tidak hanya memiliki fitur untuk menghapus akun saja. Melainkan ada juga fitur serupa, yaitu menonaktifkan akun.

Umumnya bagi yang baru memakai Pinterest tidak tahu perbedaan fungsi dari kedua fitur ini. Kalau kamu penasaran ingin tahu, bisa cek penjelasannya seperti berikut:

Perbedaan Menonaktifkan dan Menghapus Akun Pinterest

1. Menonaktifkan

Pertama kami bahas fitur nonaktifkan akun terlebih dulu. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menutup akun Pinterest sementara.

Selama akun di tutup, pengguna Pinterest lainnya tidak bisa menghapus akun kamu dan juga konten yang sudah di posting sebelumnya.

Kalau memakai fitur ini, kamu juga bisa mengaktifkan akun kembali kapan saja tanpa batasan waktu.

2. Menghapus

Sedangkan fitur menghapus akun di Pinterest berarti menutupnya secara permanen. Tidak hanya akun, melainkan semua data dan konten yang sudah di posting juga akan terhapus.

Oleh sebab itu, pihak Pinterest memberikan waktu 14 hari. Misalnya kamu berubah fikiran ingin mengaktifkannya kembali, bisa login lagi sebelum waktu proses hapus akun dilewati.


Silahkan ikuti cara menghapus akun Pinterest ini dengan bijak. Karena kalau tidak, bisa saja kamu kehilangan akun Pinterest yang tidak ingin dihapus juga data-data penting di dalamnya.

Kalau punya pertanyaan, kamu langsung kirim ke komentar saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like