Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram

Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram dan Mengaturnya

Instagram memiliki fitur untuk memungkinkan kita bisa menampilkan identitas akun di kolom profil. Sehingga kalau ada orang lain yang mengunjungi akun Instagram kamu, akan tahu statusnya.

Salah satu daftar status yang disediakan ialah Blog Pribadi. Status ini sangat cocok dipakai untuk kamu yang ingin membangun konten blog pribadi di Instagram atau dikenal dengan istilah microblogging.

Nah kamu ingin membuat blog pribadi di Instagram? Kalau iya, berikut kami akan jelaskan panduannya.

Apa itu Blog Pribadi di Instagram?

Blog Pribadi merupakan salah satu daftar status yang ada saat kamu ingin mengubah akun Instagram dari pribadi menjadi profesional. Dengan memakai status ini, tandanya kamu akan menjadi kreator Instagram.

Misalnya akan menampilkan konten-konten unik setiap harinya yang menjadi konsumsi pengikut kamu di Instagram. Nantinya, status Blog Pribadi ini juga akan muncul di akun profil Instagram kamu.

Selain status Blog Pribadi, ada beberapa status lainnya yang bisa kamu pilih ketika ingin mengubah akun pribadi ke profesional. Contohnya seperti video musik, hiburan, merek, komunitas, gamer dan sebagainya.

Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram

Supaya bisa membuat profil Instagram memiliki status Blog Pribadi, kamu hanya harus mengubahnya saja ke akun profesional.

Setelah itu, kamu bisa memilih Blog Pribadi dari beberapa status yang tersedia di dalamnya. Kalau ingin tahu selengkapnya, bisa lihat di sini:

1. Edit Profil Instagram

Pilih Tombol Edit Profil

Langkah pertama, kamu bisa membuka aplikasi Instagram terlebih dulu. Kemudian kamu langsung saja ke tab Profil. Setelah itu, tekan tombol Edit Profil.

2. Ganti Ke Akun Profesional

Ganti Ke Akun Profesional Instagram

Kalau sudah di arahkan ke halaman Edit Profil, kamu bisa lihat ke bawah. Lalu tekan menu Beralih ke Akun Profesional. Kemudian tekan tombol Lanjutkan.

3. Pilih Blog Pribadi

Ganti Ke Opsi Blog Pribadi

Nantinya akan ada beberapa status yang bisa kamu pilih. Karena kita ingin membuat blog pribadi, maka kamu harus memilih opsi Blog Pribadi.

Selanjutnya aktifkan opsi Tampilkan di Profil dan tekan tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

4. Pilih Jenis Akun Instagram

Pilih Kategori Akun Instagram

Kamu akan diminta untuk memilih kategori akun. Karena kita ingin membuat Blog Pribadi, disarankan untuk memilih opsi Kreator dan tekan tombol Selanjutnya.

Lalu kamu akan diarahkan ke halaman Siapkan Akun Profesional Anda. Untuk di halaman ini, bisa dilewati saja dengan mengetuk icon Close di bagian atas.

5. Identitas Blog Pribadi Berhasil Ditambah

Status Blog Pribadi Muncul Di Instagram

Terakhir, silahkan kembali ke halaman profil. Nantinya status Blog Pribadi akan muncul di akun Instagram kamu.

Status tersebut bisa dilihat semua follower kamu maupun umum jika kamu mengaturnya ke publik.

Jangan lupa cek juga cara share link akun Instagram kamu untuk membagikannya ke orang lain

Cara Menghapus Blog Pribadi di Instagram

Kalau sebelumnya kamu sudah memakai status Blog Pribadi di Instagram dan mungkin bosan, bisa dihapus saja. Caranya terbilang mudah, karena kamu hanya harus menonaktifkan fitur akun profesional saja.

Untuk panduannya, bisa kamu lihat di bawah ini:

1. Buka Pengaturan Instagram

Pilih Pengaturan Instagram

Pertama, pastikan kamu sudah membuka aplikasi Instagram. Kemudian kamu ketuk icon strip tiga di bagian atas dan pilih menu Pengaturan.

2. Pilih Pengaturan Akun

Buka Pengaturan Akun

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman Pengaturan Instagram. Di langkah ini, kamu hanya harus menekan menu Akun.

3. Buka Menu Ubah Jenis Akun

Ubah Jenis Akun Instagram

Selanjutnya akan ada beberapa pengaturan akun di Instagram. Langsung saja kamu ketuk menu Ubah Jenis Akun yang ada di bawah.

4. Beralih Ke Akun Pribadi

Ganti Ke Akun Pribadi

Setelah itu, akan muncul dua opsi di layar, yaitu Beralih ke Akun Bisnis atau Pribadi. Di sini kamu harus memilih opsi Beralih ke Akun Pribadi.

Lalu konfirmasi dengan menekan menu Beralih ke Akun Pribadi. Tunggu beberapa saat sampai proses perubahan akun selesai.

5. Blog Pribadi Instagram Berhasil Dihapus

Status Blog Pribadi Hilang

Terakhir, kamu akan diarahkan ke halaman profil Instagram secara otomatis. Nantinya status Blog Pribadi akan hilang dari akun Instagram kamu.

Langsung ke chat, begini cara membuat link WhatsApp di Instagram

Perbedaan Akun IG Pribadi dan Profesional

Secara umumnya, untuk kamu yang memakai akun profesional akan mendapatkan beberapa fitur tambahan. Oleh sebab itu, biasanya fitur ini sering dipakai oleh kreator atau untuk bisnis.

Kalau kamu ingin tahu lebih rinci antara perbedaan akun Instagram pribadi dan profesional, berikut akan kami jelaskan:

1. Identitas Akun Lebih Lengkap

Pertama, kamu bisa mencantumkan identitas akun secara lebih lengkap. Karena untuk bisa mengubah ke akun profesional, tandanya kredibilitas akun kamu juga harus terjamin.

Oleh sebab itu, di akun profesional kamu harus menambahkan nomor telepon, email dan tanggal lahir. Beberapa data ini penting supaya orang lain percaya dengan akun Instagram yang kamu kelola apabila menjual atau mengiklankan produk.

2. Terdapat Banyak Fitur Tambahan

Selain itu, akun profesional akan mendapatkan banyak fitur tambahan. Misalnya seperti memungkinkan kamu bisa melihat jumlah pengunjung postingan, story dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga memunculkan informasi alamat dan kontak di halaman profil akun Instagram. Sehingga membuat orang lain lebih mudah menghubungi kamu apabila diperlukan.

3. Mengelola Pengunjung Lebih Mudah

Bagi kamu yang ingin berbisnis di Instagram, fitur mengelola pengunjung ini sangat dibutuhkan. Nantinya kamu jadi tahu siapa saja pengunjung Instagram yang sering melihat postingan.

Lalu kamu juga bisa menentukan target pembeli dengan adanya fitur pengelola kunjungan ini sehingga bisa mendapatkan profit.

4. Adanya Fitur Promosi

Untuk meningkatkan penjualan atau kunjungan profil, Instagram juga menyediakan fitur promosi di akun profesional.

Seperti namanya, dengan memakai fitur ini kamu bisa mempromosikan suatu postingan. Misalnya kamu memposting barang untuk dijual. Nantinya Instagram akan mempromosikan ke akun-akun yang sudah ditargetkan.

Sehingga memperbesar peluang produk kamu bisa dibeli orang lain lewat akun Instagramnya.

5. Akun Bisa Dijangkau Lebih Luas

Adanya fitur promosi tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan penjualan. Melainkan juga bisa menambah jangkauan akun Instagram kamu.

Misalnya sebelumnya hanya orang-orang sekitar saja yang tahu akun Instagram kamu. Tapi karena kamu pakai fitur promosi di Instagram, bisa menambah jangkauan ke luar kota hingga daerah tertentu.

Baca Juga: Cara Mencari Efek di Instagram untuk Dipakai


Nah itulah cara untuk bisa membuat blog pribadi di Instagram. Kuncinya, kamu hanya harus mengubah jenis akun saja, dari pribadi ke profesional.

Nantinya kamu juga akan mendapatkan beberapa keuntungan ketika mengubah ke akun profesional. Utamanya ialah tersedianya banyak fitur-fitur tambahan.

Kalau masih ada yang kurang kamu mengerti, silahkan tanyakan saja ke kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like