Apa itu Garansi iBox

Mau Beli iPhone atau iPad? Kamu Harus Tahu Apa itu iBox

iPhone adalah salah satu HP yang terbaik saat ini. Bukan hanya terkenal dari nilai brand saja, tapi spesifikasi dari iPhone itu sendiri juga sangat baik dan mampu bersaing dengan Android.

Nah kalau kamu tertarik memakai iPhone, biasanya ada keterangan khusus. Misalnya seperti keterangan iPhone iBox, TAM, Inter dan distributor.

Secara garis besar sih iPhone-nya sama, hanya ada sedikit perbedaan. Kalau kamu ingin tahu apa itu iBox dan keterangan lainnya, langsung simak saja artikel berikut.

Apa itu iBox

Pengertian iPhone iBox

iBox adalah distributor resmi dari Apple yang ada di Indonesia. Sehingga produk yang didistribusikan akan dikirim melalui jalur resmi.

Oleh karena itu, harga iPhone yang kamu beli lewat iBox biasanya akan lebih mahal. Tapi sebanding dengan kelebihan yang bisa kamu dapatkan.

Salah satu kelebihannya ada di garansi. Biasanya garansi iBox sangat mudah diproses dan di klaim. Lalu dari segi kualitas, bisa dikatakan iPhone yang dibeli di iBox original dan terjamin.

Perbedaan iPhone iBox dan Garansi Lainnya

Selain iBox ada beberapa jenis garansi lainnya berdasarkan asal usul iPhone itu masuk ke Indonesia. Misalnya seperti TAM, inter dan distributor.

Beberapa di antaranya masuk melalui jalur resmi dan salah satunya tidak atau biasa disebut black market. Sehingga ada perbedaan di proses garansinya.

Nah kalau ingin tahu lebih jelas perbedaan iPhone iBox dan garansi lainnya, kamu bisa langsung perhatikan pembahasan berikut:

1. Beda iBox dan Inter

Sebelumnya dijelaskan kalau produk Apple yang didistribusikan lewat iBox akan melalui jalur resmi. Sedangkan kalau Inter, biasanya tidak didistribusikan secara resmi.

Bisa jadi iPhone itu diperoleh dari perorangan dengan membelinya di suatu negara atau di import dengan cara tertentu.

Karena prosesnya tidak resmi, maka garansi dari iPhone Inter hanya bisa kamu klaim dari penjual. Tapi kelebihannya, iPhone Inter secara umum harganya lebih murah dibanding lainnya.

2. Beda Garansi TAM dan iBox

Selanjutnya ada juga garansi TAM. Sebenarnya baik itu iBox dan TAM merupakan satu perusahaan.

Sehingga kalau kamu membeli iPhone di iBox, akan mendapatkan garansi TAM. Nah kalau mendapatkan garansi TAM, maka kamu bisa klaim garansi di seluruh gerai iBox.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kualitas yang lebih terjamin dan IMEI juga sudah terdaftar di Kemenperin. Tapi harga yang ditawarkan biasanya akan sedikit lebih mahal.

3. Beda iBox dan Distributor

Baik itu iBox dan distributor, keduanya sama-sama menyediakan iPhone yang didistribusikan secara resmi.

Perbedaan keduanya terdapat di garansi. Kalau iPhone yang dibeli lewat iBox bisa diklaim di seluruh gerai resmi. Sedangkan distributor memiliki garansi tidak lewat jalur resmi (garansi distributor).

Bisa juga dikatakan ada service center tersendiri khusus iPhone distributor. Bagi kamu yang ingin membeli iPhone distributor, sebaiknya pastikan dulu nomor IMEI dan garansi-nya.

Perbedaan Beli iPhone di iBox dan Counter Biasa

Kalau kamu ingin membeli iPhone, biasanya tidak hanya tersedia di iBox atau reseller resmi saja. Melainkan iPhone juga tersedia di counter biasa.

Secara umum, ada beberapa perbedaan beli iPhone di iBox dan counter biasa. Berikut beberapa perbedaannya:

iPhone iBox ResmiiPhone Counter Biasa
Produk dipastikan original melewati jalur resmiProduk bisa original maupun tidak (Black Market)
Memberikan garansi langsung ke iBox resmiTerkadang memberikan garansi ke distributor atau melalui counter
Harga lebih mahalHarga yang ditawarkan terbilang lebih murah

Beli iPhone iBox atau Selain iBox?

Membeli iPhone di iBox Resmi

Sangat disarankan untuk membeli iPhone di iBox. Karena iBox merupakan salah satu distributor resmi produk Apple di Indonesia.

Selain itu, ada beberapa kelebihan lainnya, seperti:

  • Kualitas iPhone lebih terjamin dan original
  • Mendapatkan pelayanan resmi dari iBox langsung
  • Klaim garansi sangat mudah dilakukan di seluruh gerai iBox di Indonesia
  • IMEI sudah pasti resmi di Indonesia

Tapi kalau kamu ingin harga yang lebih murah, membeli iPhone diluar iBox bisa menjadi pilihan. Asalkan produk original dan garansi yang diberikan penjual jelas.

Cara Mengecek iPhone Resmi atau Tidak

Di penjelasan di atas, kami sempat membahas iPhone yang didistribusikan secara resmi dan tidak resmi (Black Market).

Hal ini juga harus kamu perhatikan, mengingat saat ini Kemenperin sudah memblokir produk HP black market.

Nah supaya bisa tahu iPhone yang kamu beli resmi atau tidak, maka kamu bisa cek terlebih dulu lewat nomor IMEI. Berikut cara mengecek iPhone resmi atau tidak:

  1. Pertama silahkan buka situs imei.kemenperin.go.id di browser.
  1. Kemudian masukkan IMEI ke kolom yang sudah disediakan.
Input Nomor IMEI di Kemenperin
  1. Lalu klik icon search.
Pilih Ikon Pencarian
  1. Nantinya akan muncul pesan notifikasi di bawah kolom.
  1. Misalnya pesannya seperti gambar di bawah, tandanya iPhone ini resmi.
Pesan Nomor IMEI Terdaftar
  1. Selesai.

Nomor IMEI biasanya bisa kamu lihat di box iPhone itu sendiri. Atau bisa juga melalui pengaturan About iPhone.

Baca Juga: Cara Mengatasi IMEI HP Android Hilang


Kesimpulannya, ada beberapa keterangan saat ingin membeli iPhone, seperti iBox, TAM, Distributor dan Inter atau Internasional.

Masing-masing keterangannya memiliki perbedaan di spesifikasi iPhone dan juga garansinya. Kalau ingin iPhone yang sudah pasti ORI bisa beli di iBox atau cari garansi TAM.

Sedangkan kalau ingin harga yang miring, bisa membeli iPhone distributor atau inter. Sekian pembahasan mengenai apa itu iBox, silahkan tulis pertanyaan kamu di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like