Cara Mudah Membuat Cover Wattpad

Cara Membuat Cover Wattpad Menarik & Unik Dengan Mudah

Ketika kamu membuat cerita di Wattpad, kamu akan menemui menu yang bisa digunakan untuk menambahkan cover tulisan.

Cover artinya sampul buku. Jika kamu seorang penulis novel atau tulisan lainnya di Wattpad, selain tulisan menarik kamu harus bisa memikirkan dan membuat cover yang menarik juga.

Bukan tanpa alasan, karena saat seseorang mencari novel di Wattpad, mereka hanya akan melihat deskripsi dan covernya saja.

Lantas bagaimana cara membuat covernya kalau kita tidak biasa menggunakan aplikais desain? Tenang saja, di sini Uplotify.id akan menjelaskannya.

Kenapa Cover di Wattpad Sangat Penting?

Sebelumnya kita bahas lagi kenapa cover di Wattpad ini sangat penting. Di Wattpad, preview buku ditampilkan dalam dua kolom. Yaitu cover dan deskripsi.

Ketika seseorang mencari novel, umumnya mereka akan melihat covernya terlebih dahulu. Jika cover tersebut menarik, mereka nantinya baru akan melihat deskripsi, kemudian membuka bukunya.

Karena itu, tidak heran kalau di halaman utama Wattpad, lebih banyak menampilkan cover dan deskripsi. Termasuk jika kamu browsing cerita yang ada di halaman Wattpad.

Cara Membuat Cover Cerita di Wattpad

Mendesain cover tentunya bukanlah hal yang mudah. Namun saat ini kamu tidak harus menggunakan aplikasi, kamu cukup menggunakan situs tambahan seperti Canva.

Canva ini cocok untuk penulis novel pemula yang ingin mendesain cover sendiri. Karena kamu cukup drag and drop saja.

Nah berikut cara membuat cover cerita di Wattpad:

  1. Langkah pertama silahkan kamu buka terlebih dahulu Canva.com.
  2. Selanjutnya klik Sign up. Lalu kamu bisa memilih Continue with Google atau Facebook sesuai keinginan.
Continue With Google di Wattpad
  1. Setelah kamu berhasil login, kamu bisa memilih opsi Personal. Lalu pada kolom pencarian, silahkan kamu ketik Wattpad.
Ketik Wattpad di Menu Pencarian Canva
  1. Geser ke bawah, cari desain cover Wattpad sesuai dengan keinginan kamu dan cerita yang kamu buat.
Pilih Desain Cover Canva
  1. Kamu akan diarahkan ke halaman pengeditan. Klik menu Uploads / Unggah di bagian kiri. Pilih Upload Media kemudian masukkan gambar cover yang diinginkan. Kamu bisa mencari gambarnya dulu kalau belum punya.
  1. Masukkan gambar yang sudah diupload tadi dengan cara drag and drop. Hasilnya akan seperti berikut:
  1. Di sini kamu tinggal mengubah semua tulisan yang ada pada cover agar sesuai dengan novel.
  1. Selanjutnya kamu pilih tombol Share di bagian kanan atas. Kemudian klik tombol Download. Lalu konfirmasi lagi dengan tombol Download.
  1. Kalau cover sudah disimpan, kamu cukup menambahkannya ke Wattpad saat ingin membuat cerita.

Ukuran cover Wattpad yang sesuai adalah 512 x 800 piksel. Dengan ukuran ini nantinya cover kamu akan pas dan tidak akan pecah.

Nah jika kamu mencari cover Wattpad di Canva, secara otomatis ukurannya sudah menyesuaikan dengan resolusi rekomendasi.

Lalu untuk format gambar. Jika kamu membuat ilutrasi seperti kartun, disarankan menggunakan PNG. Namun jika bergaya fotografi, disarankan menggunakan JPG.

Tutorial Wattpad yang mungkin kamu perlu:

Cara Menentukan Desain Cover Wattpad yang Sesuai

Sekarang kamu sudah bisa membuat desain cover Wattpad sendiri dengan mudah. Nah ada beberapa tips tambahan untuk membuat desain tersebut tambah menarik. Di antaranya:

1. Sesuaikan Cover Dengan Tema

Pertama tentukan dulu desain cover sesuai dengan tema tulisan kamu. Di Canva kamu bisa mencari banyak contoh awal desain.

Nantinya kamu cukup mengubah-ubahnya lagi. Bukan hanya gambar dan tulisan, kamu juga bisa menambahkan elemen-elemen lain di Canva.

2. Gunakan Background yang Clean

Selanjutnya cari dan buatlah desain cover dengan background yang clean. Tujuannya agar pembaca bisa fokus ke poin utama dari covernya.

Kamu juga bisa mencari cover dengan efek blur pada backgroundnya. Dengan ini pembaca akan lebih terfokus ke tulisan deskripsi novel.

3. Gunakan Font yang Sesuai

Font bisa mewakilkan tema dari novel kamu. Karena itu, pastikan kamu menggunakan jenis font yang sesuai.

Kemudian pastikan juga kamu menggunakan warna font yang pas dan tidak tertimpa background. Misalnya background hitam, maka jangan gunakan font hitam juga.

4. Pastikan Elemen Dasar Masuk

Selanjutnya pastikan semua elemen dasar dari desain cover sudah masuk. Contohnya seperti judul, nama pengguna Wattpad, skema warna dan font, latar dan ilustrasi serta deskripsi singkat.

Namun ini hanya rekomendasi. Kamu tentunya bisa menyesuaikan kembali sesuai dengan kebutuhan novel.


Nah itulah cara untuk membuat desain cover di Wattpad. Dengan cara ini, kamu tidak perlu susah-susah memahami aplikasi editing yang notabene kompleks.

Jika kamu ada pertanyaan, kamu bisa langsung mengirimkan komentar. Share juga ke teman-teman kamu ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like